Cara Menghilangkan Ngantuk dan Lelah di Tempat Kerja

caramesin.com-Cara Menghilangkan Ngantuk dan Lelah di Tempat Kerja Ada banyak cara untuk kehilangan waktu tidur dan mengatasi kelelahan. Penting untuk diketahui untuk mempertahankan pendekatan profesional dan mengoptimalkan produktivitas Anda.

Menghilangkan rasa kantuk dan lelah di tempat kerja yang sangat Anda butuhkan tidak dapat mencegah pola aktivitas yang Anda jalani untuk dan selama bekerja. Hal ini karena kebiasaan tertentu telah terbukti efektif dalam mengurangi timbulnya rasa kantuk dan kelelahan.

Cara menghilangkan tidur dan kelelahan

Tidur yang cukup pada malam hari, mengawali hari dengan sarapan pagi dan minum air putih yang cukup dapat membantu mengurangi timbulnya rasa kantuk dan kelelahan dalam bekerja. Jika sudah terlanjur masuk, tapi masih ada keluhan susah tidur dan lelah, ada banyak cara untuk mengatasinya. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

1. Tetap aktif di tempat kerja

Sesi yang lama dapat menyebabkan kantuk dan kelelahan. Jadi di sisi pekerjaan, kami menyarankan Anda berjalan-jalan sebentar atau pergi ke toilet, mengangkat telepon atau mengunjungi kantor rekan kerja dan mendiskusikan pekerjaan bersama.

Dengan melakukan jenis aktivitas ini hanya dalam lima menit, Anda bisa bangun satu jam kemudian. Jadi bangunlah dari mejamu sebentar, oke?

2. Jangan terus-menerus fokus pada layar komputer

Mata yang lelah dan pikiran yang menyempit akibat terus-menerus menatap layar komputer dapat membuat Anda lelah dan tertidur, atau bahkan membuat Anda pusing. Jadi, dari waktu ke waktu, alihkan mata dan perhatian Anda dari layar komputer ke hal lain untuk merilekskan mata dan menyegarkan pikiran.

3. Mengatur pernapasan

Rasa kantuk bisa hilang jika kadar oksigen di otak cukup tinggi. Jadi jika Anda merasa mengantuk, cobalah menjadwal ulang. Caranya adalah dengan bernapas dalam-dalam melalui perut, lalu tahan beberapa saat dan bernapas melalui mulut. Lakukan ini hingga 10 kali.

See also  Jika Suasana Hati Sedang Buruk? Coba Atasi dengan Makanan Ini

4. Minum banyak air

Dehidrasi dapat menyebabkan kantuk dan kelelahan. Jadi pastikan Anda minum cukup air, minimal 1 gelas besar per jam.

5. Minum minuman berkafein

Salah satu cara populer untuk menghilangkan kantuk dan kelelahan di tempat kerja adalah dengan minum minuman berkafein seperti kopi. Kafein sebenarnya bisa mengurangi rasa kantuk, namun dianjurkan untuk minum hanya satu cangkir kopi. Minum kopi dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat meningkatkan kelelahan. Jadi jika Anda ingin minum kopi, pastikan kebutuhan air Anda tetap terpenuhi. Hindari juga minum kopi di sore hari agar Anda tidak kesulitan tidur di malam hari.

6. Makan dan jajan sehat

Gula darah yang rendah dapat menyebabkan kelelahan pada tubuh. Dalam hal ini, makanan ringan dapat membantu dalam meningkatkan energi dan mengurangi rasa kantuk dan kelelahan.

Camilan sehat yang dapat meremajakan tubuh antara lain:

Biskuit dengan gandum utuh
Gila
Potong buah-buahan seperti semangka, melon, jeruk

7. Mendengarkan musik

Cara lain untuk menghilangkan kantuk dan kelelahan adalah dengan mendengarkan musik dengan headphone. Musik berirama yang kuat, seperti musik rock dan pop, dapat memberi Anda lebih banyak energi dan melupakan rasa kantuk dan lelah.

8. Tidur siang sejenak

Jika dengkuran tidak tertahankan, istirahatlah selama 10-20 menit. Jika cara ini tidak berhasil atau Anda tidak bisa tidur, pejamkan mata sambil berbaring di depan meja selama 10 menit tanpa henti agar Anda bisa kembali segar.

Teknik-teknik di atas dapat menghilangkan rasa kantuk dan kelelahan. Tetapi juga ingat bahwa tidur yang cukup setiap hari sangat penting. Jadi pastikan Anda cukup tidur di malam hari dan hindari kebiasaan begadang agar tubuh tetap bugar keesokan harinya. Munculnya pusing terus-menerus juga bisa menjadi gejala penyakit tertentu. Jika tidur Anda cukup nyenyak di malam hari dan cara-cara di atas tidak mengurangi rasa kantuk dan lelah yang Anda rasakan saat bekerja, coba konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab masalah Anda.

Related posts