13 Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Mudah

caramesin.com-Semakin lama digunakan, semakin rendah kinerja notebook. Proses loading akan melambat atau aplikasi tidak akan terbuka secepat sebelumnya.

Bila ini terjadi, berarti kinerja laptop Anda mulai melambat atau melambat. Jangan buru-buru menukarnya dengan laptop baru, karena ada banyak cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda coba.

Seperti produk elektronik lainnya, laptop bisa mengalami penurunan performa, dan ini adalah hal yang wajar, meski detailnya tinggi. Apalagi jika setting laptopnya kurang bagus. Hal ini berlaku untuk beberapa laptop gaming terbaru saat ini yang mulai menyediakan software performance management.

Anda bisa melakukannya sendiri agar tidak memperlambat laptop Anda. Anda juga dapat meminta bantuan dari teman atau anggota keluarga yang paham komputer. Berikut cara mengatasi laptop lemot.

Cara mengatasi laptop lemot

Laptop yang performanya kurang baik bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti usia atau pemakaian yang melebihi batas maksimal.

Beberapa masalah paling umum yang terjadi adalah eksekusi yang lambat atau pembukaan aplikasi. itu bahkan bukan laptop untuk berbaring atau membeku.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana Anda dapat membuat laptop Anda tanpa penundaan dan kinerjanya dapat kembali. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa metode berikut tidak selalu 100% berhasil. Namun, setidaknya dapat mengurangi hambatan yang terkait dengan kinerja laptop yang lebih lambat. Berikut cara cepat dan mudah menangani laptop lemot.

1. Hapus aplikasi yang tidak perlu

Jika Anda memiliki laptop, terkadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun, jika kita menginstal lebih banyak aplikasi, kapasitas penyimpanan drive C akan meningkat dan sistem akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat hard disk. Efek jangka panjangnya jelas bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Cara mengatasi laptop lemot karena banyak sekali aplikasi yang bisa dilakukan dengan cara menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai atau jarang digunakan.

Cobalah untuk memilih aplikasi mana yang jarang digunakan. Anda juga dapat memeriksa aplikasi yang tidak sengaja terinstal saat menjelajah, apakah Anda mengunduh konten dari situs web tertentu atau selama penginstalan.

Gunakan hanya aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda jika memori terbuang percuma atau penuh, karena aplikasi sering kali tidak berguna. Ini adalah cara yang relatif mudah untuk mencegah laptop Anda tergelincir, karena Anda tidak perlu menggunakan perangkat lunak atau teknik khusus apa pun.

Pada dasarnya Anda dapat mengurangi beban memori notebook Anda dengan menghapus aplikasi dan perangkat lunak yang tidak perlu, yang mengurangi kinerja notebook Anda.

See also  Link 9 Cara Untuk Bermain Saham Untuk Pemula Agar Profit Free

2. Gunakan Antivirus

Salah satu alasan klasik mengapa perangkat portabel bisa lambat adalah karena terkena virus atau malware. Seperti halnya manusia, laptop juga bisa terkena penyakit yang menurunkan kinerja laptop. Sekarang laptop Anda tidak lemot oleh serangan virus, Anda dapat menginstal antivirus terbaik untuk menghapus semua jenis virus. Dan jangan lupa untuk memeriksanya secara teratur.

Selain itu, antivirus diperbarui secara berkala untuk memindai berbagai virus dengan antivirus yang diinstal.

3. Gunakan aplikasi sesuai dengan detail laptop Anda

Sebelum membeli, pemilik laptop perlu mengetahui detail laptopnya. Hal ini akan membantu pemilik untuk mengecek apakah aplikasi yang ingin ditempatkan di laptop sudah sesuai dengan spesifikasinya atau tidak.

Misalnya kita memasang game berat favorit kita, padahal spesifikasi prosesor dan RAM-nya tidak mencukupi. Jika Anda memaksakan aplikasi untuk diinstal di laptop Anda, jangan heran suatu saat laptop akan lemot.

Solusinya tidak memaksa laptop untuk bekerja. Pilih aplikasi alternatif atau spesifikasi yang lebih rendah sebagai cara untuk mencegah laptop Anda melambat. Dengan detail yang tepat dan akurat, Anda dapat mengalahkan notebook yang lambat, meningkatkan penampilan, dan mempertahankan performanya.

4. Sesuaikan penggunaan aplikasi

Memaksa kinerja RAM dengan belajar terlalu banyak dari aplikasi juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Misalnya saat kita bermain, kita selalu membuka aplikasi pemutar musik secara bersamaan.

Bahkan, game ini sulit untuk diproses, tetapi tetap disertai dengan pemutar musik. Sesuaikan detail penggunaan aplikasi di laptop Anda.

Anda juga dapat mengaktifkan fitur Task Manager untuk mengontrol penggunaan RAM saat menjalankan beberapa aplikasi dengan satu atau lain cara agar notebook tidak melambat.

5. Bersihkan desktop dan aplikasi saat memulai notebook

Menempatkan terlalu banyak aplikasi di desktop juga bisa menjadi alasan lain mengapa laptop Anda lambat. Jika Anda menggunakan laptop dengan banyak detail, maka ini bukan masalah. Namun terkadang kita meletakkan terlalu banyak aplikasi di desktop, yang menyebabkan laptop merespon perintah pengguna dengan lambat.

Lihat juga aplikasi yang berjalan saat Anda menyalakan laptop. Bahkan jika aplikasi sedang berjalan saat laptop sedang menjalankan aplikasi penting, seperti antivirus.

Usahakan untuk tidak menjalankan terlalu banyak aplikasi saat memulai laptop, karena ini akan memperlambat laptop. Karena aplikasi berjalan di latar belakang, diam-diam memakan kapasitas RAM. 6. Meningkatkan kapasitas RAM

See also  YG Entertainment Konfirmasi Comeback BLACKPINK, MV di YouTube Banjir Komentar Antusias Blink

Cara lain untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan menambah RAM. Awalnya, ketika membeli laptop, terkadang kita membeli laptop yang lebih murah dengan RAM yang lebih kecil, seperti 4 GB.

Bahkan jika Anda menginginkan laptop yang lebih cepat. Menambahkan RAM 8 GB atau RAM 16 GB dapat bermanfaat jika Anda memiliki banyak uang. Namun jangan hanya menambah kapasitas RAM saja, perhatikan juga spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L dan RAM DDR4) dan juga kapasitas RAM maksimal yang dimiliki laptop kita.

7. Pulihkan Windows

Usia laptop yang sudah tua tidak hanya mempengaruhi kinerja perangkat keras, tetapi juga perangkat lunak. Salah satu yang paling terpengaruh adalah sistem operasi (OS), terutama Windows.

Jika terjadi kesalahan di Windows, kinerjanya buruk atau sering macet. Jika ini sangat sulit, kami sarankan Anda menginstal ulang atau menginstal ulang Windows.

Namun, jika Anda tertarik, Anda dapat mengubah Windows ke OS lain yang lebih ringan, seperti Linux, ada banyak OS berbasis Linux yang tersedia saat ini, Anda harus memilih yang cocok untuk Anda.

Faktanya, perlu dicatat bahwa Windows mendukung produktivitas yang lebih tinggi di banyak fitur yang dibawanya. Tapi setidaknya pergeseran OS ini bisa memperbaiki laptop.

8. Gunakan pelumas termal pada prosesor

Salah satu cara untuk mencegah notebook menjadi lambat adalah dengan menggunakan pelumas termal yang akan memastikan suhu notebook tetap terjaga dengan baik selama penggunaan.

Thermal Paste adalah pasta yang berguna untuk mendinginkan dan menjaga suhu prosesor agar tidak langsung panas. Tentunya dengan suhu prosesor yang stabil, hal ini akan membantu kinerja notebook menjadi lebih stabil dan tidak langsung lemot.

9. Gunakan bantalan pendingin atau pendingin

Jika perlu, gunakan cooling pad sebagai kipas tambahan, yang berguna untuk menjaga notebook tetap tinggi. Tentu saja, pada suhu laptop yang sangat tinggi, kemungkinan laptop menjadi lebih lambat bahkan lebih besar.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan vacuum cooler yang menyerap udara panas di dalam laptop. Alat ini juga sangat berguna untuk menjaga laptop Anda tetap hangat saat bekerja.

10. Ganti HDD ke SSD

Salah satu penyebab laptop lemot adalah karena laptop tersebut masih menggunakan HDD dengan data rate yang relatif rendah. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti penyimpanan HDD laptop dengan penyimpanan SSD.

Membuat laptop yang tidak lemot dijamin hemat karena membantu mempercepat proses startup dan laptop bisa lebih responsif.

See also  Pastikan Anda Tahu Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Terbaru

Tentu saja harus diakui bahwa harga SSD relatif mahal, tetapi jika Anda tidak ingin laptop Anda lemot, cara ini bisa dipertimbangkan.

11. Gunakan aplikasi Laptop Performance Booster

Ada banyak cara untuk menggunakan laptop yang lambat. Salah satunya adalah pengguna tidak optimal saat menggunakan laptopnya. Salah satu solusinya adalah Anda bisa menginstall software khusus yang mendukung kinerja laptop agar bisa berjalan lebih cepat.

Ada banyak aplikasi yang memiliki fitur ini, antara lain CCleaner, Razer Game Booster, IObit Advanced SystemCare, Advanced System Optimizer dan banyak lagi. Tinggal pilih mana yang menurut Anda cocok.

12. Atasi laptop lambat dengan alat defragmentasi disk

Teknik ini mungkin jarang diketahui oleh sebagian pengguna laptop dan PC. Apalagi jika Anda memiliki masalah dengan laptop yang lemot dan lemot.

Semakin banyak aplikasi yang Anda miliki di PC dan laptop Anda, semakin lambat PC dan laptop Anda akan berjalan. Anda dapat menggunakan alat Disk Defragmenter di Control Panel.

Dengan menganalisis dan mengoptimalkan fase, file Anda dapat diatur dengan cara ini, dan Anda dapat melihat berapa banyak file sampah atau sampah yang memperlambat laptop dan PC favorit Anda.

13. Lakukan C. Pembersihan Disk

Seperti halnya orang, ketika laptop sudah berumur, biasanya lebih dari 3 tahun, kinerjanya pasti akan menurun. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah membersihkan drive C.

Selain itu, hapus semua program dan aplikasi yang dianggap kinerja-intensif untuk meningkatkan kinerja notebook Anda. Cara memastikan laptop tidak lemot adalah salah satu yang paling mudah dan paling banyak digunakan.

Penyebab laptop lemot

Ada beberapa faktor yang memperlambat kinerja laptop, dan secara umum masalah berikut menjadi penyebab utamanya.

Banyak aplikasi berjalan di latar belakang dan aktif secara otomatis saat diaktifkan, membuat kinerja perangkat sangat menuntut dan membutuhkan proses startup yang lama.
Hardisk sudah sangat tua, dimana proses baca tulis memakan waktu lebih lama dari biasanya. efeknya mempengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan
Kapasitas hard disk penuh, menghasilkan kinerja yang lebih tinggi dan notebook yang lebih lambat
Sekarang setelah Anda mengetahui penyebabnya, Anda dapat mengambil langkah pertama untuk penyembuhan, seperti dijelaskan di atas.

Silakan lihat sendiri cara menangani laptop lemot yang dijelaskan. Semua cara tersebut sangat efektif untuk meningkatkan kinerja laptop yang lemot. Semoga artikel ini membantu, ya. Semoga beruntung!

Related posts