Sederet Manfaat Bekam, Terapi yang Dianjurkan Nabi

caramesin.com-Terapi bekam merupakan salah satu metode pengobatan alternatif yang juga merupakan sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri mengatakan bahwa bekam menyembuhkan penyakit.

Atas kewibawaan Sa’id bin Jubair, atas kewibawaan Ibnu Abbas, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الشِّفَاءُ لاثَةٍ لٍ ارٍ الْكَيِّ

Artinya: Obatnya terdiri dari tiga hal: minum madu, memotong dengan pisau labu, dan terapi besi panas (Kay). Tapi saya melarangnya kepada orang-orang saya karena.

 

definisi bekam

Dikutip dari Stylecraze, terapi bekam merupakan praktik penyembuhan kuno yang berasal dari Tiongkok. Juga dikenal sebagai Al Hijamah, terapi ini dipraktekkan di berbagai daerah, termasuk Timur Tengah.

Dalam budaya Asia, terapi bekam dikatakan dapat mengembalikan keseimbangan tubuh antara positif dan negatif, memungkinkan tubuh melawan patogen dan menghilangkan rasa sakit.

Baca juga: Jangan Khawatir Meski Harga Pangan Naik, Ini 5 Tips Hemat Belanja

Manfaat bekam

Penelitian modern menunjukkan bahwa terapi bekam dapat efektif dalam mengobati kondisi medis berikut.

1. Pereda nyeri

Bekam telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai pengobatan untuk menghilangkan rasa sakit. Sebuah tinjauan 2011 menunjukkan bahwa terapi bekam kering dapat efektif dalam mengurangi nyeri punggung bawah dibandingkan dengan perawatan medis konvensional.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa terapi bekam dapat mengurangi nyeri leher, nyeri punggung kronis, migrain dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

2. Penyakit kulit

Sebuah tinjauan 2012 menunjukkan bahwa terapi bekam mungkin penting dalam pengobatan kondisi kulit seperti jerawat, ruam kulit, urtikaria, dan herpes zoster.

3. Fibromyalgia

Terapi bekam bisa efektif dalam mengobati fibromyalgia, suatu kondisi yang ditandai dengan nyeri muskuloskeletal yang meluas dan kelelahan.

See also  Pintarlah Memilih Fintech Pinjaman Online yang Aman

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh terapi bekam pada gejala dan kualitas hidup pada pasien dengan fibromyalgia.

Setelah 18 hari bekam, pasien melaporkan pengurangan rasa sakit yang signifikan dan peningkatan kualitas hidup.

4. Sindrom terowongan karpal

Berdasarkan penelitian, terapi bekam efektif dalam mengurangi keparahan gejala bersamaan dengan terapi fisik.

5. Radang sendi

Penelitian telah menunjukkan bahwa terapi bekam dapat mengurangi peradangan dan nyeri lutut yang terkait dengan rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

6. Hipertensi

Terapi bekam dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bekam basah (bersama dengan proses mengeluarkan darah) dapat berhasil menurunkan tingkat tekanan darah pada pasien hipertensi.

Related posts