Breaking News

5 Komponen Motor yang Harus Rutin Diganti, Jangan Sampai Lupa!

caramesin.com-Sepeda motor merupakan jenis mobil yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Ini lebih praktis dan lebih murah daripada mobil, tetapi lebih cepat daripada sepeda.

Sebagai mobil, sepeda motor harus ditangani sebaik mungkin agar selalu dapat digunakan dengan aman dan nyaman serta tidak menimbulkan kerusakan yang serius.

Bagian lain dari sepeda motor harus diperiksa dan diganti secara teratur jika tidak lagi layak digunakan. Hal ini untuk menghindari membahayakan pengemudi dan orang lain saat menggunakannya di jalan. Berikut ini adalah 5 suku cadang mobil yang perlu diganti secara berkala.

1. Oli

Semua orang sudah tahu bahwa komponen yang satu ini perlu diganti secara berkala. Fungsi oli, yakni pelumas, pendingin dan pembersih mesin, sangat penting.

Akibatnya oli menjadi kotor saat digunakan karena bercampur dengan kotoran sisa pembakaran mesin. Oli yang terkontaminasi dapat mempengaruhi pengoperasian mesin dan menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, oli perlu sering diganti, baik untuk waktu tertentu atau setiap kali menempuh jarak tertentu.

2. Kampas Rem

Kampas rem yang sering mengalami gesekan, lama kelamaan pecah bahkan pecah. Kampas rem yang aus bisa berbahaya bagi pengemudi karena remnya kurang bagus. Selain itu, jika aus dan tidak diganti, cakram atau tromol rem bisa rusak yang harganya lebih mahal. Oleh karena itu, ganti kampas rem segera setelah mencapai batas keausan.

3. Gear Set

Alat itu patah seiring waktu dan gigi menjadi tipis dan tajam. Akibatnya, transmisi tidak bisa menahan rantai dengan baik, sehingga bisa meluncur dengan mudah. Karena itu, ganti rakitan jika sudah aus. Jangan khawatir, waktu untuk mengubah komposisi cukup lama.

See also  Cara Kerja Atau Fungsi Koil Pada Sepeda Motor

4. Roda atau Ban

Menyapu jalan dapat melemahkan ban karet. Alhasil, roda menjadi tipis dan mulus karena kurang mulus. Tali yang tipis bisa membuat pengguna tidak nyaman karena mudah bocor. Selain itu, ban yang licin dapat membahayakan pengemudi karena mudah tergelincir.

5. Kampas Kopling

Kopling digunakan untuk memutus putaran mesin dan hubungannya dengan roda gigi atau roda belakang. Saat bekerja dengannya, ada sisipan penghubung yang dapat mendeteksi gesekan. Seperti kampas rem, pelat kopling yang sudah rusak perlu diganti. Hal ini untuk mempercepat proses transfer.

Inilah 5 parts atau suku cadang sepeda motor yang perlu segera diganti jika sudah tidak layak pakai lagi. Ingatlah bahwa mobil akan selalu digunakan dengan aman dan nyaman.

Check Also

Honda Breeze Will Soon Appear As The Latest Generation And Be The Brother Of The Chinese Honda CRV

Honda Breeze Will Soon Appear As The Latest Generation And Be The Brother Of The Chinese Honda CRV

caramesin.com – Honda Breeze Will Soon Appear As The Latest Generation And Be The Brother …

Leave a Reply