Breaking News

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

caramesin.com-Tidak hanya rasanya yang manis, kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berkat kandungan beberapa nutrisi penting, kurma cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Kurma adalah salah satu buah tertua di dunia dan paling banyak ditanam di Timur Tengah, misalnya di Arab Saudi. Rasanya yang manis dan dagingnya yang empuk membuat kurma menjadi salah satu hidangan penutup favorit berbagai kalangan.

Ada banyak variasi kurma yang bisa dipilih, seperti kurma Sukari, kurma Ajwa atau kurma Medjool. Setiap kurma memiliki keunikan tersendiri dengan manfaat yang tidak jauh berbeda. Untuk memetik manfaat kurma, Anda bisa langsung menikmatinya atau menyiapkan minuman seperti sari kurma dan air laut.

Nutrisi nutrisi dalam buah kurma

100 gram kurma mengandung sekitar 280 kalori dan nutrisi berikut:

2-2,5 gram protein
75 gram karbohidrat
65 gram gula pasir
7-8 gram fiberglass
65 miligram kalsium
650 miligram potasium
1 mg zat besi
0,5 miligram seng
150 IU vitamin A
Selain nutrisi di atas, kurma juga mengandung folat, vitamin B, vitamin K, mangan dan berbagai jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid.

Beberapa manfaat kurma

Berkat kandungan nutrisinya yang kaya, kurma memiliki banyak manfaat yang sayangnya tidak terlupakan, yaitu:

1. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Kurma merupakan jenis buah yang tinggi serat dan karbohidrat kompleks. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, buah kurma bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi serta mencegah sembelit.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah kurma bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik (probiotik) di dalam usus, sehingga kesehatan saluran cerna bisa tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.

See also  Risiko Makan Cepat dan Manfaat Makan Lebih Lambat

2. Mengontrol kadar gula darah

Meski rasanya manis dan mengandung gula yang cukup tinggi, buah kurma ternyata cukup aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Ini karena buah ini memiliki indeks glikemik yang tergolong rendah, sehingga tidak membuat kadar gula darah cepat melonjak. Padahal, berkat kandungan antioksidan dan berbagai nutrisinya, kurma dikatakan baik membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin.

Namun, untuk keamanan dan kesehatan yang lebih baik, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang dimaniskan atau dimaniskan saat meminum kurma, ya. Ini agar jumlah gula yang Anda konsumsi tidak berlebihan. Pembatasan konsumsi pada tanggal juga umum.

3. Periksa tekanan darah Anda

Salah satu manfaat berkencan yang tidak kalah pentingnya adalah membantu mengontrol tekanan darah. Kurma kaya akan potasium, serat, dan antioksidan. Selain itu, kurma juga memiliki kandungan sodium atau garam yang rendah, sehingga cocok untuk penderita hipertensi.

4. Menjaga kesehatan ibu hamil dan mendukung pertumbuhan janin

Kurma juga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin di dalamnya. Ini karena kurma banyak mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan tumbuh kembang janin, seperti vitamin, mineral, serat, protein, karbohidrat, dan antioksidan.

Dengan tercukupinya asupan nutrisi, janin bisa tercegah dari beragam masalah kesehatan, seperti cacat bawaan lahir, kelahiran prematur, atau terlahir dengan berat badan lahir rendah. Buah kurma juga baik untuk menambah energi, sehingga ibu hamil tidak mudah merasa lelah.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa rutin mengonsumsi kurma setiap hari selama beberapa minggu terakhir kehamilan atau menjelang persalinan bisa membantu memperlancar persalinan dan mempercepat proses persalinan secara normal.

See also  Mengenal 4 Fungsi Karbohidrat bagi Tubuh

5. Mendukung kekuatan dan kesehatan tulang

Mineral yang terkandung dalam kurma, termasuk fosfor, kalium, kalsium dan magnesium, bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Nutrisi yang cukup dapat mencegah osteoporosis.

6. Penghambatan pertumbuhan sel kanker

Kurma diketahui mengandung banyak antioksidan alami, seperti fenol dan flavonoid. Kandungan ini berperan penting dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kurma dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati dan meningkatkan fungsi hati. Namun, manfaat kurma membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kurma, sebaiknya makan buah ini dalam jumlah sedang, tidak lebih dari 3-4 buah sehari. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menasihati Anda dengan benar pada bagian dari persyaratan yang sesuai untuk kondisi medis Anda.

Check Also

Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik

Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik

caramesin.com – Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik, Industri manufaktur pada era ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published.