Daftar Ukuran Kulkas 2 Pintu Standar dan Cara Menghitungnya

Ukuran kulkas 2 pintu adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat membeli kulkas baru. Hal ini bertujuan agar kulkas yang kita beli bisa muat di dapur dan tidak memakan banyak tempat. Selain itu, kesalahan dalam memilih dimensi kulkas juga akan berpengaruh terhadap beban daya listrik.

Dimensi kulkas sendiri adalah ukuran keseluruhan dari kulkas tersebut mulai dari lebar (W), kedalaman (D), tinggi (H), dan volume/kapasitas. Dimensi kulkas pastinya juga akan berpengaruh pada kapasitas penyimpanan makanan dan minuman. Pada artikel ini, kami akan membahas ukuran kulkas 2 pintu berdasarkan jenisnya.. Namun sebelum itu, kita harus mengetahui dulu cara mengukur dimensi kulkas kita

Cara Menghitung Ukuran Kulkas

ukuran kulkas 2 pintu standar
Berapa ukuran kulkas 2 pintu standar?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dimensi kulkas 2 pintu terdiri dari lebar, kedalaman, dan tinggi. Lebar kulkas dihitung dari samping kiri ke samping kanan, kedalaman kulkas dihitung dari depan ke belakang, dan tinggi dihitung dari ujung bawah ke ujung atas.

Dengan menghitung ketiganya, kita sudah akan mendapatkan volume kulkas tersebut. Sedangkan untuk kapasitas kulkas dihitung dari Ukuran bagian dalam pada kulkas baik freezer maupun lemari pendingin. Dengan kata lain, kapasitas dihitung dari sebanyak apa makanan/minuman yang bisa disimpan dalam kulkas.

Daftar Ukuran Kulkas 2 Pintu Berdasarkan Jenisnya

Pada dasarnya kulkas 2 pintu memiliki 3 jenis, yaitu Side-by-Side, Top Mount, dan Bottom Mount. Dimensi ketiga jenis kulkas tersebut tentunya berbeda-beda tergantung pada merknya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Kulkas Side-by-Side

kulkas side-by-side
Gambar kulkas side-by-side

Kulkas side-by-side adalah kulkas yang memiliki 2 pintu yang berdampingan. Model kulkas ini memiliki kapasitas yang paling besar dibanding kulkas 2 pintu model lain. Kulkas jenis ini bisa dibilang merupakan model yang tercanggih. Kita bisa memilih bagian mana yang ingin dijadikan lemari pendingin dan bagian mana yang bisa difungsikan sebagai freezer.

See also  Tutorial Cara Kerja Transmisi Gear Pada Sepeda Motor

Tak heran jika kulkas jenis ini memiliki dimensi terbesar karena semua bagian termasuk kedua pintu kulkas bisa difungsikan. Bisa kita lihat pada tabel di bawah, kulkas side-by-side memiliki rata-rata lebar 884,4 mm; kedalaman 627,1 mm; tinggi 1775,8 mm; serta kapasitas 510,8 liter. Berikut adalah tabel datanya

Daftar dimensi kulkas side-by-side
Daftar ukuran kulkas side-by-side

2. Kulkas Top Mount

kulkas top mount
Gambar kulkas top mount

Kulkas top mount merupakan kulkas 2 pintu yang paling sering ditemui saat ini. Kulkas ini memiliki 2 bagian, yaitu freezer di atas dan lemari pendingin di bawahnya. Kapasitasnya tidak sebesar kulkas side-by-side karena terdapat sekat antar bagiannya. Kulkas ini cocok untuk di ruangan yang kecil karena ukurannya yang tidak terlalu besar.

Berbeda dengan jenis sebelumnya, kulkas top mount memiliki kedalaman yang lebih besar dari lebarnya. Kulkas top mount memiliki dimensi rata-rata dengan lebar 588,1 mm; kedalaman 638 mm, tinggi 1582,8 mm; serta kapasitas sebesar 283,5 liter. Berikut adalah penjabaran lengkapnya.

Daftar dimensi kulkas top mount
Daftar dimensi kulkas top mount

3. Kulkas Bottom Mount

kulkas bottom mount
Gambar kulkas bottom mount

Kulkas bottom mount sebenarnya hampir sama dengan yang top mount, hanya saja freezer pada kulkas ini berada di bagian bawah. Kelebihan dari kulkas ini adalah aksesibilitasnya saat kita mengambil makanan/minuman karena lemari pendingin berada di bagian atas. Jadi, kita bisa meminimalisir untuk membungkuk saat mengambil makanan/minuman.

Kulkas bottom mount memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari yang top mount. Bisa dilihat kulkas model ini memiliki rata-rata lebar 595 mm; kedalaman 654,8 mm; tinggi 1759,4 mm; dengan kapasitas 317,7 liter. Berikut data lengkapnya.

Daftar dimensi kulkas bottom mount
Daftar dimensi kulkas bottom mount

Menentukan Ukuran Ideal Kulkas 2 Pintu

Agar kulkas yang kita beli bisa sesuai dengan kebutuhan, maka ada baiknya untuk memilih dimensi kulkas yang cocok. Berikut adalah tips-tips dalam memilih ukuran kulkas 2 pintu.

See also  6 Penyebab Tegangan Genset Tidak Stabil dan Cara Mengatasinya!

1. Cek Kebutuhan Rumah Tangga Kalian

Sebelum membeli kulkas baru, sangat penting bagi kita untuk memperkirakan berapa banyak makanan/minuman yang akan ditaruh dalam kulkas. Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan jumlah anggota rumah tangga. Semakin banyak anggotanya, maka semakin besar pula ukuran kulkas yang harus kita beli, dan begitu sebaliknya.

2. Ketahui Ukuran Lokasi Untuk Menaruh Kulkas

Jika rumah kalian memiliki luas yang cukup besar, maka kalian bisa membeli kulkas 2 pintu side-by-side. Namun jika area rumah tidak terlalu besar, maka kalian bisa membeli yang top mount atau bottom mount. Kesesuaian lokasi dengan dimensi kulkas juga bisa menambah kesan artistik pada kulkas kita.

3. Periksa Konsumsi Listrik Rumah

Kulkas 2 pintu biasanya memakan daya yang lebih besar. Oleh karena itu, kalian harus memastikan konsumsi listrik rumah kalian mampu menanggung konsumsi daya pada kulkas.

Related posts