Cara Menghilangkan Kantong Mata dan Lingkaran Hitam

caramesin.com-Cara Menghilangkan Kantong Mata dan Lingkaran Hitam Ada banyak cara menghilangkan kantung dan lingkaran hitam di bawah mata yang bisa Anda coba, terutama bagi Anda yang terus menerus lelah atau kurang tidur. Meski tidak berbahaya, alis dan lingkaran hitam di sekitar mata bisa terlihat jelek.

Kantung mata dan lingkaran hitam di area mata, juga dikenal sebagai mata panda, dapat terlihat seiring bertambahnya usia. Hal ini karena penuaan dapat mengurangi jumlah kolagen pada kulit di sekitar mata, yang membuat kelopak mata terlihat lebih kering.

Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman ketika ada kantong di bawah mata yang disertai dengan lingkaran hitam. Apalagi jika keluhan tersebut berujung pada peradangan ringan pada mata.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab kantung mata bawah yang Anda alami.

Beberapa alasan munculnya cumi-cumi dan lingkaran hitam di sekitarnya

Selain beruban, munculnya kantung mata dan lingkaran hitam di sekitar mata juga bisa disebabkan oleh hal-hal berikut:

Minoritas dan kurang tidur
Peningkatan jumlah melanin pada kulit di sekitar mata, misalnya karena paparan sinar matahari yang berlebihan
Peradangan atau hiperpigmentasi
Penumpukan cairan di sekitar mata, misalnya karena perubahan hormonal atau penggunaan garam yang berlebihan
Penipuan

Cara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata

Kantong di bawah mata dan lingkaran hitam di sekitar mata pada dasarnya dapat dihilangkan dengan langkah-langkah perawatan sederhana berikut:

1. Gunakan kompres dingin

Kompres mata dikenal efektif mengurangi bengkak dan menutupi lingkaran hitam di bawah mata. Anda bisa memeras mata dengan kain bersih yang dibasahi air dingin atau dibungkus es. Kompres mata selama 10–15 menit.

See also  How to Find a Reputable Essay Writer

Selain dengan air dingin atau es, Anda juga bisa mengompres mata dengan kantong teh hijau basah, potongan mentimun, atau masker gel khusus mata.

2. Perbaiki pola tidur

Kantong mata dan mata panda dapat muncul jika Anda kurang tidur atau kelelahan. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mencukupi waktu tidur selama 7–9 jam setiap malamnya. Posisi tidur tertentu juga bisa mengatasi alis yang Anda alami. Cobalah tidur dengan kepala agak tinggi. Anda bisa menggunakan bantal tambahan untuk menopang kepala. Cara ini dikenal dapat mencegah cairan menumpuk di sekitar mata saat Anda tidur.

3. Hindari minuman beralkohol dan berkafein
Minuman beralkohol dan berkafein diketahui dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantong mata

serta lingkaran hitam di sekitarnya tampak lebih jelas. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein agar kantong mata bisa cepat hilang.

4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga dapat mencegah terbentuknya kantong mata. Selain itu, agar terhindar dari retensi cairan, Anda dapat mengurangi asupan makanan olahan yang mengandung banyak garam.

5. Menjaga asupan kalium dalam tubuh

Kepatuhan terhadap asupan kalium juga dapat mengurangi risiko pembentukan kantung mata. Ada banyak sumber makanan yang mengandung potasium, di antaranya pisang, kacang-kacangan, yogurt, dan sayuran hijau.

6. Gunakan krim mata khusus

Krim mata chamomile, mentimun atau arnica juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan memperkuat kulit. Selain itu, krim mata yang mengandung vitamin C, vitamin K atau vitamin E juga bisa menghilangkan kantung mata.

7. Gunakan tabir surya

Hindari sinar matahari dan gunakan tabir surya dengan SPF 30 setiap hari.Menggunakan concealer yang lebih terang dari kulit Anda juga dapat membantu menutupi lingkaran hitam di bawah mata Anda.

See also  Hubungan Terlarang Menjadi Motif Ferdy Sambo Habisi Brigadir J,

Disarankan untuk menggunakan concealer dengan SPF 15 atau lebih tinggi. Jika kulit Anda berminyak atau rentan terhadap jerawat, gunakan concealer bebas minyak.

Perawatan lain berdasarkan penyebab kantung mata

Selain cara-cara sederhana yang tertera di atas, Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter jika kantung mata yang Anda rasakan sangat mengganggu atau tidak kunjung hilang.

Dokter mungkin meresepkan perawatan berikut untuk menutupi atau menghilangkan kantung mata:

Menyembuhkan alergi

Jika terjadinya kantung mata dan lingkaran hitam disebabkan oleh alergi, Anda dapat mencegah alergen tersebut dan minum obat alergi. Dokter sering meresepkan antihistamin untuk meringankan gejala alergi yang muncul.

Krim pemutih

Penggunaan krim pemutih bisa menjadi solusi jika kantung mata dan lingkaran hitam disebabkan oleh hiperpigmentasi atau peningkatan kadar melanin (pigmen alami kulit). Dokter biasanya akan meresepkan krim yang mengandung zat pencerah kulit seperti retinoid atau retinol, hidrokuinon, asam kojic, teh hijau, vitamin C atau ekstrak kedelai.

Dermal filler

Kantung mata yang disebabkan oleh penuaan dan melemahnya jaringan kulit dapat diobati dengan pengisi kulit. Namun, hanya dokter kulit atau ahli kecantikan yang bisa menghilangkan kantung mata.

Terapi laser

Dokter juga dapat melakukan terapi laser di sekitar mata untuk menghilangkan alis dan lingkaran hitam di sekitar mata. Namun, terapi ini biasanya menunjukkan hasil setelah berbagai tindakan. Terapi laser biasanya hanya disarankan jika metode lain tidak berhasil menghilangkan alis.

Operasi kelopak mata untuk menghilangkan masalah alis

Ketika semua sudah selesai tetapi masalah kelopak mata berubah menjadi peradangan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan operasi kelopak mata atau blepharoplasty.

Selain menghilangkan alis, blepharoplasty juga dapat mengobati kelopak mata yang meradang dan mengurangi kelebihan kulit pada kelopak mata atas dan bawah, yang dapat mengganggu penglihatan.

See also  Pria Ini Bisa Hidupkan Mesin Sepeda Motor Bukan Pakai Kunci, Ini Caranya

Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan prosedur ini, karena operasi kelopak mata memiliki berbagai risiko, seperti infeksi, mata kering, pendarahan pada mata, perubahan posisi kelopak mata hingga kerusakan penglihatan.

Meski sering dianggap menyebalkan karena tidak membuat wajah segar dan tidak menyegarkan wajah, kantong di bawah mata dan lingkaran hitam di sekitarnya bukanlah kondisi medis yang serius. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika bantalan mata yang terlihat tidak hilang, membengkak, membengkak atau disertai masalah lain seperti iritasi mata dan radang mata yang parah.

Related posts