7 Makanan Pelancar BAB untuk Atasi Sembelit

caramesin.com-Sulit buang air besar (BAB) atau sembelit sering terjadi. Kabar baiknya adalah makan makanan yang merangsang usus selalu efektif dalam mengobati kondisi ini tanpa obat apapun. Cari tahu makanan mana yang efektif untuk melancarkan BAB saat mengatasi sembelit.

Sembelit atau sembelit bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan buang air besar lancar, mulai dari kurang minum, pola makan yang buruk hingga kurang aktif berolahraga. Namun, faktor nutrisi memainkan peran penting dalam hal ini.

Jika dibiarkan, sembelit bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang bisa sangat tidak nyaman. Untuk mencegahnya, sembelit harus dikontrol secara ketat dengan pola hidup sehat, terutama dengan mengonsumsi makanan yang mempercepat fungsi usus.

BEBERAPA BAB Menghaluskan makanan untuk mengatasi sembelit

Jika Anda kesulitan mengosongkan, jangan buru-buru minum obat pencahar untuk mengatasinya. Padahal, kebanyakan penderita sembelit ringan tidak membutuhkan obat.

Sebagai pengobatan alami, Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi. Berikut beberapa jenis makanan berserat tinggi yang efektif mengobati sembelit:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kol dan brokoli merupakan makanan berserat tinggi yang baik dikonsumsi jika Anda mengalami sembelit. Fiberglass yang ada dalam sayuran hijau dapat meningkatkan volume dan melunakkan feses, sehingga memudahkan feses keluar dari usus.

2. Apel

Apel mengandung serat gelas yang larut dalam air yang disebut pektin. Ketika memasuki usus, pektin dalam apel segera diubah menjadi lemak rantai pendek, yang menyerap air di usus besar, melunakkan tinja. Selain itu, pektin juga diketahui dapat meningkatkan fungsi usus, sehingga dapat mempercepat pembuangan limbah.

3. Kiwi

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan 2 kiwi sehari selama empat minggu dapat menyebabkan buang air kecil lebih cepat dan lebih cepat. Tidak hanya itu, kiwi dan enzim juga dapat menghilangkan kotoran dan meningkatkan fungsi usus, mempercepat fungsi usus dan menghaluskannya. 4. Roti gandum
Jika Anda suka makan roti, cobalah menggantinya dengan roti gandum. Wajan ini memiliki banyak serat dan karbohidrat kompleks yang melunakkannya dengan kotoran. Saat membeli dan mengemas roti, pastikan untuk memilih roti gandum 100%.

See also  Michael Ballack's Viral Video on Instagram, Netizens Find Link

5. ubi

Seperti apel, ubi jalar mengandung pektin. Selain itu, ubi jalar banyak mengandung serat gelas tidak larut berupa selulosa dan lignin. Jenis fiberglass ini membantu buang air besar dengan meningkatkan jumlah kruk, sehingga bermanfaat dalam memulai buang air besar pada penderita sembelit.

6. Kefir

Minuman susu fermentasi mirip yogurt ini diketahui mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kefir membantu meningkatkan jumlah air dalam tinja dan mempercepat pembuangan limbah selama pengosongan.

7. Chia sied

Biji chia telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk sembelit karena kaya akan serat. Setelah kontak dengan air, biji chia bisa menjadi gel yang melunakkan feses dan memudahkan kotoran bergerak melalui usus besar sampai keluar.

Selain makanan di atas, masih banyak makanan pelunak usus lainnya yang cocok dikonsumsi dalam pengobatan sembelit, mulai dari oatmeal, biji rami, kedelai, buncis, berry, buah jeruk, buah ara hingga almond dan mania. Secara umum, dengan perubahan pola makan yang sehat dan seimbang, proses pencernaan juga menjadi mudah dan lancar. Namun, Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat, yang berarti minum banyak cairan, berolahraga secara teratur, mengelola stres dengan baik, dan cukup tidur.

Jika sembelit tidak kunjung membaik, meski sudah mengonsumsi berbagai makanan yang merangsang buang air besar, atau buang air kecil tidak nyaman dan sangat nyeri, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang aman dan tepat.

Related posts