Waspada! BPOM Beberkan 6 Kopi Sachet Ini Mengandung Paracetamol

caramesin.com – Wajib Waspada! BPOM Beberkan 6 Kopi Sachet Ini Mengandung Paracetamol,Bagi pecinta penikmat kopi bag, ada baiknya memulai dengan mengenal banyak merek. Bukan tanpa alasan, karena Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini menemukan isi kantong kopi yang tak terduga.

kopi

BPOM, diperoleh dari Suara.com, menemukan parasetamol dan Viagra, obat kejantanan pria, di dalam kantong kopi.

Padahal, penggunaan bahan kimia obat (BKO) dilarang untuk digunakan pada makanan olahan dan obat tradisional.

Tentunya jika obat-obatan kimia tersebut tidak digunakan sesuai dosis yang ditentukan, dapat berbahaya dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. “Bahan kimia medis adalah bahan yang dilarang dalam obat tradisional dan makanan olahan. Bahan kimia medis seperti parasetamol dan sildenafil adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan obat. Jika tidak digunakan sesuai ketentuan. Aturan pakai (dosis), bahan kimia ini obat-obatan tersebut dapat menimbulkan risiko tinggi dan efek berbahaya bagi kesehatan,” kata Kepala BPOM RI Penny K. Lukito, Minggu (6 Maret 2022).

Dari hasil operasi, ditemukan detail produk berupa 15 varian (5.791 buah) makanan olahan dengan BKO dan 36 varian (18.212 buah) obat tradisional dengan bahan kimia obat. Kemudian ditemukan bahan produksi dan bahan baku berupa 32 kg bahan baku obat-obatan terlarang yang mengandung Paracetamol dan Sildenafil, 5 kg produk ruahan/produk setengah jadi bahan campuran, kemasan kapsul dan berbagai jenis bahan kemasan seperti seperti aluminium foil untuk tas, karton, plastik dan hologram. Sejumlah fasilitas produksi sederhana juga ditemukan di kawasan tersebut,” ujarnya.

Ada juga bukti makanan olahan dan obat tradisional yang ditemukan di Kopi Jantan, Kopi Cleng, Kopi Bapak, Spider, Urat Madu dan kantong kopi Jakarta Bandung. Produk tersebut diduga mengandung BKO Paracetamol dan Sildenafil. POM, Penny K. Lukito.

See also  Leaked Full Video Gravado No Brinco De Ouro Manu Fox Guarani Estadio Viral On Twitter

Penyalahgunaan obat kimia Parasetamol dan Sildenafil dapat menimbulkan efek samping ringan, berat bahkan fatal. Parasetamol dapat menimbulkan efek samping seperti mual, alergi, tekanan darah rendah, kejang-kejang. Penyakit darah dan efek samping yang lebih fatal bahkan dapat menyebabkan lebih banyak lagi. efek samping yang fatal.” efek seperti kerusakan hati dan ginjal,” kata Penny.

Sementara sildenafil dapat menyebabkan efek samping mulai dari pemakaian ringan hingga sedang, diare, kemerahan pada kulit hingga reaksi parah seperti kram, detak jantung tidak teratur, penglihatan kabur atau kebutaan mendadak, juga dapat menyebabkan kematian.

“Nilai ekonomis barang bukti ini diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar,” kata Kepala Badan POM. BPOM sebelumnya memantau dan menganalisis penjualan online produk makanan olahan BKO Kopi Jantan dari Oktober hingga November 2021.

Hasil pemantauan menunjukkan bahwa penjualan produk-produk ini memiliki nilai transaksi rata-rata sebesar Rs 7 miliar per bulan.

Related posts