7 Fungsi Dari Kaliper Pada Rem Cakram

caramesin.com-Saat ini banyak mobil yang menggunakan rem cakram. Nah, ternyata banyak rem cakram yang berfungsi. Salah satu bagian dari rem cakar disebut caliper. Kaliper rem cakram memiliki fungsi penting dalam penggunaan.

Komponen ini terkadang dianggap sepele dan tidak diketahui. Namun, fungsinya tidak bisa diremehkan. Karena caliper melakukan gerakan mekanis untuk menjepit kampas rem ke piringan cakram.

Kaliper juga sering disebut sebagai pendukung kampas rem dan piston rem. Kaliper rem beroperasi menggunakan tekanan hidrolik yang dihasilkan oleh perubahan tekanan dalam minyak rem yang masuk melalui selang atau kabel rem.

Ada dua jenis kaliper pada rem cakar. Apa jenis kaliper mengambang dan tetap. Kaliper penggerak adalah salah satu kaliper rem yang posisinya berada pada kaliper penyangga rem, dan kaliper jenis ini bergerak kemudian dan bergerak ke kiri atau ke kanan.

Dengan kaliper mengambang, piston rem hanya berada di satu sisi. Saat piston mobil bergerak untuk menekan kampas rem dari rem cakram, sisi lain mencengkeram kampas rem di sebelahnya.

Kaliper tetap adalah kaliper yang posisinya menyatu dengan kaliper rem dan mencegah kaliper dan bekerja melawan kampas rem, tepatnya piston rem.

Fungsi Kaliper Pada Rem Cakram

Setelah mengetahui jenis dari kaliper pada rem cakram, sekarang mari kita bahas mengenai apa sih fungsi kaliper pada rem cakram? Ada beberapa fungsi penting dari kaliper pada rem cakram.

Jadi sebagaimana sudah disebutkan, bahwa komponen ini memiliki peran penting dalam sistem pengereman menggunakan cakram. Kaliper ini memiliki fungsi utama untuk menjepit kampas dan piringan cakram. Akan tetapi sebenarnya ada banyak fungsi lain dari komponen yang satu ini.

See also  Buaya Terbesar Di Seluruh Dunia Yang Sangat Menyeramkan

Jadi, simak artikel ini sampai selesai ya mengenai fungsi dari kaliper pada rem cakram. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Mengendalikan Laju Kendaraan

Fungsi pertama dari kaliper pada rem cakram adalah sebagai pengendali utama laju kendaraan. Jadi, komponen ini sebagai pengatur utama untuk seberapa cepat laju kendaraan. Jadi, Anda harus selalu mengecek kondisi komponen ini agar selalu dalam keadaan aman sebelum digunakan, apalagi ketika ingin bepergian jauh.

Anda juga bisa melakukan pengecekan rutin meski tidak sedang bepergian jauh. Sebab, dengan fungsinya untuk mengendalikan laju kendaraan maka, komponen yang satu ini merupakan bagian paling vital dari mobil karena keamanan dan kenyamanan pengendara serta penumpang tergantung bagaimana kinerja caliper ini.

Jika komponen ini bisa bekerja dengan baik, maka perjalanan akan aman-aman saja. Nah, apabila komponen yang satu ini mengalami kerusakan, maka hal tersebut tentu akan mengganggu laju kendaraan Anda dan tentunya membahayakan pengendara.

Mengatur Proses Saat Akan Mengerem Kendaraan

Fungsi kaliper pada rem cakram yang selanjutnya adalah mengatur proses saat akan mengerem kendaraan. Nah, mengikuti namanya, yaitu kaliper, yang artinya bertanggung jawab untuk mengatur mobil saat berhenti.

Jadi Anda bisa berhenti di tempat yang tepat dan aman jika komponen tersebut dapat bekerja dengan baik. Bagian yang satu ini terletak di depan dan belakang mobil sehingga performanya bisa maksimal saat menghentikan mobil.

Ini juga berguna jika Anda mengemudi dengan kecepatan tinggi dan ingin mengurangi kecepatan Anda juga.

Kemampuan untuk memperpendek jarak pengereman

Fungsi lain kaliper rem pada rem cakram adalah untuk memperpendek jarak pengereman. Jika kita ingin mengerem mobil, biasanya kita harus berkendara jauh di depan, sekarang kita tidak harus melalui trimmer.

See also  Analisa Saham TPMA Yang Sangat Menarik Investor

Karena komponen tunggal ini membantu Anda memperpendek jarak pengereman dengan lebih mudah. Jadi tinggal menginjak pedal rem saat ingin berhenti di suatu tempat.

Maka mobil Anda akan otomatis berhenti di dekatnya dan tidak akan berbahaya. Sehingga dengan adanya kaliper rem ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih bagi pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

Untuk menekan Disk Disk

Fungsi lain dari kaliper rem cakram adalah untuk mengompres cakram rem. Karena kapiler juga terdapat pada cakram rem, maka ada bagian yang berfungsi untuk menekannya, yang disebut kampas rem.

Bagian ini bertanggung jawab untuk menekan rem cakram agar mobil benar-benar berhenti. Cara kerjanya adalah saat menginjak pedal rem, terjadi gesekan antara kain dengan cakram. Kampas rem menahan panas yang dihasilkan oleh cakram, kemudian dapat berputar dengan baik. Karena bobot yang ada di bagian ini, mobil Anda bisa langsung berhenti. Di sini ada baiknya memilih bahan kampas rem yang terbuat dari asbes, sinter, keramik atau semi logam.

Meningkatkan efisiensi rem
Fungsi kaliper pada rem cakram belakang adalah untuk membuat pengereman lebih efisien. Keadaan ini disebabkan oleh komponen lain yang mendukung apa yang disebut bantalan rem perekat.

Tugas komponen ini adalah untuk memperkuat perangkat keras mobil Anda. Di sini, jika ingin mengerem, komponen yang satu ini akan menimbulkan pantulan dan kebisingan. Dari sana Anda bisa mengerem lebih cepat dan lebih efisien.

Mengurangi kecepatan roda kendaraan

Fungsi lain dari kaliper rem cakram adalah untuk mengurangi kecepatan roda mobil. Sehingga saat terjadi proses pengereman, komponen ini bekerja sama dengan beberapa komponen rem lainnya untuk mengurangi kecepatan mobil Anda menjauhi roda.

See also  Daftar Lengkap Mobil di atas 1.400 CC yang Tak Boleh Mengisi Pertalite, Avanza Stargazer

Transmisi gaya dorong ke cakram rem

Fungsi utama kaliper rem pada rem cakram adalah untuk mentransfer daya dorong ke cakram rem. Kaliper rem juga berfungsi untuk menyalurkan gaya dorong ke cakram. Pada bagian ini juga terdapat sebuah piston yang akan membantu menyalurkan gaya dorong agar sampai ke piringan cakram.

Dari situlah mobil Anda langsung mengerem secara perlahan saat pengemudi menginjak rem. Seal piston ini berbentuk tabung. Selain bertugas untuk menyokong menunda laju roda kendaraan, seal piston juga bakal menopang menyusutkan insiden kebocoran minyak rem. Minyak rem ini juga mengalir saat Anda ingin menghentikan mobil. Minyak rem mengalir keluar melalui semacam proses hidrolik saat Anda menekan pedal. Oleh karena itu, seal piston langsung bereaksi dengan menghalangi minyak rem agar tidak keluar terlalu banyak.

Ya, itulah fungsi dari salah satu rem cakram yaitu kaliper. Kaliper rem cakar menunjukkan bagaimana dunia otomotif telah berkembang dalam mobil. Karena dengan kaliper rem cakram performa pengereman lebih cepat bukan?

Pastikan kaliper rem pada kaliper rem mobil anda dalam kondisi baik.

Related posts