Breaking News

5 Tips Membeli Motor Antik, Jangan Tergiur Harga Murah!

caramesin.com-Motor antik atau motor tua yang sudah jarang ditemui di jalanan selalu memiliki peminatnya masing-masing. Tak heran jika merek sepeda motor antik selalu hidup. Bahkan harga mesin antik lama bisa lebih mahal dari harga mesin baru. Ini karena banyak faktor seperti sejarah, kelangkaan, bentuk langka, dll.

Namun, membeli mesin antik tidaklah mudah. Karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Jika tidak, kita akan tertipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab dan kasar.

Berbagai bentuk penipuan kerap dilakukan dengan kedok penjualan sepeda motor antik. Dari suku cadang yang sudah tidak orisinil lagi, hingga pelarian setelah penghasilan.

Banyak orang menjadi korban penipuan karena kecintaan atau kecintaannya terhadap sepeda motor antik tertentu. Karena itulah kita harus selalu berhati-hati saat ingin membeli sepeda motor antik.

Berikut 5 tips yang harus dilakukan jika ingin membeli mesin antik.

1. Cari tahu tentang mesinnya

Motor antik tua tentunya memiliki banyak sekali informasi yang bisa kita telusuri. Misalnya sejarah kenapa mesin bisa digandrungi banyak orang, meski sudah tua. Ketahui juga kelebihan dan kekurangan mesin, serta informasi lainnya seperti ketersediaan suku cadang dan lain sebagainya. Informasi ini penting, agar kita tidak menyesal membeli mesinnya.

2. Pembelian langsung

Saat ini sudah banyak forum jual beli motor bekas secara online, tak terkecuali motor antik. Namun ada baiknya jika kita berbelanja secara tatap muka langsung. Anda dapat mencari mesin di forum belanja dan penjualan online, tetapi cobalah untuk bertemu dengan mereka selama transaksi. Hal ini agar kita bisa lebih mengecek kondisi mesin yang ingin kita beli.

Selain itu, transaksi tatap muka langsung dapat menghindarkan kita dari penipuan. Misalnya, penjual yang kejam yang sedang terburu-buru untuk membayar.

See also  Ada Beberapa Keuntungan Memiliki Mobil Mesin Diesel Untuk Para Penggunanya

3. Cek kondisi fisik mesin

Sebelum melakukan trading dan melakukan transaksi. Coba cek kondisi fisik mesin. Mengingat usia mesin yang sudah tua, maka perlu dilakukan pengecekan secara teliti, karena beberapa bagian mudah rusak.

Bagian penting yang harus diperiksa termasuk mesin, rangka, suspensi, dan tenaga. Hal ini untuk mencegah kerugian, yang seharusnya meningkatkan biaya perbaikan.

4. Periksa kelengkapan dan keakuratan dokumen

Dikarenakan usia mesin yang sudah tua, biasanya mesin antik tidak memiliki dokumentasi yang lengkap. Oke, jadi kita harus memeriksa kelengkapan dan keakuratan dokumen dengan sangat hati-hati. Misalnya, bagian nomor mesin dan rangka dalam dokumen dengan yang tercantum di mobil.

5. Jangan tergiur dengan harga murah

Karena ini yang dicari kolektor, kebanyakan mesin antik memiliki harga yang tidak murah. Jadi jika ada orang yang menjual motor antik dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran, kita harus berhati-hati.

Berikut 5 tips membeli motor antik. Kita harus berhati-hati dan berhati-hati untuk menghindari kerugian yang tidak diinginkan.

Check Also

Honda Breeze Will Soon Appear As The Latest Generation And Be The Brother Of The Chinese Honda CRV

Honda Breeze Will Soon Appear As The Latest Generation And Be The Brother Of The Chinese Honda CRV

caramesin.com – Honda Breeze Will Soon Appear As The Latest Generation And Be The Brother …

Leave a Reply