Vending Machine Adalah: Fungsi, Jenis Serta Prinsip Cara Kerjanya

Vending machine adalah mesin penjual otomatis yang digunakan dengan cara memasukkan koin atau uang untuk membeli barang-barang yang ada di dalam showcase sesuai dengan pilihan. Mesin ini mulai umum ditemukan di tempat-tempat publik.

Ide awal mesin ini muncul di abad pertama oleh ahli matematika mesir (Alexandria), fungsinya saat itu untuk membagikan air suci, cara kerjanya dengan memberikan pemberat berupa koin pada tuas untuk membuka katup sehingga air dapat mengalir keluar dan alirannya berhenti ketika koin jatuh.

Cara kerja ini dikembangkan menjadi Vending machine modern yang pertama digunakan di Inggris untuk mejual amplop, kartu pos dan brosur. Kemudian semakin berkembang lagi hingga menjadi Vending machine yang kita tahu sekarang.

Nah seperti apa Vending machine era sekarang? Bagaimana cara kerjanya? Kami akan menjelaskan hal tersebut di tulisan kali ini, jika kamu penasaran maka silakan disimak hingga akhir.

Jenis dan Fungsi Vending Machine

vending machine adalah
Gambar vending machine

Seperti dibahas di atas, awalnya vending machine digunakan untuk air suci kemudian untuk perangkat surat menyurat, apa fungsi vending machine saat ini?

Vending machine sudah berkembang begitu jauh dari era pertama kali dikeluarkan. Alat ini awalnya mainstream digunakan untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman kaleng. Namun saat ini sudah muncul lebih banyak jenisnya dengan berbagai fungsi yang bervariasi.

Berikut di antara beberapa jenis Vending Machine yang ada saat ini:

1. Penjual makanan dan minuman gratis

Fungsi vending machine ini adalah yang paling umum ditemukan. Kamu bisa menemukan alat ini menjual makanan atau minuman di banyak ruang publik. Penjualan jadi lebih praktis karena tak dibutuhkan penjaga yang harus stand by sehingga juga lebih menghemat biaya gaji pegawai.

2. Bilik Foto

Cara kerja vending machine juga diaplikasikan pada bilik foto. Kamu memasukkan koin atau uang untuk berfoto dan hasilnya akan dicetak langsung.

3. Mesin tiket

Di beberapa tempat tiket juga dijual secara otomatis menggunakan cara kerja yang sama dengan vending machine. Masukkan uang, pilih tiket dan pesananmu pun akan keluar.

4. Penjual gadget

Perusahaan HP asal China, Xiaomi belum lama ini membuat inovasi bernama Mi Express Kiosk. Inovasi tersebut berupa vending machine yang mereka gunakan untuk menjual smartphone secara otomatis.

5. Penjual parfum

Perusahaan parfum ternama Tiffany & co juga menjual parfum dengan metode otomatis berbentuk vending machine. Selain parfum, produk-produk kecantikan juga dijual dengan vending machine.

6. Vending Machine Mobil

Nah vending machine yang identik digunakan untuk menjual produk-produk yang berukuran kecil, ternyata juga bisa digunakan untuk menjual barang yang berukuran besar yaitu mobil. perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Ford, menerapkan inovasi tersebut yang mereka tempatkan di Distrik Baiyun, Guangzhou, Cina.

Mungkin masih ada lagi jenis vending machine yang tidak disebutkan di tulisan ini, yang jelas alat ini banyak sekali jenisnya yang terus bertambah seiring dengan kemajuan inovasi.

Baca juga: Pengertian Conveyor Belt: Fungsi, Prinsip Kerja, dan Jenis Jenisnya

Cara Kerja Vending Machine

cara kerja vending machine
Ilustrasi pendeteksi koin vending machine

Di sisi pengguna, cara kerja vending machine adalah dengan memasukkan koin atau sekarang sudah ada sistem e-money, kemudian  memilih produk dan produk tersebut pun akan keluar. Apabila uang yang dimasukkan tidak sesuai dengan harga barang maka barang yang dipilih tidak akan keluar.

Nah bagaimana vending machine bisa bekerja seperti itu? Untuk menjawabnya kami akan menjelaskan cara kerja dari vending machine sederhana.

Cara Vending Machine Mengidentifikasi Koin

vending machine mendeteksi koin
Cara vending machine mendeteksi koin

Pertama bagaimana vending machine mengidentifikasi jenis uangnya, bagaimana alat tersebut tahu bahwa itu uang asli atau benda lain?

  • Vending machine menggunakan sensor cahaya untuk mengidentifikasi ukuran koin. Mesin ini juga memanfaatkan elektromagnet untuk mendeteksi jenis logam dari koin yang dimasukkan.
  • Lalu informasi ukuran dan jenis koin tersebut digunakan oleh mesin untuk menentukan nilai dari koin yang dimasukkan, di mana setiap besaran uang koin memiliki karakteristik ukuran dan jenis yang unik.
  • Jika di database mesin tidak ditemukan nilai uang koin yang sesuai dengan ukuran dan jenis yang teridentifikasi, maka koin akan ditolak dan dikeluarkan kembali ke pelanggan melalui saluran penolakan.
  • Sementara ketika koin teridentifikasi benar, koin tersebut akan masuk ke bagian sortir, dimana koin tersebut akan disortir dan ditempatkan berdasarkan ukurannya. Mesin pun akan masuk ke keadaan idle, dia menunggu pelanggan menentukan pilihan dengan menekan tombol pada produk yang mereka inginkan.

Cara Vending Machine Mengetahui Pilihan Pelanggan

pembeli memilih produk
Pembeli memilih produk

Setelah pembeli memasukkan uangnya ke dalam vending machine, lantas bagaimana si mesin mengetahui apa yang dipilih pelanggan:

  • Ada komputer mini di dalam vending machine yang berfungsi sebagai otak dari mesin tersebut. Komputer ini yang dapat melacak pembayaran, nilai uang yang dimasukkan akan digunakan sebagai acuan, lalu produk-produk yang lebih mahal dari uang yang dimasukkan tidak dapat diakses oleh pelanggan.
  • Ketika pelanggan sudah memilih produk, komputer akan memerintahkan 1 dari 32 alat motoric yang sangat kecil, seukuran kotak korek api, untuk memutar kumparan spiral 360 derajat dan membuka penghalang yang ada di depan produk.
  • Produk pun akan jatuh ke dalam ruang pelepas, kemudian pelanggan dapat mengambil produk yang mereka pilih dari ruang tersebut.

Mungkinkah Produk Tidak Keluar?

makanan stuck
Ilustrasi makanan stuck

Ketika produk yang dipilih jatuh ke tempat pengambilan, barang tersebut harus melewati sinar inframerah yang dipasang di saluran menuju tempat pengambilan mesin sebagai sensor pendeteksi.

Jika setelah produk dipilih namun inframerah tidak mendeteksi adanya objek yang melewatinya, maka mesin menyimpulkan camilan belum dikirim. Maka komputer akan memberitahukan hal tersebut pada motor untuk kembali berputar 360 derajat agar katup penghalang terbuka. Sinyal itu terus dikirimkan hingga inframerah mendeteksi sesuatu.

Setelah komputer diberitahu inframerah barang sudah dikirim, maka komputer akan menghitung jumlah uang kembalian yang g harus dikembalikan pada pelanggan. Kemudian koin akan dikeluarkan dari bilik kolom koin satu per satu hingga mencapai nilai uang kembalian yang tepat.

Nah itulah yang dilakukan vending machine untuk menjual sesuatu pada pelanggan. Cara kerja ini berlaku di vending machine sederhana, tentu saja alat satu ini sudah banyak berkembang. Secara penggerak pun mekanis ada 3 metode yang ada, yaitu full mekanik, elektronik mekanik (mekatronika), hingga dengan sistem internet elektronik untuk mengakses kartu ATM ketika digunakan, bahkan e-money.

Demikianlah informasi tentang vending machine yang bisa kami sampaikan di tulisan ini. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar