Perbedaan TV Digital vs Video Streaming, Lengkap Penjelasannya

caramesin.com-Televisi digital tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. TV Digital adalah televisi yang mampu menerima sinyal digital dalam bentuk bit informasi yang sama yang diberikan saat streaming seperti YouTube.

Gambar yang diambil kemudian lebih tajam dan tidak ada lagi gangguan “semut” saat sinyal sulit ditangkap.

Penamaan digital bukan berarti siaran bisa mengakses internet seperti smart TV. Namun, televisi siaran digital ini menawarkan tingkat kecanggihan yang secara fungsional tidak tersedia di televisi siaran analog. Pemerintah telah mendistribusikan analog shutdown (ASO) tahap pertama dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (COMINFO).

Pada April 2022, 166 kabupaten/kota secara bertahap beralih dari televisi analog ke digital. Namun hingga saat ini, masih banyak orang yang mengaitkan televisi digital dengan layanan penyiaran video yang banyak digunakan saat ini. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda.

Menurut HiTekno.com dari laman Instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika @Kemenkominfo, Kamis (16/6/2022),

Perbedaan antara TV digital dan streaming video

Perbedaan paling mendasar antara TV digital dan streaming video terletak pada sistem berlangganan. Layanan streaming biasanya membebankan biaya berlangganan tertentu, tetapi TV digital tidak. Perbedaannya juga pada penggunaan internet yang dibutuhkan untuk mengakses layanan streaming.

TV digital tidak memerlukan akses internet apa pun dan menggunakan TV pintar yang terhubung ke internet. Siaran TV digital adalah siaran terestrial yang dilihat setiap hari pada frekuensi digital. Model TV lama masih dapat digunakan untuk merekam siaran TV digital saat tersambung ke dekoder.

Penerima dipasang untuk menghubungkan TV ke antena UHF. Penerima bertanggung jawab untuk mengubah siaran dari analog ke digital.

Siaran TV digital dengan kualitas gambar jernih, suara jernih dan tentunya gratis memanjakan penontonnya. Selain itu, terdapat fitur Early Warning System (EWS) yang memungkinkan masyarakat untuk segera menerima informasi tentang bencana alam seperti letusan gunung berapi, tsunami, gempa bumi, tanah longsor dan kebakaran hutan yang terjadi di sekitar lokasi. Fitur lain dari transmisi TV digital berupa sinyal transmisi yang stabil berkat teknologi DVB-T2 adalah TV digital yang ramah keluarga. Ini berarti pemirsa dapat membatasi acara berdasarkan usia melalui teknologi kontrol orang tua dan fitur Panduan Program Elektronik (EPG) yang dapat menampilkan kategori, jadwal, dan deskripsi acara.

See also  Spesifikasi Lengkap dan Harga Vivo Y20 2021 Terbaru

Ini adalah penjelasan singkat tentang perbedaan antara televisi digital dan streaming video. Anda tidak perlu lagi bertanya-tanya tentang perbedaan antara keduanya. Kami harap informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Related posts