Breaking News

Tips Menambah Berat Badan Menjadi Lebih Ideal

caramesin.com-Ada banyak alasan mengapa orang ingin menambah berat badan, dari terlalu banyak kulit hingga meningkatkan penampilan. Apapun penyebabnya, angkat besi harus dilakukan dengan benar agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Banyak orang menggunakan berbagai cara untuk menambah berat badan. Namun, metode penambahan berat badan harus disesuaikan dengan status kesehatan setiap orang dan alasan mengapa berat badan mereka mungkin rendah.

Jadi sebelum Anda memulai program penurunan berat badan, periksa dulu status gizi Anda dengan menghitung indeks massa tubuh Anda. Jika hasil perhitungan menunjukkan bahwa Anda benar-benar kurus, coba perbaiki pola makan Anda atau konsultasikan ke dokter untuk mencari cara yang tepat untuk menambah berat badan.

Beberapa penyebab berat badan rendah

Ada banyak kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan seseorang menjadi kurus, antara lain:

Beberapa penyakit seperti hipertiroidisme dan diabetes
Malabsorbsi makanan, seperti penyakit celiac
Penyakit pencernaan seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa
Kanker, terutama yang sudah memasuki stadium lanjut
Gangguan makan seperti anoreksia nervosa
Gangguan mental seperti stres dan depresi
Malnutrisi atau malnutrisi
Infeksi seperti HIV dan TBC
Selain itu, penurunan berat badan juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti diet berat dan efek samping obat, termasuk kemoterapi dan pil diet. Beberapa kebiasaan, seperti obat-obatan dan minuman keras dan alkohol, juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang parah.

Cara sehat menambah berat badan

Cara terbaik untuk menambah berat badan adalah dengan mengobati penyakit atau kondisi yang menyebabkan penurunan berat badan. Jika kondisi ini diatasi, berat badan akan bertambah. Selain itu, ada banyak tips kenaikan berat badan yang sehat dan aman yang bisa Anda coba, di antaranya:

See also  Inilah Spesifikasi Dan Harga Terbaiknya 2022 Samsung A73 5G

1. Pilih makanan sehat yang kaya nutrisi

Untuk menambah berat badan, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan berkalori tinggi, makanan cepat saji, makanan berlemak dan makanan atau minuman tinggi gula.

Untuk menambah berat badan, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi, seperti buah dan sayur, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau tanpa lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.

Jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen lain yang direkomendasikan dokter untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menambah berat badan.

2. Makan lebih sering dengan porsi lebih kecil

Orang yang kurus sering merasa cepat kenyang. Daripada makan 2-3 kali sehari dalam porsi banyak, lebih baik makan dalam porsi kecil tapi teratur.

3. Konsumsi minuman berkalori tinggi dan kaya nutrisi

Tak hanya dari makanan, asupan nutrisi juga bisa didapatkan dari minuman berkalori tinggi seperti smoothies, susu, yogurt dan jus segar saat makan. Selain untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan, Anda juga bisa mencegah dehidrasi.

4. Pilih snack yang sehat

Camilan bisa menjadi sumber kalori ekstra yang bisa membantu Anda menambah berat badan. Namun, disarankan untuk memilih camilan sehat yang penuh nutrisi, seperti yogurt, cokelat hitam, buah, atau roti gandum.

Jangan minum jajanan sehat seperti gorengan karena makanan ini tinggi lemak dan kolesterol. Jika junk food ini dikonsumsi terlalu banyak, dapat meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, bahkan kanker.

5. Tingkatkan asupan kalori

Untuk menambah berat badan, Anda perlu menambah asupan kalori dalam menu diet harian. Pilih sumber kalori ekstra yang sehat, seperti taburan keju parut dalam wajan, tumis mentega atau krim dan sup susu.

See also  Saham BBCA: Harga, Tips Beli, Keuntungan dan Profil

Namun, Anda perlu berhati-hati saat memilih makanan yang menambah kalori untuk menghindari gula darah, garam, dan kolesterol berlebih yang dapat merusak kesehatan tubuh Anda.

6. Minum setelah makan

Minum banyak air sebelum makan dapat mempercepat rasa kenyang. Ini akan mengurangi nafsu makan dan membuat Anda makan lebih sedikit.

7. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur dilakukan tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk menambah berat badan. Dengan olahraga teratur, tubuh membangun lebih banyak jaringan otot dan mengurangi kelebihan lemak. Mengikuti diet sehat, olahraga teratur dapat membantu Anda mendapatkan berat badan yang lebih baik. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga meningkatkan asupan nutrisi dan kalori.

Kenaikan berat badan selama pemulihan dari penyakit

Rasa sakit yang berkepanjangan dapat mempengaruhi nafsu makan Anda, yang dapat mengurangi berat badan Anda. Padahal, tubuh saat ini perlu benar-benar mengonsumsi kalori dan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral agar bisa kembali sehat dengan cepat.

Anda dapat mengonsumsi makanan sehat berikut untuk mengobati kondisi tertentu:

Smoothies atau jus buah segar
bubur atau oatmeal
telur asin
Tahu dan tempe
Kaldu atau saus ayam
Roti gandum
Susu, yogurt atau keju
Buah-buahan dan sayuran seperti ubi jalar atau kentang panggang, pisang, apel, mangga, kiwi, bayam dan brokoli
Ikan
Gila
Meningkatkan nafsu makan selama dan setelah sakit bukanlah hal yang mudah. Agar Anda bisa cepat pulih dan nafsu makan tetap baik, ada beberapa cara yang dapat dicoba, di antaranya:

Berjalan sebentar sebelum makan, karena dipercaya dapat membangkitkan selera makan
Mengonsumsi makanan kesukaan, asalkan sehat
Mengurangi stres dan istirahat yang cukup
Menghentikan kebiasaan merokok dan menjauhi asap rokok serta minuman beralkohol
Di pasaran banyak beredar produk suplemen atau obat herba yang diklaim bisa menambah berat badan. Namun, sebelum Anda mengonsumsinya, carilah informasi terlebih dahulu terkait manfaat dan tujuan penggunaannya. Pastikan juga produk tersebut telah terdaftar di BPOM.

See also  Inilah 7 Penyebab Pipa Air Bocor Yang Patut Anda Ketahui

Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi ke dokter saat hendak menggunakan produk suplemen peningkat berat badan. Perlu diingat pula meski sudah menggunakan suplemen tersebut, Anda tetap perlu menjalani pola makan sehat dan rutin beolahraga untuk menambah berat badan dengan sehat. Jika Anda tidak juga bangun setelah mengikuti petunjuk di atas, konsultasikan dengan ahli gizi. Dokter mungkin meresepkan obat dan suplemen atau menyarankan diet penurunan berat badan tertentu sesuai dengan kondisi Anda.

Check Also

Mind Better Me Childhood Trauma Test Türkçe & Mind Betterme World Trauma Test

Mind Better Me Childhood Trauma Test Türkçe & Mind Betterme World Trauma Test

caramesin.com – Hepiniz ortak bilgileri paylaşmak için her zaman sadık yöneticiler edinirsiniz. Bu vesileyle yetkililer …

Leave a Reply

Your email address will not be published.