Saham Danamon | Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Saham Danamon | Ini Kelebihan dan Kekurangannya
caramesin.com – Saham Danamon berkode BDMN mungkin merupakan fenomena yang paling dipertanyakan. Biayanya pernah mencapai hampir 10.000 dari tahun 2019. Namun saat ini berada pada biaya psikologis Rp. 2.450.

Jadi, bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi di saham Danamon, kami akan memberikan kelebihan dan kekurangan saham Bank Buku IV ini dibandingkan dengan yang lain berdasarkan subjektivitas kami sebagai pengecer.

Kelebihan Saham Danamon

Pertama, kelebihan saham Danamon adalah regulator fundamental, MUFG atau Mitsubishi UFJ Financial Group. Ini mungkin salah satu lembaga layanan keuangan terbesar di dunia dan memiliki 2.600 organisasi di seluruh dunia.

Ini, seperti yang ingin kami pikirkan, adalah kekuatan utama Bank Danamon. Sehingga memiliki kemitraan strategis di tingkat dunia yang memungkinkan partisipasi dengan perusahaan besar. Isu seperti pernikahan Grab bukan tidak mungkin dengan MUFG.

Manfaat kedua adalah bahwa segmentasi mendasar seperti yang ingin kami pikirkan adalah memberikan kredit kepada perusahaan besar. Dalam aspek ini, selalu muncul dalam berita seperti apa yang diselesaikan oleh Bank BCA. Bahkan pada tahun 2022, pinjaman yang telah disalurkan dan diterbitkan adalah sebagai berikut.

Buana Finance mendapat obligasi sebesar Rp500 miliar dari Bank Danamon (April 2022). Ini adalah berita terbaru sebelum tulisan ini dibuat.

Anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) menyetorkan kredit Rp 1 triliun dari Bank Danamon (Maret 2022). Angka ini tentu saja sangat besar untuk pinjaman korporasi. Serta berbagai pinjaman lainnya yang disalurkan oleh Bank Danamon untuk korporasi.

Manfaat ketiga adalah Bank Danamon memiliki saham mayoritas di Adira Finance, yang merupakan organisasi pendukung kendaraan utama di Indonesia. Kerja sama keduanya tentu menghasilkan keuntungan yang cukup menarik.

See also  New Link Babo Cartel De Santa Video Del Babo De Cartel De Santa Viral On Twitter

Berikutnya adalah pameran yang cukup menarik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terutama pada kuartal pertama. Dari kompas.com saham Danamon merupakan salah satu dari lima bank rahasia dengan keuntungan terbesar.

Bank Laba Bersih Q1 2022 Pertumbuhan YOY
BCA Rp8.06 T 14.5%
CIMB Niaga Rp1.2 T 21.3%
Danamon Rp884.2 M 64.2%
BTPN Rp875.07 M -19.24%
Permata Rp750.36 M 51.56%

Keunggulan saham Danamon berikut ini sebenarnya masih memiliki potensi kenaikan yang cukup emosional. Karena secara psikologis, saham Bank Danamon pernah menyentuh angka hampir Rp. 10.000, tetapi saat ini hanya Rp. 2.450. Artinya kemungkinan untuk Rp. 5.000 masih ada. Atau jika tidak ada yang lain menjadi Rp. 4.000.

Keunggulan saham Bank Danamon selanjutnya adalah valuasi biaya yang kontras dengan book esteem yang masih murah. PBV 0,52x. Sedangkan untuk saham perbankan biasanya mencapai PBV 1x lebih banyak. Inilah sisi paling menarik dari saham Danamon.

Kekurangan Saham Danamon

Namun, kami tidak menampik bahwa saham Danamon memiliki beberapa kekurangan yang juga penting. Pertama, ketidaksukaan MUFG terhadap akuisisi Danamon di mata investor.

Kami mengatakan itu karena ekstensinya sangat besar, mencapai 92,47%. Sedangkan share komunitasnya hanya 7,53%. Seolah MUFG ingin menambahkan 100 persen tapi karena persyaratan untuk organisasi publik, sebagian kecil yang tersisa.

Karena akuisisi ini, biayanya turun drastis di tahun 2019. Sekitar saat itu, dari Rp. 9.800 sampai Rp. 4.430, sebagian besar. Hal ini masih menjadi momok bagi investor. Meskipun di mata kita pribadi, ini cukup aneh.

Kedua, meskipun organisasinya cukup besar, ini adalah bank buku IV, tetapi dari segi ROE tidak menarik. Hanya di 3,4%. Hal inilah yang membuat Bank Danamon belum dilirik oleh investor. Kontras dan BNGA pada 9%. Apalagi BBCA berada di 15%.

See also  Resep Sate Bakpao Ini Bisa Jadi Ide Bekal Dan Sarapan Menarik

Kelemahan selanjutnya adalah Bank Danamon di mata nasabah retail kurang terkenal. Mungkin karena cabangnya tidak banyak, ditambah atmnya juga sangat sedikit.

Meski ini produktivitas, investor ritel tidak semudah memahami Bank Danamon dibandingkan dengan Bank Mega yang bekerja sama dengan Transmart, atau bank besar lainnya. Bahkan dari catatan Skydrug, perkembangan dana nasabah di Q1 2022 hanya 2%.

Akhirnya, dalam pengamatan pribadi kami, untuk alasan yang tidak diketahui, nilai saham Danamon tampaknya berada di antara 2.300-2.500. Tidak naik, tidak turun. Ada kabar eksekusi bagus, tidak naik juga. Mungkin ini adalah pertemuan besar. Tapi saya tidak punya ide yang kabur, dalam kerangka berpikir pasar modal itu tidak ada keyakinan.

Rekomendasi Saham Danamon

Apa yang kami sajikan di atas menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang mencari saham perbankan. Terutama investor jangka panjang. Seperti yang akan kita lihat, itu kurang menarik bagi bank dalam jangka pendek.

Silakan tambahkan pertimbangan pribadi agar lebih lengkap dan tajam. Kami telah membahas fundamental saham BDMN di sini. Jika Anda membutuhkan lebih banyak data luar dan dalam tentang Bank Danamon, kunjungi situs web otoritas di sini.

Related posts