Prospek Teknik Mesin – Sektor Masa Depan, Gaji Serta Pekerjaan Alternatif

Dengan munculnya revolusi industri 4.0, digitalisasi dengan cepat mengubah banyak aspek pada sektor teknik mesin. Mulai dari integrasi dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan pembelajaran mesin (Machine Learning) hingga data besar (big data) yang mengubah metode para engineer dalam mengembangkan dan merancang sesuatu baru.

Perkembangan teknologi juga menciptakan peluang bagi para insinyur mesin untuk merancang produk serta menyesuaikannya dengan permintaan pelanggan yang terus berubah dari masa ke masa.

Sektor Masa Depan Insinyur Mesin

Dilansir dari tipkerja.com, insinyur sebelumnya perlu mengembangkan prototipe beberapa kali sebelum memfinalisasi sebuah rancangan baru. Karena semakin banyaknya data yang tersedia, para insinyur mesin dapat mempercepat proses desain dan membuat evaluasi yang akurat. Berikut beberapa perkembangan yang harus diperhatikan oleh para insinyur teknik mesin:

1. Internet of Things (IoT)

IoT
Internet of Things

Salah satu perubahan paling signifikan dalam perkembangan ilmu teknik mesin adalah bagaimana sebuah produk dikembangkan, pembuatan prototipe, hingga pada proses produksinya. Terjadi pergeseran dimana yang sebelumnya mengandalkan sistem mekanis menjadi lebih banyak menggunakan perangkat lunak dan alat berbasis data, terutama pada tahap desain.

Banyak iterasi produk yang dilakukan melalui simulasi berbasis komputer. Hal ini bertujuan untuk memastikan tingkat efisiensi dan akurasi menggunakan data lapangan. Di masa mendatang, insinyur mungkin akan melihat lebih banyak perangkat cerdas berbasis IoT yang dapat berkomunikasi dengan produsen peralatan asli (OEM). Alhasil, insinyur dapat dengan mudah mengidentifikasi, memecahkan masalah serta melakukan perbaikan dengan kemampuan IoT.

Menurut penelitian, jumlah perangkat IoT akan meningkat menjadi 75 miliar pada tahun 2025. Ini berarti insinyur harus bersiap untuk era baru, dimana simulasi dan desain terintegrasiakan menjadi hal penting.

2. Munculnya kendaraan listrik

mobil listrik
Ilustrasi mobil listrik

Munculnya mobil listrik (Electric Vehicles) di permukaan membawa dampak besar pada sektor mesin. Salah satu perubahan terbesar adalah berubahnya sumber tenaga kendaraan yaitu dari mesin pembakaran ke sistem tenaga berbasis baterai,yang jauh lebih bersih dan ramah lingkungan.

See also  Sudah Punya Asuransi Mobil dan Kesehatan? Baca Ini Kalau Belum!

Namun satu hal yang perlu diperhatikan yaitu pekerjaan untuk insinyur mesin sebetulnya tidak terlalu berdampak. Meskipun kendaraan listrik lebih menguntungkan lulusan sarjana elektrik, namun sebagian besar insinyur mesin di sektor otomotif tidak merancang mesin secara langsung. Bahkan proporsi pekerjaan terbesar di sektor otomotif meliputi sasis, rangka dan bodi, tempat duduk, kantung udara, ventilasi, kluster instrumen, sistem pendingin, dll.

Seiring pertumbuhan pasar mobil listrik, insinyur mesin akan menerima lebih banyak permintaan untuk melakukan simulasi seperti pergerakan udara dan panas di sekitar mobil, dampak material dan geometri terhadap beban, keausan material, dan lain sebagainya. Intinya, munculnya kendaraan listrik bukanlah kabar buruk bagi para insinyur mesin.

3. Permintaan energi terbarukan

Di waktu mendatang, orang orang akan cenderung lebih memilih teknologi dengan energi terbarukan. Karena itu, penelitian terhadapat pemanfaatan energi matahari dan angin akan terus menerus dilakukan. Karena hal ini, masa depan insinyur teknik mesin akan sangat cerah pada sektor riset pengembangan sel surya dan wafer semikonduktor.

Kebutuhan akan teknologi ramah lingkungan menciptakan peluang bagi para lulusan teknik mesin untuk memberi solusi terbaik.

4. Rekayasa skala nano

Nanoteknologi mengacu pada manipulasi bahan pada skala terkecil. Teknologi nano saat ini sangat berkembang pesat dan menawarkan banyak peluang bagi insinyur mesin.

Di wktu mendatang, insinyur mesin diharapkan menjadi ujung tombak dalam menggunakan nanoteknologi untuk:

  • membuat material komposit yang lebih kuat
  • mengembangkan sistem penyimpanan energi terbarukan yang unggul
  • membiuat perangkat biomedis canggih
  • biomekatronik

Peran insinyur mesin dalam robotika menjadi semakin penting dengan berkembangnya biomekatronik yang berupaya menggabungkan tubuh manusia dan mesin. Bidang ini melibatkan desain dan pengujian arsitektur perangkat yang kompleks karena mengikuti struktur muskuloskeletal tubuh.

Insinyur mesin juga akan terlibat dalam merancang sensor mekanis, pengontrol, dan aktuator untuk perangkat biomedis. Selain bidang medis, penelitian juga sedang dilakukan untuk menggunakan biomekatronik dalam industri militer.

See also  Begini Cara Daftar Bitcoin Dengan Mudah Dan Aman

5. Manufaktur

Manufaktur adalah bidang yang terus berkembang. Adanya keinginan untuk meningkatkan efisiensi produksi sekaligus meminimalkan biaya pengoperasian telah memicu permintaan akan teknologi baru dan inovatif.

Otomasi dan robotika (bidang di mana insinyur mesin memgang peranan penting) menjadi pilar dalam membantu industri manufaktur memenuhi permintaan konsumen dan memaksimalkan keuntungan.

Namun, menurut HuffPost, terlepas dari pertumbuhan eksponensial industri manufaktur, banyak pabrikan di Amerika kesulitan mengisi posisi kosong untuk pekerja, termasuk insinyur. Oleh karena itu, industri ini matang dengan peluang bagi para profesional dengan gelar teknik mesin.

Berapa Gaji Fresh Graduate Teknik Mesin?

gaji teknik mesin
Berapa gaji lulusan teknik mesin?

Seorang lulusan teknik mesin fresh graduate biasanya d4 sampai s1 digaji sekitar 3 – 6 juta perbulan. Gaji tersebut idealnya di atas upah minimal regional (UMR).

Ada juga yang mengatakan jika yang menentukan gaji lulusan teknik mesin ialah karir dan jenis pekerjaannya. Contoh paling konkrit ialah ketika membandingkan seorang insinyur yang bekerja di perusahaan perminyakan dengan perusahaan otomotif. Tentu sudah jelas jika sektor perminyakan menawarkan gaji yang lebih. Tentu dengan asumsi insinyur tersebut masih fresh graduate.

FAQ Seputar Lulusan Teknik Mesin

  • Apa pekerjaan seorang insinyur teknik mesin? Insinyur mekanik teknik mesin bisa merancang, mengembangkan, membangun, dan menguji perangkat mekanis dan termal
  • Lingkungan kerja teknik mesin dimana? Insinyur mesin umumnya bekerja di kantoran. Namun, mereka kadang-kadang juga mengunjungi tempat kerja untuk memberikan perhatian khusus pada isu yang dihadapi. Insinyur mesin sebagian besar bekerja di layanan teknik, penelitian dan pengembangan, serta manufaktur
  • Bagaimana cara menjadi insinyur mekanik? Insinyur teknik mesin biasanya membutuhkan gelar sarjana di bidang teknik mesin atau teknologi teknik mesin
  • Prospek pekerjaannya bagaimana? Pekerjaan insinyur teknik mesin diproyeksikan tumbuh 7% dari tahun 2020 hingga 2030

Pekerjaan Alternatif Lulusan Teknik Mesin

pekerjaan alternatif teknik mesin
Pilihan bagi lulusan teknik mesin

Berikut adalah daftar karir yang biasanya ditempuh oleh seorang insinyur, baik yang baru lulus atau pun yang sudah profesional:

1. Dosen

Menjadi dosen akan menjadi kebanggaan tersendiri. Sayangnya, dosen saat ini setidaknya harus selesai s2 atau master. Bahkan di kampusku, 90% semua dosen memiliki latar pendidikan doctor of philosophy alias s3. Jangan salah loh, gajinya juga bukan kaleng kaleng. Yang pasti, semakin tinggi gelar, semakin bagus bayarannya.

See also  BeauPicks: Rekomendasi Bedak Tabur dengan Sensasi Ringan dan Hasil Tetap Flawless

2. Desainer

Salah satu teman instagramku sangat passion dengan desain. Hampir semua software CAD dikuasainya, terutama SolidWork. Bukan hanya itu, simulasi dan analisa pun bisa dikerjakan. Buat kalian yang suka untuk merancang sesuatu, sebaiknya pertimbangkan pilihan job ini.

3. Ahli Otomotif

Kalian bisa bekerja di perusahaan terkenal atau pun membuka usaha sendiri untuk bisa menjadi ahli di bidang otomotif. Meski sangat identik dengan mesin, otomotif dalam ranah engineering lebih kepada analisis ketimbang hal teknisnya. Itu karena semua kegiatan seperti perbaikan dilakukan oleh teknisi, bukan engineer.

4. Konsultan

Pekerjaan ini sangat pas buat kalian yang jago teori dan sudah punya segudang pengalaman. Biasanya, saat perusahaan hendak mengerjakan projek tertentu atau sedang melakukan investigasi terkait maintenance, mereka akan coba berkonsultasi dengan ahlinya.

5. Karyawan pertambangan dan perminyakan

Baik di pertambangan maupun perminyakan, semuanya memerlukan mesin untuk bisa beroperasi. Mesin mesin ini tidak akan berjalan selamanya, terkadang harus diperbaiki atau menjalani proses maintenance. Nah, peranan seorang insinyur mesin akan sangat diperlukan.

6. Pengusaha

Banyak loh lulusan teknik mesin yang jadi pengusaha. Mereka bahkan lebih kaya daripada mereka yang kerja di perusahaan pertambangan dan perminyakan. Salah satunya ialah Arif Setiawan Kiming, doktor s3 teknik mesin termuda yang memegar rekor Muri sampai saat artikel ini ditulis. Yup, beliau ini punya perusahaan multinasional di Jepang, dan kekayaannya bukan main.

7. Instansi Pemerintahan

Buat kalian yang mau jadi idaman calon mertua, coba pertimbangkan untuk melamar PNS. Selain itu, melamar ke perusahaan BUMN juga bisa menjadi opsi.

Related posts