Breaking News

Tips Memilih Laptop yang Tepat untuk Digital Illustrator

caramesin.com-Laptop merupakan perangkat digital yang kehadirannya saat ini sudah melekat dalam aktivitas sehari-hari para profesional di berbagai bidang. Karena perannya yang penting bagi banyak orang, para produsen laptop berlomba-lomba untuk memasarkan produknya. Sayangnya, setiap orang dan profesi memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga Anda harus sangat berhati-hati saat memilih laptop.

Misalnya, ilustrator digital. Profesi yang sangat bergantung pada perangkat digital tidak hanya membutuhkan laptop berperforma tinggi. Aspek lain yang kurang penting seperti kualitas layar, desain laptop, ketersediaan fitur layar sentuh dan dukungan stylus juga menjadi pertimbangan. Selain itu, mobilitas juga harus diperhatikan agar pengguna laptop dapat bekerja dengan cepat dan nyaman.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa aspek yang perlu diperhatikan bagi ilustrator digital saat memilih laptop:

Kualitas layar pertama

Ilustrator digital adalah profesi yang sangat dekat dengan gambar, jadi hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih laptop adalah kualitas layar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih laptop dengan layar berkualitas. Pertama, spektrum warna ditentukan sebagai tingkat reproduksi warna pada layar. Laptop untuk ilustrator digital harus memiliki layar dengan gamut warna 100% DCI-P3 atau setara 133% sRGB untuk menampilkan warna dengan lebih indah.

Tidak hanya itu, warna yang ditampilkan juga harus akurat agar karya ilustrator digital memiliki color fidelity yang tinggi saat dicetak atau ditampilkan di perangkat lain. Salah satu cara untuk memastikan layar laptop menampilkan warna yang akurat adalah melalui sertifikasi PANTONE Validated Display, yang telah menjadi standar di berbagai industri.

Pekerjaan biasanya tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, namun bekerja terus menerus di depan layar laptop dapat merusak kesehatan mata. Untuk itu, ilustrator digital sebaiknya memilih laptop dengan fitur yang dapat menjaga kesehatan mata, terutama untuk penggunaan jangka panjang. Lebih baik memilih laptop 2-in-1

See also  Shandy Purnamasari Tiba-tiba Umumkan Cerai dari Juragan 99, Ada Apa?

Desain laptop mempengaruhi pengalaman pengguna. Khusus untuk ilustrator digital, laptop dengan desain 2-in-1 menjadi pilihan yang paling cocok. Notebook 2-in-1 seperti notebook convertible pasti memiliki fitur layar sentuh dan dukungan stylus. Fitur ini sangat berguna untuk ilustrator digital yang sangat mobile. Dengan Notebook 2-in-1, ilustrator digital dapat mengubah notebook mereka menjadi kanvas digital portabel. Pekerjaan bisa dilakukan dimana saja.

Tidak hanya itu, kebanyakan laptop 2-in-1 memiliki bodi yang lebih ringkas dibandingkan laptop clamshell tradisional. Hal ini karena notebook 2-in-1 dirancang khusus untuk digunakan dengan nyaman dalam berbagai mode penggunaan, termasuk mode tablet. Bodi laptop yang berat dan tebal tidak senyaman tablet, sehingga seharusnya laptop 2-in-1 tampil dengan bodi yang ringkas dan ringan.

Itu harus memiliki konektivitas modern

Orang-orang kreatif seperti ilustrator digital seringkali memiliki alat khusus yang membuat pekerjaan mereka lebih mudah. Tentunya perangkat pendukung tersebut harus terkoneksi dengan laptop yang digunakan untuk pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu, ilustrator digital harus memilih laptop yang dilengkapi dengan konektivitas modern.

Kehadiran port USB Type-C dengan dukungan untuk output ke layar dan mengisi daya sumber adalah hal yang biasa. Selain sangat fleksibel untuk berbagai kebutuhan, port ini juga memudahkan para ilustrator digital saat ingin menghubungkan laptop ke monitor eksternal menggunakan koneksi USB Type-C dan mengisi dayanya dengan power bank. Tidak hanya itu, port USB Type-C juga sangat fleksibel dan bisa disambungkan ke berbagai aksesoris dan dongle yang banyak tersedia. Selain konektivitas berupa port, Anda juga perlu memikirkan konektivitas nirkabel saat memilih laptop. WiFi 6 (802.11ax) saat ini menjadi standar WiFi di laptop modern. WiFi 6 memastikan ilustrator digital tetap terhubung ke internet sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan lebih bebas, menemukan referensi online, atau bahkan memperbarui aplikasi kreatif yang mereka gunakan.

See also  Video about the horrific Kobe Bryant helicopter crash

Performa harus mumpuni

Hal lain yang harus dipertimbangkan oleh ilustrator digital sebelum membeli laptop adalah spesifikasi perangkat kerasnya. Meskipun ilustrator digital tidak selalu membutuhkan laptop dengan chip grafis terpisah (GPU diskrit), prosesor yang kuat diperlukan untuk kelancaran aplikasi kreatif. Notebook yang menggunakan layar ASUS OLED dijamin 100% gamut warna DCI-P3, sertifikasi Tampilan Validasi PANTONE, dan dukungan untuk fungsi HDR dengan sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black. Tak hanya itu, layar ASUS OLED juga memiliki response time 0.2ms lebih cepat dibandingkan layar laptop konvensional dan dilengkapi EyeCare bersertifikasi TÜV Rheinland. Semua kualifikasi ini memiliki satu tujuan dan itu adalah untuk merusak mata Anda.

ASUS juga merupakan pemimpin pasar notebook OLED dan diakui sebagai produsen notebook OLED nomor satu di Indonesia dan dunia. ASUS juga menjadi satu-satunya brand laptop yang memperkenalkan varian laptop dengan layar sebagian besar OLED di Indonesia. ASUS OLED adalah bagian dari ASUS Innovation, kumpulan inovasi teknologi terbaru, mutakhir dan eksklusif untuk produk ASUS. ASUS Innovation, yang hadir di seluruh jajaran notebook ASUS, memastikan pengalaman pengguna terbaik di semua aspek, mulai dari kenyamanan hingga peningkatan produktivitas hingga menjaga kesehatan mata.

Tidak hanya dapat menampilkan visual terbaik, layar ASUS OLED Zenbook 14 Flip OLED dilengkapi dengan layar sentuh atau fungsi layar sentuh yang juga mendukung penggunaan stylus. Tentu saja, fitur ini sangat berguna bagi ilustrator digital dan memungkinkan mereka untuk bekerja kapan saja, di mana saja. Pengguna laptop ini juga tidak perlu membeli stylus tambahan karena sudah termasuk dalam paket penjualan

Zenbook 14 Flip OLED memiliki desain yang kompak dan ringan dengan ketebalan hanya 1,59 cm dan berat hanya 1,45 kg. Meskipun notebook ini sangat kompak dan ringan, namun dilengkapi dengan prosesor Intel Core yang didukung oleh memori LPDDR4 hingga 16 GB dan penyimpanan PCIe SSD dengan kapasitas hingga 1 TB. Zenbook 14 Flip OLED adalah laptop terbaik untuk ilustrator digital modern.

See also  Osiloskop Adalah: Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Spesifikasinya

Check Also

Suzuki GSX-R150: Apa yang membuat motor sport ini menarik?

  caramesin.com-Seperti pabrikan sepeda motor lainnya, Suzuki juga merilis motor sport versinya. Ya, motor tersebut …