Jemaah Haji Dikabarkan Tewas Akibat Terowongan Mina Matikan Lampu,

caramesin.com-Environment adalah video yang mengatakan banyak jemaah meninggal karena terowongan Mina kehilangan cahayanya.

Sebuah video yang menjadi viral di situs jejaring sosial Facebook menunjukkan pemandangan yang dipenuhi banyak mayat.

Video berdurasi 30 detik itu langsung terpampang berita bahwa beberapa jemaah haji meninggal dunia akibat padamnya aliran listrik di Terowongan Mina pada Minggu, 10 Juli 2022.

Dalam keterangan video tersebut, tertulis jenazah jemaah haji sudah kehilangan tenaga akibat tragedi terowongan Mina pada Minggu, 10 Juli 2022. Jenazah terlihat tergeletak di jalan yang ditutupi kain putih. “Innalillahi wainnailaihi rojiun..semoga husnul khotimah. Tragedi terowongan koin, lampu padam, banyak korban meninggal, mari kita doakan saudara-saudara kita untuk melanjutkan haji, yang hidup dan yang mati., Amin..!” Caption postingan Facebook.

Berdasarkan penelusuran Jabara Saber Hoaks yang dikutip Mind-Rakyat.com, video tersebut sangat mirip dengan yang diunggah ke akun YouTube pada 28 September 2015.

Pada satu titik, sebuah derek di dekat Masjid Agung jatuh menimpa jamaah, menewaskan 118 orang dan melukai 394 lainnya.

Terkait insiden pemadaman listrik terowongan Mina, sebenarnya terjadi di terowongan Mina hingga lantai tiga Jamarat. Peristiwa itu terjadi pada Minggu 10 Juli 2022 pukul 05:15 Waktu Arab Saudi (WS) hingga 06:10 WIB.

Namun, insiden tersebut tidak merenggut nyawa, sehingga laporan tersebut dibesar-besarkan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa video tersebut adalah palsu dan informasinya masuk dalam kategori konteks Palsu.

Klaim bahwa video tersebut menunjukkan beberapa peziarah bermain di sebuah terowongan di Mina Arab Saudi baru-baru ini dibantah. Faktanya ini adalah acara lama yang telah diunggah ulang dan diberi label yang salah.

See also  Cara Kerja Dan Fungsinya Bagian Mesin Bor, Komponen,

Related posts