Syarat dan Cara Monetasi YouTube Untuk Mulai Mendapatkan Penghasilan

 

Untuk mulai mendapatkan uang dari YouTube, Anda harus melakukan monetasi pada akun YouTube Anda. Nantinya, dengan monetasi yang dilakukan, Anda akan mendapatkan kesempatan menjadi publisher iklan dari berbagai mitra dan perusahaan. Nah, pertanyaan yang kemudian sering muncul adalah bagaimana cara monetasi YouTube tersebut?

Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum melalukan monetasi YouTube. Selain mengetahui langkah monetasi, ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi terlebih dahulu.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa syarat serta cara yang perlu dilakukan untuk monetasi YouTube. Penasaran? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Monetasi

Apa yang sebenarnya disebut dengan monetasi?

Dalam pengertian singkat, monetasi YouTube adalah proses untuk menghasilkan uang dari video-video atau konten YouTube yang diunggah dengan cara mengaktifkan fitur iklan di dalam video tersebut. Namun, tidak semua video bisa disisipi iklan karena hanya video populer dan dengan cara tertentu saja video tersebut bisa dimonetasi.

Tujuan dari pengiklan di YouTube adalah mendapatkan atensi yang lebih luas dari penonton. Oleh karenanya, dengan iklan yang ditampilkan di video atau akun YouTube populer, maka target mendapatkan calon konsumen baru dari iklan pun akan tercapai.

Syarat Agar Bisa Melakukan MonetasiYouTube

Agar akun YouTube yang Anda kelola bisa dimonetasi dan mulai menampilkan iklan untuk mendapatkan penghasilan, ada beberapa syarat mendasar yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Adapun beberapa syarat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memiliki minimal sampai 1000 subscriber untuk akun YouTube yang hendak dimonetasi
  • Mendapatkan minimal 4000 jam tayang dalam waktu maksimal 12 bulan terakhir untuk channel YouTube yang Anda kelola
  • Mengikuti kebijakan serta ketentuan fitur monetasi YouTube, termasuk pembatasan tentang konten YouTube yang tidak boleh berisi tentang tindakan kekerasan, pornografi, serta memastikan jika konten yang dibuat tidak melanggar hak cipta
  • Tinggal di negara atau wilayah di mana tersedia partner YouTube
  • Terhubung dengan akun AdSense
See also  Tips menghindari pinjaman atau pinjaman online

Beberapa poin di atas adalah syarat awal yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum Anda melakukan monetasi YouTube. Misalnya, jika akun YouTube yang Anda buat belum memiliki 1000 subscriber, maka Anda perlu melengkapinya. Anda bisa membeli subscriber youtube jika mempunyai dana lebih agar dapat monetasi dengan lebih cepat.

Cara Registrasi AdSense Untuk Monetasi YouTube

Jika akun YouTube yang Anda kelola sudah memenuhi beberapa persyaratan wajib yang diperlukan sebagaimana dijelaskan sebelumnya, maka Anda bisa memulai registrasi AdSense untuk monetasi YouTube. Adapun langkah untuk registrasi AdSense akun YouTube yang Anda kelola adalah:

  • Login ke akun YouTube milik Anda dan klik pada ikon profil
  • Pilih menu pengaturan
  • Dari halaman pengaturan tersebut, klik kembali ikon profil dan kemudian pilih opsi kreator studio
  • Dari halaman kreator studio, ada cukup banyak pengaturan yang tersedia. Gulir ke bawa dan pilih menu fitur lainnya lalu klik monetasi
  • Setelah mengklik opsi monetasi, Anda akan dihubungkan dengan halaman YouTube Partner Program. Nah, pada poin ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan dengan saksama, yaitu:
    • Langkah pertama, berikan persetujuan terkait syarat serta ketentuan dalam program YouTube Partner. Caranya, Anda hanya perlu membaca daftar syarat dan ketentuan lalu bubuhkan tanda persetujuan di kotak yang tersedia.
    • Langkah kedua, menghubungkan akun YouTube yang Anda kelola dengan AdSense. Jika Anda belum memiliki akun AdSense, maka isi data sesuai dengan kolom yang tertera dan kemudian pilih opsi buat aku. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman Google AdSense dan isi informasi tentang akun secara lengkap dan benar. Nantinya, pihak Google akan melakukan verifikasi dan mengirimkan PIN AdSense ke alamat yang Anda masukkan. Jika Anda sudah memiliki akun AdSense, maka Anda tinggal menghubungkannya
    • Langkah ketiga, atur pilihan monetasi. Dalam hal ini, Anda bisa mengatur posisi iklan yang hendak Anda tampilkan. Caranya adalah di halaman monetasi, pilih opsi atur pilihan monetasi dan klik start. Ada empat tampilan iklan, yaitu display ads, overlay ads, sponsored cards, dan skippable video ads. Pelajari posisi iklan tersebut untuk menentukan opsi yang tepat
    • Langkah keempat, memenuhi syarat 4000 jam tayang serta 1000 subscriber sebagaimana disinggung di awal
  • Selesai
See also  Pantai Surumanis Kebumen, Bagai Surga Tersembunyi

Jika beberapa persyaratan sudah dipenuhi dan langkah monetasi akun YouTube seperti di atas sudah dilakukan, maka YouTube akan melakukan verifikasi. Nantinya, hasil verifikasi tersebut akan dikirimkan melalui e-mail yang Anda gunakan.

Apabila YouTube memutuskan akun yang Anda kelola layak untuk menjadi YouTube Partner, maka Anda sudah bisa menampilkan iklan di video YouTube yang Anda buat. Sebaliknya, jika belum disetujui, perhatikan ulang syarat dari YouTube dan pastikan jika Anda sudah melengkapinya dengan baik.

Selain dari iklan AdSense, sebenarnya ada beberapa cara monetasi YouTube lainnya untuk mendapatkan uang, yaitu membership channel, merchandise, super chat, YouTube premium dan lainnya. Anda bisa mempelajarinya untuk memaksimalkan potensi akun YouTube Anda!

Deskripsi: cara monetasi YouTube perlu dipahami dengan baik agar akun YouTube Anda bisa menghasilkan uang. Hanya saja, ada syarat yang perlu dipenuhi terlebih dahulu.

 

Related posts