Tubuh Cepat Lelah, Waspada Berbagai Penyakit Berikut Ini

caramesin.com-Tubuh Cepat Lelah, Waspada Berbagai Penyakit Berikut Ini Sebagian kecil sama normalnya ketika kewalahan oleh tidur atau istirahat. Namun, jika rasa lelah tidak kunjung hilang, bahkan jika Anda cukup tidur, itu bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

Kelelahan biasanya dirasakan setelah aktivitas berkepanjangan atau saat Anda tidak tidur. Namun, ada juga kelelahan, yang bisa dianggap sebagai gejala masalah kesehatan tertentu. Kondisi ini tidak dapat sepenuhnya dihilangkan dengan tidur atau istirahat saja.

Kelelahan merupakan gejala penyakit, seringkali ditandai dengan kurangnya energi untuk beraktivitas atau bahkan bergerak dan berlangsung sepanjang hari. Kelelahan ini pasti akan mengganggu rutinitas harian Anda dan Anda harus segera mencari pertolongan medis.

Penyakit yang dapat menyebabkan kelelahan

Berikut beberapa penyakit yang dapat dengan mudah menyebabkan kelelahan pada tubuh Anda:

1. Anemia

Anemia defisiensi besi adalah suatu kondisi di mana produksi sel darah merah berkurang karena kekurangan zat besi. Kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan.

2. Gagal jantung

Gagal jantung merupakan kondisi ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh. Kondisi ini lama-kelamaan dapat menyebabkan jantung membengkak dan aliran darah menjadi tidak lancar. Penyakit ini sering kali menyebabkan penderitanya mudah lelah, terutama setelah beraktivitas.

Pada kasus yang parah, gagal jantung bahkan bisa membuat penderitanya merasa sangat kelelahan walau hanya melakukan aktivitas fisik ringan, seperti bangun dari tempat tidur atau berjalan di dalam kamar.

3.Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis juga dikenal sebagai myalgic encephalomyelitis (ME). Sindrom ini merupakan penyakit kronis dengan sejumlah gejala, salah satunya adalah kelelahan yang parah.

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak, namun paling sering dialami oleh wanita berusia 20-40 tahun. Selain kelelahan, sindrom ini juga bisa menimbulkan berbagai gejala seperti insomnia, nyeri otot, sakit tenggorokan dan detak jantung yang cepat.

See also  Dibandrol dengan Harga 300 Jutaan, XL7 Alpha FF Jadi Mobil Terbaru Suzuki yang Penuh Kejutan di 2022

4. Apnea tidur

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang ditandai dengan mendengkur saat tidur dan merasa lelah saat bangun tidur. Orang dengan sleep apnea memiliki kadar oksigen yang rendah dalam darah mereka karena saluran udara mereka tersumbat saat tidur.

Selain mudah lelah, penderita sleep apnea juga sulit berkonsentrasi dan sering tertidur di siang hari.

5. penyakit tiroid

Berbagai penyakit atau kondisi kelenjar tiroid, seperti kekurangan hormon tiroid (hipotiroidisme), terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme) dan kanker tiroid, dapat dengan cepat menguras tubuh pasien.

Selain tubuh cepat lelah, penyakit tiroid dapat menyebabkan gejala lain, seperti kecemasan terus-menerus, jantung berdebar, penurunan berat badan atau penambahan berat badan yang cepat, dan keringat dingin terus-menerus.

6. Diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi di mana gula darah Anda sangat tinggi. Ada 2 jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Penderita diabetes sering kali mudah lelah.

Selain itu, gejala diabetes juga bisa berupa rasa lapar dan haus yang terus-menerus, penurunan berat badan, sering buang air kecil, mengi atau mengantuk di bagian tubuh tertentu, dan luka yang sulit sembuh.

7. Penyakit jiwa

Ketika kondisi mental Anda terganggu, seperti gangguan depresi dan kecemasan, mereka sering mudah lelah.

Selain kelelahan, depresi dapat menimbulkan gejala lain, seperti nafsu makan berkurang atau terlalu banyak makan, sulit tidur, kurang motivasi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dan perasaan lesu. Depresi berat juga bisa membuat Anda merasa ingin mengakhiri hidup.

Sedangkan dengan gangguan kecemasan umum (GAD), pasien mudah lelah dan marah ketika mereka terus-menerus cemas.

8. Demam kelenjar

Demam kelenjar adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini ditandai dengan kelelahan, sakit tenggorokan, radang kelenjar getah bening dan demam. Demam kelenjar paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda.

See also  BLACKPINK terlihat cantik dalam warna hitam di MTV Video Music Awards 2022

9. Sindrom kaki gelisah

Restless Legs Syndrome adalah suatu kondisi yang menyebabkan penderitanya terus-menerus menggerakkan kakinya. Ini biasanya terjadi ketika Anda sedang duduk atau berbaring. Sindrom kaki gelisah membuat pasien sulit tidur di malam hari, sehingga rasa lelah tak tertahankan.

10.Penyakit celiac

Penyakit celiac adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh konsumsi gluten. Gluten sendiri merupakan protein yang terdapat pada gandum dan barley sebagai produk sehari-hari seperti pasta gigi dengan vitamin dan suplemen.

Sistem kekebalan penderita penyakit celiac bereaksi negatif ketika gluten masuk ke dalam tubuh. Reaksi ini menyebabkan kerusakan pada dinding usus halus, yang pada akhirnya mencegah penyerapan nutrisi dan nutrisi secara umum. Gejala penyakit celiac termasuk kelelahan, diare, anemia dan penurunan berat badan.

Selain berbagai penyakit tersebut di atas, masih banyak kondisi selain penyakit yang dapat menyebabkan kelelahan pada tubuh manusia, seperti kurang gizi, kanker, HIV/AIDS dan lupus.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda terus-menerus merasa lelah, sebaiknya istirahat sejenak dari aktivitas yang Anda lakukan. Jika Anda seorang pekerja, istirahatlah agar Anda bisa beristirahat dengan lebih baik. Tidak hanya memiliki banyak waktu untuk istirahat, Anda juga perlu mengonsumsi makanan bergizi untuk mengatasi rasa lelah dan menjaga kesehatan tubuh.

Namun, jika Anda merasa lelah meskipun sudah cukup istirahat atau merasa lelah tanpa alasan yang jelas, ini mungkin merupakan tanda dari suatu kondisi medis. Segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab kelelahan yang Anda alami dan mengatur penanganan yang tepat.

Related posts