Ukuran Diameter Piston Sonic dan Spesifikasi Oversize-nya

Motor Honda Sonic merupakan salah satu jenis keluaran merk Honda yang mendapatkan pembaharuan tampilan dan modelnya di tahun 2022. Motor yang terakhir diproduksi pada akhir tahun 2019 ini terkenal tangguh dan ramping. Dari seluruh aspek, diameter piston Sonic adalah satu aspek yang wajib dipahami serta diulas lebih dalam.

Piston memanglah bagian yang sangat vital pada kendaraan bermotor. Pasalnya, apabila piston tidak berfungsi, maka kendaraan bermotor tidak akan dapat berjalan dengan baik. Nah, itulah sebabnya, ukuran diameter piston aslinya harus terpasang secara tepat pada komponen motor. Hal itu juga tentunya berlaku untuk motor Honda Sonic yang sedang kita bahas saat ini.

Spesifikasi Oversize dan Diameter Piston Sonic

Piston Sonic 150
Piston Sonic 150

Pada dasarnya, ukuran piston pada setiap komponen motor berbeda-beda. Ukuran yang berbeda ini ditentukan oleh perbedaan jenis motor, kapasitas cc mesin, juga merk dan pabrik yang memproduksinya. Nah, khusus pada motor Honda Sonic seri 150R, ukuran diameter piston-nya tepat berada di angka 57,3 mm atau 58 mm.

Khusus untuk motor Honda Sonic yang mungkin sudah mengalami perubahan ukuran piston, atau yang dalam istilah lainnya bore up atau oversize piston, maka ukuran diameter pistonnya bukan lagi berada di angka 58 mm. Bore up tentu sudah mengubah ukuran diameter piston menjadi ukuran yang lebih besar. Karena itu, simak beberapa patokan angka diameter yang dapat Anda gunakan yang terlihat pada tabel di bawah ini:

Oversize Ukuran Penambahan Diameter Piston Ukuran Diameter Honda Sonic Setelah Bore Up
Oversize 0 0,00 (Ukuran diameter piston asli sesuai pabrik)
Oversize 25 0,25 mm 58,25 mm
Oversize 50 0,50 mm 58,50 mm
Oversize 75 0,75 mm 58,75 mm
Oversize 100 1,00 mm 60,00 mm
Oversize 125 1,25 mm 60,25 mm
Oversize 150 1,50 mm 60,50 mm
Oversize 175 1,75 mm 60,75 mm
Oversize 200 2,00 mm 61,00 mm
See also  Avatar 3D Omoji Bikin Tampilan Always On Display di Reno7 Makin Menarik

 

Forging pada Piston Sonic
Forging pada Piston Sonic

Nah, dari tabel di atas, kita dapat melihat ukuran diameter piston Sonic yang telah mengalami bore up. Apabila sewaktu-waktu Anda memperoleh kesempatan untuk mendapatkan produk second, pastikan untuk menanyakan ukuran diameter pistonnya, apakah sudah mengalami bore up atau oversize piston atau belum.

Jika jawabannya ya, maka tanyakan oversize berapa yang telah dilakukan, sehingga Anda dapat memahami power dan tenaga maksimal yang dapat dihasilkan dengan kondisi diameter piston yang sudah berubah.

Dalam beberapa kasus khusus, ada saat dimana diameter piston Sonic dapat di-oversize hingga 62,00 mm. Angka tersebut merupakan angka terbesar yang dapat tercapai pada oversize motor Honda Sonic, namun hanya dapat terwujud apabila pengguna melakukan penggantian boring dan mencungkil bagian crank case.

Diameter Piston Sonic STD 58

Ukuran diameter piston sonic sebetulnya bisa dilihat langsung dari tipenya. Misalnya, piston sonic STD 58 berarti memiliki diameter selebar 58 milimeter.

piston sonic std 58
Piston sonic STD 58 dengan cincin

 

ukuran piston sonic bore up
Ukuran piston sonic Bore up beserta pen-nya

Related posts