2 Contoh Jadwal Preventive Maintenance yang Bisa Kamu Terapkan

Preventive maintenance adalah perawatan rutin dari sebuah alat atau aset guna mencegah terjadinya kerusakan tak terduga dan untuk memelihara agar alat tersebut tetap berfungsi dan tahan lama. Preventive maintenance biasanya dilakukan dengan terjadwal dan terstruktur. Ada berbagai contoh jadwal preventive maintenance yang bisa kamu jadikan berbagai preferensi yang akan dijabarkan nanti.

 

Read More
Preventive Maintenance
Ilustrasi teknisi yang sedang melakukan perawatan mesin

Preventive maintenance sangat penting diterapkan dalam dunia mesin. Karena mesin akan mengalami penurunan performa jika digunakan terus menerus. Oleh karena itu, mesin membutuhkan perawatan secara sistematis dengan memperhatikan hal teknis dan ekonomisnya. Semua itu bertujuan agar pemeliharaan bisa terlaksana dengan maksimal dan biaya yang dikeluarkan bisa ditekan.

Contoh Jadwal Preventive Maintenance

Agar preventive maintenance berjalan dengan baik, dibutuhkan jadwal dengan pertimbangan yang presisi. Berikut ini adalah contoh jadwal preventive maintenance yang bisa kamu terapkan.

1. Contoh spesifik dengan strukturisasi yang tepat

Juan Ernesto Rodrigues, insinyur equipment reliability di perusahaan Boeing menyarankan salah satu contoh jadwal preventive maintenance dengan template seperti berikut.

Contoh jadwal preventive maintenance
Contoh jadwal preventive maintenance

Berikut adalah kelebihan dari templat ini:

  • Tervisualisasi dengan jelas. Para teknisi dapat melihat dengan jelas apa dan di mana masalahnya. Sehingga tidak perlu repot-repot mencari
  • Strukturisasi yang sangat rapi. Dengan contoh dan template yang terstruktur, maka hasil yang dikerjakan para teknisi bisa optimal dan presisi. Strukturisasi yang baik juga dapat menekan biaya perawatan
  • Sangat spesifik. Bisa dilihat pada templat di atas terdapat kolom “standart”, “specification”, “tools/material”. Semua itu bertujuan agar jadwal preventive maintenance kita menjadi lebih spesifik
  • Terencana dengan baik. Templat jenis ini membutuhkan perencanaan yang benar-benar matang, sehingga pertimbangan dan langkah-langkah kritis akan menjadi prioritas. Memang terkadang kita tidak mempunyai sumber daya yang cukup untuk melakukan sesuatu. Namun, bekerja sesuai rencana adalah hal yang terpenting
See also  Perlindungan anak di Jawa Barat mendapat rapor merah, KMPPA minta pemerintah serius

2. Contoh yang lebih simpel, tapi kurang efektif

Contoh jadwal preventive maintenance jenis ini biasanya digunakan oleh berbagai perusahaan manufaktur dalam menjual produknya kepada pelangannya. Templat ini jauh lebih simpel karena hanya bersifat confirm and check. Berikut adalah contohnya.

contoh jadwal preventive maintenance 2
Contoh jadwal preventive maintenance 2

Template ini hanya digunakan sebagai panduan saja. Kelebihan dari templat ini adalah tampilannya yang lebih simpel sehingga memudahkan para pelanggan untuk merawatnya. Templat jenis ini biasanya disukai oleh pelanggan yang tidak ingin repot dalam merawat barangnya.

Baca juga: 5 Cara Membuat Jadwal Preventive Maintenance Sesuai Standar

Nah itulah 2 contoh jadwal preventive maintenance yang bisa kamu terapkan. Namun sebelum itu, kamu harus tahu terlebih dulu contoh jadwal mana yang cocok untuk alat yang akan melewati proses maintenance. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Related posts