Inilah Beberapa Pilihan Masker untuk Komedo

caramesin.com-Inilah Beberapa Pilihan Masker untuk Komedo Ada banyak pilihan masker komedo yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Masker ini terbuat dari bahan-bahan alami yang dipercaya dapat membantu mengangkat wajah yang keras.

Komedo disertai dengan jerawat ringan, yang umum terjadi pada semua orang, tetapi lebih sering terjadi pada orang dengan kulit berminyak. Komedo terbentuk karena pori-pori wajah tersumbat oleh sel kulit mati, sehingga sebum tidak bisa keluar.

Pilih topeng dititik -titik hitam

Munculnya komedo di wajah dapat mengganggu penampilan, sehingga banyak orang yang tidak menyukai keberadaan komedo di wajahnya. Oleh karena itu, kami menghapus teman sekamar di wajah dengan topeng titik hitam berikut:

1.Masker arang

Salah satu pilihan paling populer untuk masker dengan titik-titik hitam adalah masker arang. Masker ini terbuat dari bahan arang dengan daya serap tinggi, sehingga mampu menyerap kotoran dari teman sekamar. Mengoleskan masker arang seminggu sekali dianggap dapat mengatasi munculnya komedo yang mengganggu penampilan.

Meski masker arang bisa membantu menghilangkan komedo di wajah, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya, terutama saat proses pengelupasan. Ini karena pengelupasan masker arang sering menyebabkan rasa sakit dan iritasi kulit.

Untuk mencegahnya, disarankan untuk membasahi wajah masker dengan sedikit air untuk menghilangkannya dan membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan.

2. Masker tanah liat

Masker tanah liat serta masker tanah liat juga dianggap sebagai salah satu pilihan untuk topeng titik hitam. Masker ini dapat menghilangkan kelebihan lemak dan kotoran di pori-pori wajah, sehingga mengurangi komedo. Selain itu, masker tanah liat dengan kandungan belerang tambahan dianggap dapat mengangkat sel kulit mati yang juga menyebabkan terbentuknya komedo di wajah. Untuk merasakan manfaat masker tanah liat, sebaiknya gunakan masker ini seminggu sekali.

See also  Ratusan Mahasiswa Bandung Terinfeksi HIV, Rizwan Kamel Ungkap Kebenarannya

3.Masker untuk pohon teh (tree tea oil)

Pilihan masker untuk titik hitam lainnya adalah masker minyak pohon teh (tree tee oil). Masker ini konon bisa mengatasi masalah komedo keras dengan cara mengurangi produksi sebum berlebih yang menjadi salah satu penyebab terbentuknya komedo. Untuk menggunakan minyak pohon teh sebagai masker pada komedo, cukup campurkan 1-2 tetes minyak pohon teh dengan 12 tetes minyak pembawa seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Kemudian oleskan secara merata pada wajah dan cuci bersih setelah digunakan.

Menerapkan masker minyak pohon teh ke wajah cenderung menyebabkan alergi dan iritasi kulit. Oleh karena itu, disarankan untuk mengoleskan sedikit minyak pohon teh ke kulit sebelum menggunakannya dalam jumlah banyak. Jika reaksi alergi tidak terjadi, Anda dapat terus meminumnya.

4. Masker lemon

Karena komedo disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori sel kulit mati dan sebum berlebih, salah satu cara untuk mengatasi dan mengurangi komedo adalah dengan pengelupasan kulit, atau mengangkat sel kulit mati, yaitu kulit di ujung kulit.

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk pengelupasan kulit. Lemon juga mudah digunakan sebagai masker. Cukup campur jus lemon dan air dengan gula secukupnya. Setelah membuat pasta, oleskan secara merata pada kulit lalu pijat wajah dengan lembut dengan gerakan memutar untuk menghilangkan komedo yang keras.

Selain mengatasi komedo, penggunaan produk kulit lemon juga dapat meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini karena lemon memiliki tingkat antioksidan yang tinggi.

Selain bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa menggunakan masker langsung yang banyak dijual di pasaran. Ada banyak masker yang terbuat dari bahan alami dan mampu mengatasi komedo idiosinkratik. Namun, perhatikan dulu label pada sampul masker dan pastikan masker yang Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika iritasi atau reaksi alergi terjadi setelah penggunaan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

See also  Mau Wajah Cantik Tanpa Perlu Banyak Makeup? Coba Tips dari Artis Kpop Hyuna

Tips mencegah komedo

Cara terbaik untuk mengatasi komedo adalah dengan mencegah komedo sejak awal. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan melakukan perawatan sederhana berikut ini.

1. Cuci muka secara teratur

Kebiasaan mencuci muka secara teratur saat bangun tidur dan menjelang tidur dapat mengurangi penumpukan sebum di wajah. Artinya kebiasaan ini bisa membantu mencegah munculnya komedo.

2. Cuci rambut Anda secara teratur

Bagi Anda yang memiliki kulit kepala berminyak, mencuci rambut setiap hari juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah komedo. Ini karena minyak di kulit kepala dan rambut juga dapat meningkatkan kadar sebum dan menyebabkan penyumbatan pori-pori.

3. Menggunakan produk non-comedogenic

Dalam memilih produk kecantikan seperti make-up, losion, dan tabir surya, pilih produk yang berlabel non-comedogenic dan hindari produk yang mengandung minyak. Produk kecantikan yang mengandung minyak dapat memicu pembentukan komedo baru.

4. Melakukan scrubbing secara rutin

Cara lain yang tak kalah penting untuk mencegah pembentukan komedo di wajah adalah dengan melakukan scrubbing wajah secara rutin, misalnya 2 kali seminggu. Dengan melakukan scrubbing secara rutin, sel-sel kulit mati di wajah bisa terangkat, sehingga mengurangi penyumbatan pori dan pembentukan komedo.

Namun, jangan terlalu sering melakukan scrubbing karena bisa menimbulkan iritasi dan luka-luka kecil di wajah. Untuk menenangkan kulit setelah scrubbing, jangan lupa oleskan pelembap pada wajah.

Pilihan masker untuk komedo ada bermacam-macam. Walaupun terbuat dari bahan yang alami, Anda tetap harus berhati-hati karena ini tidak menutup kemungkinan terjadinya iritasi dan alergi pada kulit. Jika selama ini Anda selalu menggunakan masker namun belum juga mengatasi masalah komedo, Anda bisa berkonsultasi ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat topikal yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan resorsinol.

See also  5 Manfaat Permen Karet yang Sayang Dilewatkan

Selain perawatan topikal, dokter juga dapat merekomendasikan perawatan kulit seperti mikrodermabrasi, pengelupasan wajah atau terapi laser untuk mengobati komedo keras di wajah

Related posts