6 Makanan Enak Pembersih Usus Besar, Salah Satunya Yogurt

caramesin.com-Usus besar adalah bagian terakhir dari sistem pencernaan. Oleh karena itu, usus besar memainkan peran yang sangat penting.

Sebagai ujung dari saluran pencernaan, usus besar berfungsi untuk mengeluarkan sisa-sisa pencernaan.

Usus besar yang sehat secara alami membersihkan dirinya sendiri.

Namun, mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu membersihkan usus besar sehingga bekerja lebih baik. Selain itu, menurut National Cancer Institute, kanker usus besar di kalangan anak muda telah meningkat sejak tahun 1990-an.

Kanker usus besar akan menjadi penyebab utama kematian bagi orang berusia 20 hingga 49 tahun pada 2030, para peneliti memprediksi.

1. Sereal

Biji-bijian utuh yang diproses minimal seperti beras merah, oat, dan quinoa adalah makanan usus yang baik karena kaya akan serat.

Menurut laporan Harvard T Chan School of Public Health tahun 2017, makan tiga porsi biji-bijian sehari dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sebesar 17 persen.

 

Kacang-kacangan seperti buncis dan lentil juga mengandung serat.

Orang yang makan paling banyak serat dari sumber tanaman, seperti kacang-kacangan, 35 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan polip usus besar daripada mereka yang makan paling sedikit.

Kacang ini juga mengandung fitokimia yang dapat melindungi dari kanker, kata para peneliti.

3. biji chia

Hanya makan 2 sendok makan biji chia akan memberi Anda 10 gram serat, yang mencapai 40 persen dari kebutuhan harian Anda.

Serat menggerakkan tinja melalui usus besar Anda dan membawa bahan kimia beracun dan zat lain seperti kolesterol keluar dari sistem Anda.

Nutrisi dari serat juga dapat mempengaruhi usus besar pada tingkat sel untuk melindungi dari penyakit.

4. Yoghurt

Produk susu fermentasi seperti yogurt mengandung probiotik, atau bakteri sehat yang menyehatkan usus. Meminumnya secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

See also  Viral Shinzo Abe How the Murder of Former Japanese PM Could Be Revealed So Quickly

Jika Anda tidak bisa makan produk susu, cobalah pilihan makanan kaya probiotik ini.

5. Kenari

Kacang kenari tidak hanya menyediakan beberapa gram serat, tetapi juga mengandung asam lemak omega-3 dalam bentuk asam alfa-linolenat, yang membersihkan usus besar Anda.

Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa makan kenari menghasilkan lingkungan usus yang lebih sehat dan dapat mengurangi perkembangan tumor kanker usus besar.

6. sayuran hijau

Satu studi menemukan bahwa makan satu porsi sayuran hijau yang dimasak dapat mengurangi risiko kanker usus besar sebesar 24 persen.

Karena tidak selalu praktis untuk melacak serat dalam gram, cara yang lebih mudah adalah memastikan dua pertiga piring Anda berasal dari sumber tanaman kaya serat seperti brokoli, kembang kol, dan kangkung.

Related posts