Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil yang Patut Diketahui

caramesin.com-Manfaat buah naga untuk ibu hamil memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini berperan penting bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang manfaat buah naga untuk ibu hamil!

Manfaat utama buah naga untuk ibu hamil adalah mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, buah naga juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang biasa dialami ibu hamil seperti sembelit dan anemia.

Hal ini tentu saja karena kandungan berbagai nutrisi penting dalam buah naga, seperti vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), karbohidrat, putih telur, antioksidan, fiberglass dan zat besi. Oleh karena itu, tidak heran jika buah ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Beberapa manfaat Buah Naga untuk ibu hamil

Kandungan nutrisi yang berbeda dari buah naga dapat membantu ibu hamil dengan menjaga kehamilannya tetap sehat dan kuat. Selain itu, masih banyak lagi manfaat buah naga yang penting untuk ibu hamil, seperti:

1.Melindungi dan menjaga kesehatan sel

Kandungan vitamin C yang relatif tinggi pada buah naga sangat penting untuk perlindungan janin dan pemeliharaan kesehatan sel, membantu pembentukan kolagen pada tulang, otot, kulit dan lemak darah.

Vitamin ini juga membantu tubuh menyerap zat besi. Namun, harus berhati-hati saat mengonsumsi vitamin C. Kelebihan vitamin C selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

2. Membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin

Buah naga mengandung banyak jenis antioksidan dan tiamin yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin. Selain itu, buah naga juga mengandung riboflavin yang bermanfaat membantu tubuh memproduksi energi dan mendukung pertumbuhan tulang, otot, dan saraf bayi.

See also  Poco X5 5G Muncul Diberbagai Situs Sertifikasi, Isyarat Bakal Segera Muncul, Masuk Indonesia Gak Yah?

3. Hindari kemacetan lalu lintas

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sama pentingnya dalam mencegah sembelit selama kehamilan dan membantu tubuh membuang racun. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 25-30 gram fiberglass per hari.

Buah Naga mengandung 3 gram fiberglass per 100 gram. Untuk mendapatkan ekstra serat yang cukup, Anda bisa mengonsumsi makanan lain seperti sereal dan roti gandum.

4. Mencegah anemia dan memperkuat sistem kekebalan tubuh

Buah naga merupakan salah satu buah langka yang mengandung sekitar 7 persen kebutuhan zat besi harian. Zat besi ini sangat penting bagi ibu hamil untuk pertumbuhan janin, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah anemia.

Wanita hamil membutuhkan setidaknya 27 mg zat besi sehari. Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dengan rutin mengonsumsi buah naga. Kekurangan zat besi pada kehamilan dapat menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan rendah.

Buah Naga juga menawarkan manfaat bagi ibu hamil karena melindungi tubuh dari radikal bebas, mengontrol kadar kolesterol dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Selain berbagai manfaat yang dibawa buah naga, buah ini juga bisa disajikan dalam modifikasi menarik sesuai selera Anda, seperti olahan jus segar, atau bisa juga dicampur dengan yogurt dan salad buah.

Meski memiliki manfaat penting bagi ibu hamil, belum ada penelitian yang memastikan keamanan buah naga bagi ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk makan dalam jumlah yang cukup. Jika Anda masih ragu, Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang mengambil nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan.

Related posts