Berapa Suhu Normal Kulkas 1 Pintu? Ini Jawabannya!

Apakah kalian pernah kaget karena susu yang disimpan di kulkas jadi sangat beku? Atau daging yang cepat busuk? Itu semua kemungkinan besar disebabkan karena kalian tidak mengatur suhu kulkas dengan tepat.

Menurut United States Food and Drugs Administrastion (FDA), suhu normal kulkas 1 pintu berada di bawah 4°C dan untuk freezer box di bawah -18° C. Suhu kulkas yang normal bertujuan untuk menjaga makanan kita tetap fresh dan tahan lama. Selain itu, kita juga mencegah perkembangbiakan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit bawaan pada makanan.

Berapa Suhu Normal Kulkas 1 Pintu?

Berapa Suhu Normal Kulkas 1 Pintu
Gambar kulkas 1 pintu

Seperti yang sudah disebutkan, suhu normal kulkas 1 pintu adalah di bawah 4°C sementara suhu normal freezer box ialah di bawah -18° C. Namun pada penerapannya, kita harus mengusahakan suhu kulkas berada di antara 1°C – 3°C (mendekati titik beku). Karena jika suhu mencapai titik 0°C, maka kualitas makanan akan turun drastis.

Sedangkan jika suhu kulkas mencapai 4°C, maka bakteri akan berkembang biak dan itulah yang membuat makanan cepat rusak. Dan parahnya lagi, kalian bisa terserang penyakit karena bakteri-bakteri yang berbahaya seperti Salmonella dan Escherichia Colli. Berikut adalah tabel yang menjelaskan suhu kulkas dan keterangannya.

Suhu Keterangan
>4°C Bakteri dan jamur kemungkinan dapat berkembang biak pada makanan
4°C Suhu ideal pada lemari es pendingin
1°C – 4°C Suhu rekomendasi dari FDA
<1°C Makanan mulai membeku

Cara Mengetahui Suhu Kulkas 1 Pintu

Cara mengetahui suhu kulkas 1 pintu
Gambar termometer untuk mengecek suhu kulkas

Pada umumnya kulkas 1 pintu tidak mempunyai alat pengukur suhu otomatis, sehingga kita harus menggunakan termometer. Kabar baiknya termometer bisa ditemukan dengan harga yang cukup terjangkau di toko peralatan dapur.

Letakkan termometer di dalam lemari es selama 30 menit, lalu lihat berapa suhunya. Cek apakah suhu kulkas sudah normal dan sesuai dengan indikator di atas. Jika belum, kalian bisa mengatur setelan suhu kulkas hingga normal.

See also  10 Bulan Di Dalam Sungai Iphone Masih Bisa Berfungsi

Kulkas 1 pintu biasanya tidak memiliki panel display yang menunjukkan suhu kulkas. Oleh karena itu, kita membutuhkan termometer untuk mengetahui suhu kulkas dengan tepat. Dengan begitu kita bisa mengatur suhu kulkas kita supaya normal dan sesuai standar.

Tips Menjaga Suhu Kulkas Tetap Normal

Biasanya setiap kulkas sudah memiliki sistem untuk mengatur suhu agar tetap normal. Namun, justru ketidaktahuan dan keteledoran kita lah yang kadang membuat suhu kulkas jadi tidak normal. Berikut adalah beberapa tips menjaga suhu kulkas agar tetap normal.

1. Pastikan Kulkas Tetap Penuh, tapi Jangan Sampai Terlalu Padat

Menjaga kulkas agar tetap terisi penuh bisa membantu temperatur agar tetap normal. Jika kulkas kosong, ketika kalian membuka-tutup pintu kulkas akan terjadi perputaran siklus udara di mana udara yang dingin akan tergantikan dengan udara yang hangat, yang karenanya kulkas harus melakukan pendinginan ulang. Namun jika kulkas penuh, udara yang tergantikan akan semakin sedikit karena aliran udara berkurang sehingga suhu akan tetap normal.

Namun jika kulkas terlalu padat/penuh, sirkulasi udara akan terhambat dan kulkas harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu agar tetap normal. Selain itu, ventilasi udara akan terhambat dan akan terjadi kelembapan, sehingga makanan cepat rusak/busuk.

2. Mengecek Ventilasi Udara

Ventilasi kulkas
Gambar ventilasi kulkas

Udara harus mengalir tanpa hambatan di antara kulkas dan freezer agar suhu tetap normal. Jika kalian melihat bunga es, pastikan tidak ada sesuatu yang menghalangi ventilasi karena dapat menghambat sirkulasi udara.

3. Kenali Bagian Terdingin Pada Kulkas

Bagian terdingin pada kulkas ada pada bagian belakang karena di situlah letak elemen pendingin. Jika kalian mau makanan atau minuman kalian agar tidak semakin beku, maka jauhkan dari bagian belakang.

See also  Hadirkan Lagi Benchmark Samsung Galaxy A23 5g

Demikian pembahasan kami seputar suhu normal kulkas 1 pintu. Karena kebanyakan kulkas 1 pintu tidak memiliki sistem pengukur suhu bawaan, maka kalian wajib memiliki termometer untuk mengetahui suhunya. Jangan lupa untuk selalu memerhatikan kulkas kita agar suhunya tetap normal.

Related posts