Kekurangan dan Kelebihan Rem Cakram

caramesin.com-Ada banyak jenis rem yang digunakan pada mobil, salah satunya adalah jenis rem cakram. Ya, rem cakram memiliki banyak keunggulan dibandingkan tipe lainnya. Itu sebabnya rem cakar banyak digunakan di mobil-mobil terbaru.

Rem cakram atau disc brake merupakan salah satu sistem rem otomotif yang konsep kerjanya menggunakan komponen tambahan berupa rotor atau cakram yang dijepit oleh dua blok rem untuk memperlambat putaran roda.

Kelebihan rem cakram menjadikannya pilihan untuk digunakan di banyak kendaraan. Nah, kita tidak hanya akan membahas kelebihan rem cakar, tetapi juga kekurangannya dalam artikel ini.

Keuntungan dari rem cakram

Pertama, mari kita bahas manfaat rem cakram. Karena rem jenis ini lebih banyak digunakan di mobil, apa kelebihan rem cakram? Yuk, simak ulasan selanjutnya sampai habis ya?

Selamat membaca.

Tidak Menimbulkan Bunyi Saat Bekerja

Keunggulan rem cakram yang pertama adalah tidak ada bunyi yang dihasilkan selama sisitem pengereman. Hal ini dikarenakan piringan atau cakram bekerja dalam keadaan terbuka atau seluruh bagian dari piringan langsung bersinggungan dengan udara sehingga proses pendinginan atau proses pembuangan panas yang dihasilkan saat rem cakram bekerja menjadi lebih baik.

Jadi secara umum, bunyi yang terjadi saat proses pengereman biasanya ditimbulkan dari adanya brake pads yang mengeras. Dengan brake pads yang mengeras, maka bisa menimbulkan kualitas brake pads menjadi kurang baik dan hal ini juga bisa timbul akibat adanya faktor panas.

Pada saat brake pads terkena panas yang terlalu berlebihan secara terus menerus, maka kondisi brake pads akan menjadi mengeras dan ketika brake pads mengeras, maka teksturnya akan berubah menyerupai sebuah logam. Jika bentuknya metalik, rem mobil mengeluarkan bunyi.

See also  6 minuman yang wajib dikonsumsi saat Imlek, dipercaya membawa keberuntungan dan panjang umur.

Performa pengereman konstan bahkan di dalam air

Keunggulan lain dari rem cakram adalah performa pengereman tetap konstan meski terkena air. Air pada piringan dihilangkan oleh gaya sentrifugal dari piringan yang berputar.

Sehingga saat berjalan di genangan air dan air masuk ke tromol, rem bagus dan masih berfungsi dengan baik. Meski terkena air langsung, performa pengereman tidak berubah karena air pada cakram langsung terlempar keluar, akibat gaya sentrifugal putaran cakram.

Tentu hal ini juga yang menjadi pembeda dengan dari rem tromol. Dimana air yang masuk ke bagian tromol akan membuat sistem pengereman atau gaya pengereman menurun. Air yang masuk ke dalam tromol akan lebih sulit untuk keluar dan hal ini akan membuat sistem pengereman terganggu.

Meratanya Tekanan Pengereman di Semua Brake Pads

Kelebihan rem cakram yang selanjutnya adalah tidak ada bagian salah satu pad rem yang memiliki gaya yang lebih besar. Pada dasarnya, rem cakram tidak akan mengalami penambahan gaya pengereman dan hal ini akan membuat pengereman menjadi merata, sehingga tidak akan ada salah satu roda yang gaya pengeremannya lebih besar.

Kondisi ini membuat roda mobil tidak akan tertarik ke salah satu arah, baik itu kiri atau kanan pada saat proses pengereman. pada rem cakram tidak terdapat self energizing effect atau penambahan gaya pengereman. Oleh sebab itu tidak akan ada salah satu roda yang memliki gaya pengereman yang lebih besar.

Penggantian Pad Rem Lebih Mudah

Kelebihan rem cakram yang selanjutnya adalah penggantian pad rem lebih mudah. Hal ini disebabkan karena konstruksi dari rem cakram lebih sederhana dibandingkan dengan rem tromol sehingga penggantian pad rem menjadi lebih mudah. Untuk rem cakram, komponen yang digunakan untuk pengereman disebut kampas rem, sedangkan untuk rem tromol disebut kampas rem. Bahwa mengganti bantalan rem lebih mudah daripada mengganti bantalan rem.

See also  20 Daftar Lagu Pop Melayu Viral, Terpopuler 2022!!

Kekurangan rem cakram
Setelah membahas berbagai kelebihan rem cakar, mari kita lihat kekurangan rem ini. Berikut adalah beberapa kekurangan rem caliper yang harus Anda ketahui.

Kerugian pertama dari rem cakar adalah bahwa mereka membutuhkan komponen tambahan untuk meningkatkan kekuatan. Karena rem cakram membutuhkan daya henti yang lebih besar, komponen booster rem ditambahkan untuk memudahkan pengemudi melakukan pengereman.

Dengan komponen booster rem, dapat mengerem dengan tenaga yang besar. Pada dasarnya booster rem berguna untuk meningkatkan daya pengereman sehingga sangat memudahkan pengemudi untuk menekan pedal rem.

Pelek roda lebih mudah kotor

Kelemahan lain dari rem cakram adalah roda lebih mudah kotor. Hal ini disebabkan terbukanya rem cakram dan kondisi ini menimbulkan debu dari bantalan rem pada roda. Pengemudi baru dan pemilik mobil baru perlu membersihkan ban mereka secara teratur agar mobil tetap dingin.

Rem cakram tidak cukup kuat untuk menahan beban berat
Kerugian terakhir dari rem cakram adalah tidak cukup kuat untuk menahan beban. Bantalan rem memiliki luas permukaan yang terbatas dan dengan demikian media gesekan juga terbatas.

Kondisi ini membatasi kinerja pengereman. Dengan keterbatasan yang dialami, pengereman tidak bisa menahan beban beban yang besar. Rem cakram memerlukan gaya pengereman yang besar.

Apabila ingin menghasilkan pengereman yang lebih baik dan berkualitas. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa mobil dengan berat beban yang tinggi menggunakan disc brake dalam sistem pengeremannya.

Ya itulah kekurangan dan kelebihan rem cakram. Ya, tipe rem yang banyak digunakan pada kendaraan saat ini adalah tipe rem cakram. Penggunaan rem tipe cakram ini karena rem cakram memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan rem tipe tromol.

See also  Pemkot Mataram Siap Dukung Layanan Booster Di Ruang Publik

Related posts