Breaking News

Berbagai Nutrisi di Balik Manfaat Bawang Bombai

caramesin.com-Tak hanya menjadi santapan lezat, bawang bombay juga tak sedikit manfaatnya bagi kesehatan. Berbagai nutrisi tersebut diketahui baik untuk mencegah osteoporosis dan kanker serta untuk menjaga kesehatan jantung.

Bawang bombay merupakan salah satu jenis bawang merah yang mudah ditemukan di Indonesia. Seperti bawang merah dan bawang putih, bawang bombay sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan.

Kandungan gizi bawang bombay

Manfaat yang bisa diberikan oleh bawang bombay tidak terlepas dari nutrisi yang dikandungnya. Di bawah ini adalah beberapa nutrisi yang ada dalam bawang:

karbohidrat
protein
marah
Kalsium
Magnesium
Kalium
IZER
Seng
Vitamin C
Vitamin B6
Tidak hanya itu, bawang bombay mengandung senyawa sulfur organik dan berbagai jenis antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, antosianin dan quercetin.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan

Karena keragaman kandungan gizinya, mengkonsumsi bawang bombay memiliki banyak manfaat, antara lain:

1. Pencernaan yang sehat

Bawang merah merupakan salah satu tanaman yang kaya akan serat kaca. Berkat bahan ini, bawang merah cocok dikonsumsi untuk menenangkan tinja dan mencegah sembelit.

Kandungan serat bawang bombay juga memiliki sifat prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus dan menyehatkan saluran pencernaan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kandungan nutrisi bawang bombay dapat mencegah penggumpalan darah dan mengurangi penimbunan lemak dalam lemak darah.

Tak hanya itu, bawang bombay juga kaya akan quercetin, sejenis antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Perpaduan manfaat tersebut menjadikan bawang bombay sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai jenis penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

3. Periksa gula darah Anda

See also  Spesifikasi Canggih HP Nokia Edge 2022 Harga Bersahabat Memori 512 GB Keluaran Terbaru

Tidak hanya mengurangi risiko penyakit jantung, bawang bombay juga dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah sekaligus meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Berkat kelebihan tersebut, bawang merah cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat bawang merah lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini didukung oleh berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi bawang bombay secara teratur dapat meningkatkan kepadatan tulang. Bahkan, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa bawang bombay dapat mengurangi risiko patah tulang pinggul pada wanita saat menopause.

Dengan demikian, bawang bombay bisa dimakan untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

5. Tahan efek radikal bebas

Diketahui bahwa berbagai jenis antioksidan dalam bawang bombay dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas penyebab berbagai penyakit, seperti kanker.

Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa bawang merah berpotensi menghambat perkembangan penyakit degeneratif seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Namun, khasiat dan keamanan bawang merah dalam mencegah perkembangan penyakit degeneratif masih belum diteliti.

6. Melawan infeksi bakteri dalam tubuh

Tidak hanya menekan efek radikal bebas, tetapi juga dipercaya kandungan antioksidan bawang bombay berpotensi melawan berbagai macam bakteri penyebab penyakit, seperti E. coli, S. aureus dan B. aureus. . . Namun, penelitian lebih lanjut mengenai khasiat dan tingkat keamanan konsumsi bawang merah masih diperlukan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Selain menawarkan banyak manfaat di atas, bawang merah juga dianggap bermanfaat dalam menurunkan demam, mengobati gejala flu dan batuk, mengobati infeksi luka, dan mengatasi asma.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari bawang bombay, Anda bisa mengonsumsinya dengan mengolahnya menjadi berbagai masakan atau menambahkannya ke dalam sup dan salad.

See also  Backup iCloud dan Komputer Apa Bedanya??

Tidak disarankan memakan bawang bombay dengan cara makan, karena hal ini akan menghilangkan kandungan nutrisi bawang bombay yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya seperti sayuran, buah-buahan dan makanan tinggi protein dan serat. Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang manfaat bawang merah atau ingin mengetahui diet yang sesuai dengan kebutuhan dan kesehatan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Check Also

Mind Better Me Childhood Trauma Test Türkçe & Mind Betterme World Trauma Test

Mind Better Me Childhood Trauma Test Türkçe & Mind Betterme World Trauma Test

caramesin.com – Hepiniz ortak bilgileri paylaşmak için her zaman sadık yöneticiler edinirsiniz. Bu vesileyle yetkililer …

Leave a Reply

Your email address will not be published.