Breaking News

Berapa Watt Konsumsi Listrik Kipas Angin? Ini Jawabannya!

Dibandingkan dengan Air Conditioner (AC) yang dapat menyesuaikan suhu seluruh ruangan, kipas angin memiliki jangkauan terbatas pada ruangan tertentu saja. Tak heran jika daya listrik yang dikeluarkan kipas angin cenderung lebih kecil dan hemat. Lantas, berapakah watt kipas angin pada umumnya?

Pada kali ini kita akan membahas tentang berapa konsumsi watt pada kipas angin. Artikel ini bisa menjadi referensi saat hendak membeli kipas angin baru.

Berapa Watt Kipas Angin?

Pada umumnya, konsumsi listrik kipas angin berkisar antara 20-110 watt dengan kecepatan maksimum. Namun, angka tersebut tidak sepenuhnya benar karena konsumsi daya pada kipas angin juga bergantung pada jenis, model dan merk nya.

Hingga kini, ada 5 model kipas angin yang biasa digunakan sehari-hari. Berikut adalah model kipas angin berdasarkan konsumsi watt-nya:

1. Kipas Angin Meja (Desk Fan)

konsumsi kipas angin desk fan
Gambar desk fan

Kipas angin jenis ini merupakan kipas angin terpopuler dengan produksi terbanyak. Desk fan biasanya mempunyai leher yang pendek (kurang dari 50 cm) dan kaki penyangga yang lumayan lebar. Diameternya biasanya berukuran <14 inci. Karakteristik tersebut membuat desk fan sangat cocok diletakkan di atas meja.

Di bawah ini beberapa merk kipas angin meja beserta konsumsi listrik dan harganya. Seperti yang bisa dilihat, kisaran konsumsi listrik antara 12 watt sampai 45 watt dengan rata rata 26 watt. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp69.950 hingga Rp225.900 dengan rata-rata harga Rp136.000

See also  Membuat Strategi Channel Gaming Ala Youtuber Terkenal
tabel harga dan watt desk fan
Tabel harga dan watt desk fan

2. Kipas Angin Duduk (Box Fan)

berapa watt listrik box fan
Gambar box fan

Bisa dibilang box fan adalah model kipas angin paling populer kedua setelah desk fan. Ada 2 jenis box fan yang paling banyak ditemui di pasaran, yaitu yang terbungkus box plastik dan terbungkus kawat.

Untuk yang berbungkus box, biasanya memiliki jalusi (kisi-kisi kecil) berputar 360 derajat dan hembusan udaranya berpindah-pindah mengikuti jalusi. Fitur jalusi ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai keinginan pemiliknya.

Sedangkan untuk yang berbungkus kawat, hembusan udaranya cenderung “monoton” (arahnya tetap). Karena berbungkus kawat, hembusan udara pada kipas angin jenis ini juga tidak terlalu terfokus, sehingga sebaran udaranya lebih luas.

Baca juga: Berapa watt konsumsi daya AC?

Diameter kipas yang berbungkus box biasanya berkisar antara 14 inci sampai 20 inci. Sedangkan yang berbungkus kawat biasanya mempunyai diameter sekitar 30 inci (75 mm). Namun untuk model yang berbungkus kawat putaran kipas nya tidak secepat yang berbungkus box.

Nah berikut ini adalah daftar merk box fan beserta konsumsi daya dan harganya. Konsumsi daya pada box fan hanya berkisar dari 40 hingga 50 watt saja dengan rata-rata 46 watt. Rata-rata harganya adalah Rp259.000 dengan kisaran harga mulai dari Rp129.800 hingga Rp458.100

tabel watt dan harga box fan
Tabel watt dan harga box fan

3. Kipas Angin Berdiri (Stand Fan)

konsumsi watt stand fan
gambar stand fan

Kipas angin model ini sebenarnya mirip dengan kipas angin meja, hanya saja mempunyai tangkai yang lebih panjang (> 1 m). Tangkai pada stand fan juga bisa diatur sesuai keinginan, Kipas ini juga mempunyai fitur “bergerak” ke kiri dan ke kanan, sehingga jangkauan udaranya lebih luas.

Di bawah ini adalah data mengenai merk stand fan beserta konsumsi watt dan harganya. Bisa kita lihat konsumsi wattnya berkisar antara 45 watt sampai 64 watt dengan rata-rata 50 watt. Harganya cukup variatif mulai dari Rp110.000 hingga Rp556.100 dengan rata-rata harga Rp273.000

See also  NTC Adalah: Pengertian, Cara kerja, Simbol Serta Karakteristik
tabel watt dan harga stand fan
Tabel watt dan harga stand fan

4. Kipas Langit-langit (Ceiling Fan)

konsumsi listrik ceiling fan
Gambar ceiling fan

Seperti namanya, kipas angin model ini diletakkan menempel pada atap/plafon. Kipas ini tak memiliki pembungkus apapun seperti box/kawat. Jadi daun kipas berputar begitu saja tanpa pelindung. Karena di pasang di langit-langit, maka angin pada kipas berhembus ke arah bawah. Sehingga angin yang dihembuskan lebih besar dari kipas angin model lain.

Berikut ini adalah tabel berisi merk ceiling fan beserta konsumsi daya dan harganya. Kipas model ini memiliki konsumsi daya terbesar dibanding kipas model lain dengan kisaran konsumsi antara 45 watt hingga 90 watt dengan rata-rata konsumsi 67 watt. Harganya pun sangat variatif mulai dari Rp191.000 sampai Rp.3.709.000 dan rata-rata harganya adalah Rp1.217.000

tabel watt dan harga ceiling fan
Tabel watt dan harga ceiling fan

5. Kipas Dinding (Exhaust Fan)

konsumsi listrik exhaust fan
Gambar exhaust fan

Sesuai namanya, kipas jenis ini diletakkan di dinding tepat dibawah plafon/atap. Ada juga exhaust fan yang diletakkan di langit-langit rumah, namun kipas yang jenis ini hanya memiliki 1 arah hembusan udara saja. Kipas dinding bisa menghembuskan udara 2 arah, yaitu keluar dan masuk ruangan. Kipas ini biasanya diletakkan di dapur ataupun di kamar mandi.

Berikut ini adalah data berisi merk beserta harga dan konsumsi daya dari exhaust fan. Bisa dilihat konsumsi daya exhaust fan berkisar mulai dari 15 watt hingga 42 watt dengan rata-rata 30 watt. Harganya pun berkisar antara Rp160.790 sampai Rp485.000 dengan rata-rata Rp298.000

tabel watt dan harga exhaust fan
Tabel watt dan harga exhaust fan

Demikianlah pembahasan kami seputar berapa watt kipas angin dan jenisnya. Pada intinya, konsumsi daya pada kipas angin tergantung pada jenis dan merk kipas angin itu sendiri. Semoga artikel ini bisa jadi referensi yang bermanfaat bagi yang ingin membeli kipas angin baru.

Check Also

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

Cek Harga Dan Spesifikasi Laptop Acer Swift X (SFX14-41G) Dengan Performa Maksimal

caramesin.com - Cek harga dan spesifikasi laptop Acer Swift X Maximum Performance (SFX14-41G). Ketika datang ke laptop, saya pasti mencari komputer yang ringan. Namun, performanya harus sangat tinggi dan Acer memperkenalkan SwiftX. Untuk Acer SwiftX (SFX14-41G) yang sudah memiliki line ID. Swift ini tipis, ringan, elegan dan memiliki karakter yang sangat bertenaga. Acer Swift X [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.