Sejarah Internet hingga Perkembangannya di Indonesia Saat ini

caramesin.com-11 Maret kemarin di Internet atau untuk pertama kalinya dikenal dengan World Wide Web (www) selama 33 tahun. Namun, sejarah Internet dimulai lima puluh tahun yang lalu. 33 tahun adalah satu-satunya catatan atau perhitungan sejak World Wide Web tersedia untuk umum, pada tahun 1989.

Setelah lebih dari tiga dekade mengalami berbagai perkembangan, Internet telah menjadi unit gaya hidup yang hampir selalu dibutuhkan oleh masyarakat awam. Kita semua tahu bahwa Internet telah berhasil menjadi media yang membantu kita untuk bekerja dan terhubung ke berbagai aktivitas manusia secara efisien, aman dan efektif. Selain itu, konsep kerja internet adalah menghubungkan berbagai jenis perangkat elektronik, seperti komputer pengguna, laptop dan smartphone, ke dalam jaringan. Konsep ini berhasil menghubungkan pengguna dari seluruh dunia sehingga dapat saling berkomunikasi. Juga melalui konsep ini, istilah online dapat diterjemahkan sebagai “di Internet”.

A. Sejarah Internet

Internet dapat diibaratkan sebagai sebuah skema yang mengubah hampir semua gaya hidup, misalnya dari kebiasaan berkomunikasi hingga kegiatan ekonomi. Internet mengubah cara orang menerima pesan, memesan transportasi dan makanan, membeli tiket, dan bahkan bekerja. Apa pun bisa dilakukan dengan satu klik jari.

Daftar isi

v. 1969 – Internet lahir
Mungkin kamu menyukainya

b. 1971 – Email pertama
C. 1983 – Komunikasi antar jaringan
d.1990: Kelahiran WWW
E. 2000: Jejaring sosial dan perangkat seluler
B. Memahami Internet
C. Perkembangan Internet
D. Internet telah menyebar ke seluruh dunia
E. Sejarah Internet di Indonesia
Mungkin kamu menyukainya
F. Masyarakat Indonesia dan Internet
Buku yang direkomendasikan dan artikel terkait

Buku terkait
Bahan yang digunakan dalam pakaian adat
A. Sejarah Internet
v. 1969 – Internet lahir

Pada Oktober 1969, para peneliti dari University of California, Los Angeles, atau UCLA secara singkat mencoba mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain. Para peneliti ingin mencoba mengirim tiga huruf dengan LOG keras ke komputer lain dalam kode biner. Atau, komputer kedua menambahkan dua huruf lagi dengan bentuk yang sama sehingga menjadi LOGIN.

Keberhasilan transfer data dalam penelitian ini berhasil dibuatnya sebuah proyek yang disebut Advanced Research Projects Agency Network atau disingkat ARPANET. ARPANET sendiri akan dikembangkan dan dirancang untuk keperluan Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Sejak itu, sistem yang awalnya hanya digunakan untuk mengirim kode biner hingga batas tertentu, telah berkembang. Sebagai pemimpin Internet, yang awalnya hanya menghubungkan 4 komputer, ia mampu menghubungkan 13 komputer ke jaringan dalam satu tahun. Akhirnya pada tahun 1981 jaringan ARPANET berhasil menghubungkan sekitar 231 komputer.

b. 1971 – Email pertama

Pada tahun 1971, seorang Amerika bernama Ray Tomlinson mengirim email pertama melalui ARPANET. Terima kasih telah menerima email pertama Anda, yang menginspirasi Anda untuk menggunakan simbol ‘@’ di alamat email. Simbol ‘@’ sebenarnya digunakan untuk memisahkan nama pengguna dari jaringan yang digunakan.

C. 1983 – Komunikasi antar jaringan

Dulu kita tahu bahwa dua perangkat komputer dapat berkomunikasi satu sama lain dalam jaringan, mereka harus menjadi semacam “protokol” dalam bentuk serangkaian fase yang ditentukan oleh pengontrol komunikasi. Pada tahun 1970, Robert Kahn dan Vinton Cerf mencoba membuat Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). TCP/IP sendiri sangat memungkinkan terjadinya pertukaran data, tentunya tidak hanya antar komputer dengan jaringan yang sama, tetapi dengan jaringan yang berbeda. Hingga saat ini, TCP/IP masih digunakan di banyak perangkat. ARPANET sendiri berhasil mengadopsi teknologi ini pada 1 Januari 1983. Akhirnya, juga menjalin koneksi dengan sejumlah jaringan komputer lain, seperti universitas. Penemuan bagaimana menghubungkan antar jaringan ini mungkin menjadi titik utama bahwa bentuk Internet seperti yang kita kenal dimulai di sini.

See also  Apakah MSG Aman untuk Dikonsumsi?

d. 1990: Kelahiran WWW

Setelah sukses mengembangkan TCP/IP untuk pertukaran data di berbagai jaringan, Tim Berners-Lee mendirikan WWW pada 12 Maret 1989, yang kemudian bekerja di laboratorium fisika CERN (European Organization for Nuclear Research). Dia berpartisipasi dalam pembuatan sistem manajemen informasi yang terdesentralisasi.

Pada saat itu, CERN sendiri sudah memiliki ribuan karyawan dan gelombang masuk karyawan baru yang hampir konstan. Dengan banyaknya karyawan tentunya sangat sulit untuk mendapatkan informasi yang relevan namun tidak diketahui. Ini karena ruang penyimpanan yang berbeda. Tim Berners-Lee mengusulkan pembuatan sistem hyperlink serta pencarian kata kunci. Sistem dan pencarian terkait dengan berbagai informasi relevan yang disediakan oleh organisasi.

Pada tahun 1990, Robert Cailliau datang dari Belgia untuk membantu Tim Berners-Lee mengembangkan desainnya. Invensi ini sendiri mengacu pada dua pilar, yaitu: bahasa pemrograman HTML yang memungkinkan keberadaan halaman web dan protokol pertukaran hiperteks HTTP untuk menanyakan pengguna dan menerima halaman yang diminta.

Sistem ini akhirnya diumumkan pada April 1993. Itu kemudian menjadi semakin diterima oleh banyak orang dan populer dengan dirilisnya Mosaic pada bulan November tahun itu. Mosaic sendiri merupakan salah satu search engine atau lebih dikenal sebagai search engine pertama di dunia. Jumlah situs Mosaic yang dapat diakses awalnya hanya beberapa juta pada awal 1990-an, tetapi seiring waktu meledak menjadi 400 juta pada tahun 2000.

E. 2000: Jejaring sosial dan perangkat seluler

Setelah popularitas mesin pencari mulai masuk ke abad ke-20, lebih tepatnya pada tahun 2000. Internet mulai berkembang di jejaring sosial. Jejaring sosial ini pertama kali dibuat pada tahun 2003. Setahun kemudian, Mark Zuckerberg yang mendirikan Thefacebook.com dengan sangat baik saat itu. Mark Zuckerberg sendiri membuat Thefacebook.com, yang awalnya ditujukan untuk menghubungkan semua mahasiswa Harvard.

Namun, seiring berjalannya waktu dan dengan perkembangan Internet, Facebook secara bertahap tumbuh menjadi salah satu raksasa jejaring sosial dengan banyak pengguna, hingga 2,3 miliar orang dari seluruh dunia. Di sisi lain, Apple juga berhasil mengguncang dunia pada tahun 2007 dengan inovasi ponselnya yang bernama iPhone. IPhone sendiri sudah memulai trend smartphone yang kita kenal sekarang ini dan sering kita gunakan. Kemudian, selama 10 tahun terakhir, layanan broadband seluler prabayar telah berkembang pesat dari 268 juta menjadi 4,2 miliar di seluruh dunia.

B. Memahami Internet

Internet bukan lagi konsep yang asing di telinga masyarakat modern. Hal ini karena hampir setiap aspek kehidupan saat ini memiliki koneksi internet yang kuat. Jaringan ini juga terbukti sangat berguna untuk menghubungkan banyak orang dari berbagai daerah tanpa batas, dari berbagai kota, provinsi, negara, bahkan benua.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau disingkat KBBI, kata internet sendiri dapat diterjemahkan sebagai jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan berbagai perangkat, seperti komputer, ke berbagai jenis perangkat lainnya secara terorganisir. seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

See also  Kumpulan Link Bokeh Chrome Video Viral Full Tanpa Aplikasi Terbaru

Sementara itu, istilah internet yang dikutip dari buku Teknologi Informasi dan Komunikasi terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017 berasal dari bahasa Latin yang artinya antara lain “antara”. Meneliti bahasa setiap kata, dapat disimpulkan bahwa Internet adalah jaringan antara atau koneksi. Secara sederhana, definisi Internet adalah jaringan komputer yang berbeda yang ada di seluruh dunia dan terhubung dengan protokol TCP/IP.

Internet seperti perpustakaan besar yang dapat memberikan berbagai informasi kepada orang-orang di seluruh dunia. Keanekaragaman informasi yang dapat diakses oleh setiap orang sangatlah berbeda, mulai dari bentuk tulisan, gambar hingga format multimedia lainnya.

Tentu saja, ketika kita berada di Internet, kita tidak dapat menghapusnya dari perkembangan dan sejarah komputer seperti itu. Hal ini karena dari komputer generasi pertama hingga komputer yang kita kenal sekarang, setiap bagian dari mesin merupakan salah satu inspirasi dari teknologi internet. Fungsi Internet itu sendiri dapat diidentifikasi dari cara penggunaannya. Namun, fungsi yang paling penting dari Internet adalah interkoneksi perangkat yang berbeda. Seperti disebutkan di atas, Internet mengubah cara hidup orang di dunia ini.

Saat ini, Internet telah menjadi sistem jaringan teknologi paling luas di dunia. Hampir semua orang yang hidup di Bumi dapat mengirim pesan dan memiliki akses ke berbagai informasi. Tentunya dengan catatan bahwa jaringan tersebut harus menggunakan protokol Internet standar atau biasa disebut IP. Hal ini akan lebih mudah karena hadirnya layanan jaringan World Wide Web (www).

C. perkembangan internet

Setelah mengetahui pentingnya dan sejarah Internet sejak proses pembentukannya, kita akan mulai membahas secara khusus pada bagian ini bagaimana Internet berkembang di seluruh dunia. Internet telah berkembang dari waktu ke waktu dan terus berkembang dalam hal jangkauan, transmisi, kecepatan dan kegunaan.

Dari segi cakupan, Internet sendiri membentuk dimensi regional atau batasan ketersediaan cakupan akses di suatu wilayah tertentu. Sebagian besar negara bersaing satu sama lain untuk memperluas jaringan mereka dengan mengandalkan satelit mereka. Satelit memegang peranan yang sangat penting dalam menjangkau wilayah yang lebih luas. Sedangkan berdasarkan transmisi paket data. Saat ini, proses pengiriman data berkembang jauh lebih cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tentunya berkat dukungan yang kuat terhadap teknologi terkini yang lebih modern dan sejalan dengan konsep dan pemahaman internet.

Seperti yang dapat dilihat dalam hal kecepatan, banyak industri teknologi mengubah jaringan multi-generasi. Dari 2G, 3G, 4G hingga yang terbaru hari ini, 5G. Internet 5G pasti akan tersedia untuk banyak orang karena ada lebih banyak sumber daya dalam skala yang lebih besar untuk negara tertentu.

Terakhir, kemajuan Internet terlihat dari segi penggunaan. Kemajuan teknologi informasi hampir selalu mengalami perkembangan yang tidak terduga. Pada akhirnya banyak terjadi perubahan, mulai dari informasi, komunikasi bahkan peralatan yang digunakan. Seperti pada awal perkembangannya, internet digunakan untuk melayani kebutuhan penelitian militer. Saat ini, Internet memiliki cakupan yang lebih luas, misalnya untuk digunakan dalam pendidikan, sosial, politik, budaya, militer, komunikasi, informasi, bisnis, dll.

D. Internet menyebar ke seluruh dunia

Bicara tentang penyebaran Internet dari Amerika Serikat ke seluruh dunia, tentunya dengan meluncurkan standar TCP/IP. Pada tahun 1986, Amerika Serikat segera membentuk badan penelitian yang dapat menggantikan peran ARPANET yaitu National Science Foundation Network atau yang lebih dikenal dengan NSFNET. Saat itu, NSFNET juga berhasil menghubungkan banyak jaringan internasional dari berbagai negara.

See also  Cara Menggunakan Mesin Gerinda Tangan

Selain itu, menjamurnya jaringan komputer di banyak negara besar pun tak terbendung. Internet, yang awalnya hanya menghubungkan komputer untuk menampilkan informasi teks, mengambil bentuk yang berbeda. Pada awal 1990-an, www adalah jenis layanan yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik, khususnya “www”. diluncurkan.

Dalam buku Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang diterbitkan pada tahun 2017, pada tahun 1992, sebuah perangkat lunak bernama Viola yang diterbitkan oleh Pei Wei memiliki akses ke “www.”

Setahun kemudian, lebih tepatnya pada tahun 1993, muncul sebuah sistem komputer yang dapat terhubung langsung ke Internet. Karena pengenal berisi nama domain dan alamat IP dalam bentuk simbol numerik dan beberapa format. InterNIC didirikan untuk menyediakan layanan pendaftaran nama domain. Sebuah lembaga pemerintah yang menggunakan jasa Amerika Serikat.

Akhirnya, hanya sebanyak perusahaan seperti Compuserve, America Online, dan Prodigy setahun yang lalu yang dapat menyediakan layanan akses Internet kepada masyarakat umum. Baru sekitar tahun 1994 Indonesia mulai mengakses Internet untuk pertama kalinya.

E. Sejarah Internet di Indonesia

Menurut Onno W. Purba, dalam bukunya tentang teknologi informasi dan komunikasi, sejarah internet di Indonesia dimulai pada tahun 1990-an, saat itu internet lebih dikenal dengan sebutan Jaringan Paguyuban. Beberapa nama yang berjasa besar bagi perkembangan Internet di Indonesia antara lain M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto dan tentunya Onno W. Purbo.

Periode perkembangan jaringan internet di Indonesia sendiri berlangsung dari tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing tokoh tersebut hampir menyumbangkan keahlian dan dedikasinya terhadap pembangunan jaringan komputer dan internet di Indonesia.

Selain itu, internet perlahan mulai berkembang dengan baik di Indonesia. Berkat layanan dari banyak nama sebelumnya, layanan ISP pertama Indonesia bernama IPTEKNET diluncurkan pada tahun 1994. Pada tahun yang sama, Sanjaya berhasil mendirikan dan menugaskan PT IndoInternet sebagai IndoNet secara paruh waktu.

IndoNet sendiri merupakan ISP komersial pertama di Indonesia. Awalnya, IndoNet diuntungkan dengan lisensi PT Lintas Arta. Saat itu, koneksi Internet dial-up IndoNet pertama dibuat.

F. masyarakat Indonesia dan internet

Pertumbuhan Internet di Indonesia terutama merupakan tanda pertumbuhan yang pesat. Saat ini masyarakat di Indonesia memiliki akses internet dari berbagai jenis perangkat elektronik.

Menurut data book, penetrasi internet di Indonesia pada Juni 2021 mencapai peringkat ketujuh di Asia Tenggara. Berdasarkan data tersebut, jumlah pengguna internet di Tanah Air mencapai 212,35 juta dari total penduduk yang diperkirakan mencapai 276,36 juta.

Pertumbuhan penggunaan internet yang sangat pesat di Indonesia tentunya tidak terlepas dari kemudahan akses layanan tersebut. Selain itu, banyak provider yang rutin menawarkan berbagai paket kuota internet dengan harga murah.

Selain itu, di masa pandemi Covid-19 seperti ini, internet menjadi salah satu sarana bagi pelajar untuk memberikan hiburan, informasi, dan berbagai jenis dukungan untuk kegiatan pendidikan. Internet dengan demikian telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Related posts