Breaking News

7 Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris dan Kerusakan Lainnya

caramesin.com-“Ugh, kok layar laptop di rumah terus berkedip ya?” Anda mungkin selalu menghadapi masalah ini dalam situasi yang berbeda, tidak hanya di rumah, tetapi di mana-mana.

Layar laptop sebenarnya merupakan bagian yang penting, karena tanpa itu, tidak semua tugas di laptop bisa terlihat.

Selain itu, komponen ini juga akan sering mengalami berbagai gangguan, mulai dari kekambuhan, keterlambatan hingga tidak makan sama sekali.

Untuk itu, sebaiknya pelajari lebih dalam mengenai “mata” laptop ini, berbagai jenis layar laptop dan banyaknya jenis kerusakan yang sering kita temui, beserta solusi efektif untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi pada Anda. .

Jenis layar laptop

Saat ini, ada banyak jenis layar laptop yang umum digunakan oleh merek-merek terkemuka di seluruh dunia. Dari yang paling mahal hingga yang paling murah, sistem ini digunakan oleh semua orang.

Jadi kelas apa yang dimiliki layar laptop Anda? Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah beberapa di antaranya

1. LCD

Layar kristal cair, atau hanya dikenal sebagai LCD, adalah jenis layar notebook yang paling umum digunakan pada notebook sebelumnya, sesuai dengan edisi pertama notebook pada tahun 2009. Perlu Anda ketahui jika LCD merupakan pengatur molekul kimia cair yang didekati oleh arus listrik.

Oleh karena itu, molekul-molekul ini menghasilkan cahaya, yang merupakan sumber cahaya di layar laptop Anda. Dari segi tampilan fisik, LCD akan terlihat tebal pada slot kabel yang memanjang.

Selain itu, layar laptop jenis ini juga membutuhkan daya yang lebih besar, sehingga layar ini harus terhubung dengan unit inverter yang dapat mensuplai daya.

Salah satu hal yang mungkin menghentikan laptop adalah konsumsi daya yang tinggi. Oleh karena itu, notebook dapat bertahan maksimal 2 jam.

Keuntungan dari layar LCD
Harga bahan lebih murah
Resolusi gambar bagus
Kualitas gambar sangat tinggi.
Kekurangan layar LCD
Pemborosan listrik
Itu tidak ramah lingkungan
Radiasi layar dapat merusak penglihatan Anda.

2. LED

Jika LCD mirip dengan kristal cair yang terbuat dari molekul yang dialiri listrik secara kimia, maka gunakan light emitting diode atau molekul kimia LED dengan teknologi CCFL atau gunakan lampu fluorescent yang memancarkan sendiri. Jenis layar laptop ini dapat memancarkan cahaya tampak atau tidak terlihat, seperti cahaya inframerah, yang dapat Anda gunakan untuk melihat dalam kegelapan total. Oleh karena itu, LED dapat membuat layar lebih terang dan kuat.

Sangat cocok untuk Anda yang memiliki profesi yang berhubungan dengan ketajaman visual grafis. Layar laptop LED merupakan layar generasi kedua yang digunakan sebagai bagian dari layar laptop setelah LCD tidak digunakan lagi.

Dibandingkan dengan LCD, LED menggunakan lebih sedikit daya dan tidak lagi membutuhkan inverter. Itu sebabnya laptop yang diluncurkan setelah tahun 2009 lebih hemat baterai dan tahan lama.

Secara fisik, tidak ada perbedaan yang signifikan antara LCD dan LED. Keduanya dikenal memiliki bentuk yang tebal. Perbedaannya terletak pada kabel inverter, yang tidak akan Anda lihat lagi di layar LED.

Terlepas dari perbedaan tersebut, keduanya sama-sama pandai memancarkan cahaya di layar laptop. Namun, seiring pertumbuhannya, semakin banyak LED yang tumbuh di sini.

Slim LED dibuat pada tahun 2013, yang merupakan LED yang lebih tipis dari pendahulunya.

Selain itu, jenis layar laptop ini jauh lebih hemat energi dibandingkan dua layar berikut. Awalnya, Slim LED hanya digunakan pada notebook premium.

Namun seiring dengan harga yang mulai turun, produk laptop kelas bawah pun ikut turun. keuntungan
Lebih hemat energi, layar lebih cerah, layar lebih kuat, ramah lingkungan.
kekurangan
Harga komponen lebih mahal, lapisan lebih tipis dan sensitif terhadap sentuhan.
Ukuran layar laptop yang umum dikenal

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis layar laptop yang biasa Anda gunakan setiap hari, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah berbagai ukuran layar laptop yang ada di pasaran.

See also  Cara Belanja Aman Online Dengan Kartu Kredit

Hal ini penting untuk diketahui karena dapat mempengaruhi kinerja laptop yang Anda miliki atau beli.

Selain itu, ukuran layar akan mempengaruhi kenyamanan Anda selama beraktivitas, terutama jika Anda tetap berada di depan layar laptop. Beberapa ukuran layar tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Ukuran layar laptop 9 hingga 12 inci

Netbook memiliki ukuran layar 9-12 inci yang merupakan jenis laptop yang kecil, murah, dan biasanya tidak memiliki daya tahan baterai yang terlalu lama.

Laptop dengan diagonal 9 hingga 12 inci ideal untuk menonton dan aktivitas mudah lainnya.

2. Ukuran layar laptop 11 hingga 14 inci

Jika sebelumnya ukuran layar laptop dimiliki oleh netbook, maka ukuran layar laptop 11 hingga 14 inci dimiliki oleh Ultrabooks, kategori laptop baru di dunia.

Laptop ini memiliki bodi yang ramping serta prosesor dan baterai yang bertenaga. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan selalu keluar dari sumber energi.

3. Ukuran layar laptop 14 hingga 15 inci

Layar laptop sebesar ini sering digunakan pada laptop pada umumnya. Selain itu, laptop dengan ukuran ini biasanya memiliki prosesor Intel dual-core, RAM yang besar dan media penyimpanan yang lebih besar dari 256 GB.

Laptop dengan ukuran layar ini sangat ideal untuk pekerjaan kantoran yang membutuhkan kenyamanan dan performa.

Selain itu, banyak jenis laptop dengan ukuran layar 14 hingga 15 inci juga didesain khusus untuk kebutuhan gaming dan multimedia.

4. Ukuran layar laptop Lebih dari 17 inci

Layar laptop dengan diagonal lebih dari 17 inci biasanya dimiliki oleh laptop yang termasuk dalam jenis desktop replacement yang didesain untuk menggantikan PC yang bisa dibawa kemana-mana. Laptop dengan ukuran layar ini biasanya memiliki performa yang tinggi.

Layar laptop ini sangat bagus untuk Anda yang perlu menyiapkan komputer untuk tugas jangka panjang seperti pengeditan jarak jauh dan rendering video atau mendesain di lokasi terpencil.

Cara memperbaiki layar laptop yang rusak

Sekarang saatnya untuk mengetahui berbagai jenis kerusakan yang biasa terlihat pada layar laptop. Jika Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis dan ukuran laptop, maka kerusakan yang biasa terjadi pada laptop sama sekali berbeda.

Masing-masing memiliki sebab dan akibat yang berbeda satu sama lain. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Perbaiki layar laptop yang berkedip

Layar laptop berkedip biasanya disebabkan oleh berbagai alasan, seperti resolusi layar yang lebih tinggi, daya yang tidak stabil, atau masalah VGA.

Tentu saja layar yang berkedip-kedip ini akan membuat mata Anda tidak nyaman, apalagi jika digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, laptop dengan flash drive sering menampilkan gambar yang cenderung memiliki resolusi rendah yang kurang memuaskan. Apalagi jika Anda membutuhkan tampilan visual yang detail untuk kebutuhan desain dan kustomisasi Anda. Pertama, pastikan penyebabnya adalah berkedip di layar laptop Anda.

Jika alasannya adalah resolusi yang terlalu tinggi, Anda dapat menguranginya menggunakan pengaturan di panel kontrol. Sedangkan jika tidak power, solusinya adalah dengan menggunakan stabilizer atau memperbaiki komponen stabilizer di layar laptop Anda.

Jika VGA bermasalah, tidak ada yang tersisa selain membawanya ke service center, karena cukup sulit menemukan VGA bawaan pada laptop yang bermasalah. 2. Garis yang benar pada layar laptop dan getaran dengan mengabaikan

Layar laptop yang belang dan bergetar saat dihidupkan sering terjadi pada laptop dengan layar yang masih menggunakan sistem LCD. Namun, hal ini dimungkinkan jika kejadian ini juga terjadi pada layar LED.

Ini sering karena laptop terus membuka dan menutup atau jatuh di atas siku laptop. Akibatnya, layar mengalami gangguan karena kerusakan atau hilangnya fungsionalitas. Untuk mencegahnya, solusi terpenting yang bisa Anda lakukan adalah membongkar layar laptop dan memeriksa bagian yang kendor atau rusak. Jika hanya santai, Anda bisa membenarkannya di posisi semula.

See also  Bagaimana Cara Kerja Mesin Cuci Membasuh Pakaian? Ini Jawabannya!

Namun, jika masalahnya lebih rumit, sebaiknya segera bawa notebook ke fasilitas perbaikan terdekat.

Perbaiki bilah layar laptop dan getarkan melalui perangkat keras

Ciri utama layar laptop yang terdistorsi adalah biasanya terlihat bergaris dan bergetar. Masalah seperti ini seringkali jarang terjadi, tetapi ketika itu terjadi, itu bisa sangat mengganggu.

Dalam kebanyakan kasus, layar laptop yang meregang dan bergetar karena deformasi disebabkan oleh kerusakan pada komponen perangkat keras laptop Anda.

Misalnya, kabel output video yang longgar atau pengaturan sistem operasi yang salah. Jika ada masalah dengan OS, Anda bisa mengeceknya langsung di BIOS.

Jika tidak ada masalah dengan tampilan BIOS, Anda dapat menginstal ulang OS. Sementara itu, jika ada masalah dengan kabel output yang longgar, Anda harus melepas layar.

4. Perbaikan Layar Hitam Laptop (Blank Screen)

Layar laptop mati, juga dikenal sebagai layar kosong atau layar laptop hitam, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa dari mereka memiliki RAM yang tidak terpasang dengan benar atau memiliki masalah berkedip lampu neon di layar.

Untuk mengetahui apakah ada masalah dengan layar hitam laptop, Anda dapat menghubungkannya ke proyektor di layar komputer atau monitor.

Jika menyala, temukan bahwa masalahnya ada pada layar laptop. Untuk mengatasi ini, Anda dapat dengan hati-hati membongkar laptop dan menemukan penyebabnya. Jika ada masalah dengan RAM, Anda dapat membukanya dan memperbaiki lokasinya atau memasangnya kembali.

Bukankah masalahnya belum selesai? Pertama, coba gunakan spatula karet untuk membersihkan pin logam di RAM atau slot board sistem. Jika masalah berlanjut, saatnya untuk memperbaiki laptop.

5. Perbaikan flip layar laptop

Layar laptop terbalik berarti layar laptop berubah 90 derajat saat dihidupkan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika Anda salah menekan tombol atau ketika perangkat keras notebook Anda rusak parah.

Jika masalahnya adalah yang pertama, Anda dapat melakukan langkah-langkah cepat berikut.

Tekan Ctrl + Alt + → [panah kanan]: perintah ini memutar layar 90 derajat atau ke kanan.
Tekan Ctrl + Alt + [Panah Bawah] perintah ini memutar layar 180 derajat atau ke bawah. Tekan Ctrl + Alt + [panah kiri]: perintah ini memutar layar 270 derajat atau ke kiri.
Ctrl + Alt + [panah atas]: Perintah ini memutar layar 360 derajat atau ke atas, yang merupakan posisi normal.
Nah, jika ada masalah dengan hardware laptop, tidak ada yang tersisa selain membongkar laptop terlebih dahulu atau bahkan dengan bantuan bengkel komputer terdekat di rumah Anda.

6. Perbaikan relokasi layar laptop

Apakah layar laptop Anda bekerja sendiri? Tidak perlu khawatir, karena kondisi ini bukan disebabkan oleh penyakit gaib atau gaib. Kondisi ini disebut touch spirit, yang biasa terjadi pada laptop layar sentuh.

Layar sering self-propelled karena banyak faktor, seperti kondisi yang terlalu panas, baterai lemah, atau kinerja charger tidak stabil.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengecek terlebih dahulu masalah apa saja yang terjadi. Jika ada masalah dengan notebook yang terlalu panas, Anda dapat menurunkan suhu notebook ke suhu ruangan normal. Sedangkan jika terjadi masalah pada baterai laptop, solusi terbaik adalah dengan mengisi daya laptop dengan charger. Jika ada masalah dengan catu daya pengisi daya, solusi terbaik adalah memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru.

7. Perbaiki warna layar laptop

Penyebab utama layar laptop menyala adalah gangguan atau kerusakan yang bisa terjadi pada VGA. Selain itu, penyebab utama masalah ini mungkin adalah kabel konektor yang tidak terpasang dengan benar, atau kabel rusak atau terjepit. Untuk mengatasinya, Anda bisa membongkar layar laptop terlebih dahulu. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencoba menghubungkan laptop ke layar lain. Jika Anda masih melihat warna, lihat apakah ada masalah dengan VGA.

Anda bisa membawanya langsung ke bengkel. Sementara itu, jika ada masalah dengan kabel yang rusak atau terjepit, Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Cara Merawat dan Membersihkan Layar Laptop Anda
layar laptop

See also  Pentingnya Service Mesin Fotocopy Dengan Teknik Dasar

Untuk memastikan layar laptop Anda awet dan tahan lama, ada banyak hal yang perlu Anda lakukan secara rutin untuk merawat laptop Anda. Salah satunya adalah pembersihan layar.

Manajemen layar dengan berbagai jenis kursus juga berbeda.

Jadi Anda perlu memiliki pemahaman yang baik tentang cara membersihkan layar laptop Anda agar tetap berfungsi dengan baik. Begini caranya.

1. Bersihkan layar laptop secara teratur

Kain microfiber atau kain lap yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mata sudah cukup untuk membersihkan layar laptop biasa.

Matikan notebook terlebih dahulu.
Anda kemudian dapat segera menghapus layar dalam satu arah. Jika perlu, Anda juga bisa mengoleskannya dengan gerakan memutar untuk menghilangkan noda yang keras. Semprotkan larutan pembersih ringan yang terbuat dari air suling dengan aditif non-kimia lainnya untuk membersihkan area di sekitar layar.
Layar laptop Anda bersih dan mengkilap kembali!

2. Bersihkan layar sentuh laptop

Membersihkan layar sentuh laptop tidak berbeda dengan merawat layar laptop biasa. Membersihkan layar laptop layar sentuh membutuhkan kain mikrofiber yang lembut di sekitar permukaan dan pembersihan layar. Yang harus Anda lakukan adalah:

Pertama, matikan notebook dan, jika mungkin, keluarkan baterai notebook.
Bersihkan layar laptop dengan kain microfiber. Jika perlu, tambahkan sedikit air suling untuk menghilangkan kotoran keras.
Bersihkan sisa cairan pembersih sampai tidak ada yang tersisa.
Tunggu hingga layar laptop mengering.
Notebook dapat dimulai ulang.

3. Membersihkan layar laptop yang tergores

Jika layar laptop tergores, cara membersihkannya punya trik tersendiri. Jadi layar laptop tidak hanya bersih, tapi juga goresan perlahan bisa hilang. Prosedur untuk membersihkan layar laptop juga sederhana. Berikut caranya:

Pastikan laptop dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke sumber listrik.
Tempatkan sedikit pasta gigi di layar dan tambahkan sedikit air suling jika perlu, lalu bersihkan dengan kain mikrofiber atau handuk kertas di sekitar permukaan yang tergores. Tunggu beberapa menit
Kemudian bersihkan permukaan layar notebook dengan kain atau sapu tangan baru sampai bekas pasta gigi hilang.
Ulangi operasi ini beberapa kali sampai goresan mulai hilang. Tapi ingat, jangan terlalu banyak menggunakan cairan karena bisa merusak layar laptop kamu!

Cara membersihkan laptop putih

Selain membersihkan layar laptop, bagian lain juga perlu dibersihkan. Masalahnya ada masalah jika laptop yang Anda bersihkan berwarna putih. Jika hal ini memang terjadi, maka yang harus Anda lakukan adalah:

Letakkan 1 botol minyak kayu putih dan kapas atau sapu tangan dengan permukaan yang lembut. Tuangkan sedikit minyak kayu putih pada kapas atau sapu tangan.
Usap kapas atau kain ke seluruh bagian laptop, seperti bodi dan keyboard. Jangan menggosoknya pada layar karena akan merusak wajah.
Ulangi proses ini sampai notebook putih Anda benar-benar bersih. Dijamin laptop akan kembali putih dan mengkilat!
Diperlukan cairan pembersih khusus untuk menunjang pembersihan laptop, khususnya layar laptop. Body laptop biasanya terbuat dari plastik, sehingga bisa rusak oleh bahan kimia. Kejadian serupa dapat terjadi di layar jika cairan pembersih yang Anda gunakan diabaikan.

Agar tidak salah pilih, Pricebook akan mengajari Anda cara membuat produk pembersih laptop yang efektif. Berkat ini, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang dan laptop Anda selalu terawat dengan baik. Begini caranya. Bahan yang dibutuhkan:

Cuka putih tawar, tanpa cuka sari apel buah dan sejenisnya.
Air suling, bisa air dari galon atau air dari saringan batu.
Wadah pencampur
corong air
Sendok atau garpu
Botol parfum bekas atau botol semprot lainnya.
Bagaimana cara melakukannya:

Masukkan cuka dan air suling dalam proporsi yang sama ke dalam mangkuk.
Aduk cairan pembersih dengan sendok atau garpu sampai tercampur rata. Kemudian tuangkan cairan pembersih yang sudah jadi ke dalam botol menggunakan corong air.
Cairan pembersih Anda siap digunakan!

Check Also

x5

Hadir Lagi Teknologi 80W SuperVOOC di Find X5 Pro 5G

caramesin.com – Teknologi 80W SuperVOOC di Find X5 Pro 5G, 12 Menit Baterai Terisi 50%,Baterai …

Leave a Reply

Your email address will not be published.