Sederet Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Anak

caramesin.com-Rasa jeruk yang asam, manis dan mengejutkan membuat buah ini digemari semua orang, termasuk anak-anak. Selain enak, buah jeruk memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak lho.

Meski mudah ditemukan dan relatif murah, masih banyak orang tua yang jarang memberikan buah jeruk kepada anaknya. Padahal, jeruk kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, antioksidan, asam folat, kalium, tiamin, dan kalsium.

Manfaat jeruk untuk kesehatan anak

Karena kandungan gizi jeruk yang tinggi, Anda harus memasukkan buah ini ke dalam menu makanan sehat anak Anda. Berbagai manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi jeruk adalah:

1. Meningkatkan daya tahan
Buah jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya. Jeruk berukuran sedang diketahui dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian anak.

Memenuhi kebutuhan vitamin C saat ini sangat penting untuk merangsang sistem kekebalan tubuh anak. Minum jeruk secara teratur dapat mencegah berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu atau COVID-19.

2. Mengurangi risiko anemia

Vitamin C dalam buah jeruk juga berperan dalam meningkatkan asupan zat besi untuk mengurangi risiko anemia pada anak. Selain itu, vitamin C juga dapat menjaga kesehatan jantung dan lemak darah.

3. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Jeruk merupakan sumber serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan menjaga asupan fiberglass setiap hari, anak terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

Selain itu, serat kaca pada jeruk dapat meningkatkan rasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga dapat mengurangi nafsu makan anak Anda untuk mengonsumsi jajanan yang tidak sehat.

4. Hindari dehidrasi

Manfaat jeruk lainnya untuk anak adalah pencegahan dehidrasi. Hal ini karena jeruk, 80% di antaranya adalah air. Tentunya ibu tidak hanya akan bergantung pada jeruk, tetapi harus terus memenuhi kebutuhan Si Kecil akan cairan melalui air putih, ASI atau ASI.

See also  Tips Cara Untuk Menjaga Iphone Tetap Aman Terbaru

5. Menjaga kulit tetap sehat

Bun, jeruk bisa bikin kulit bayi sehat lho. Khasiat ini didapat dari antioksidan dan vitamin C yang dikandungnya, yang mencegah kerusakan kulit dan membantu tubuh membuat kolagen, sehingga kulit tetap kencang dan aman.

Itulah segudang manfaat jeruk untuk kesehatan. Moms bisa menyajikan buah ini langsung setelah dikupas atau dalam bentuk es krim buatan sendiri, salad buah, agar-agar dan jus. Tapi berikan jus buah saat bayi berusia 1 tahun, kan?

Juga perlu diingat bahwa jeruk lebih asam. Anak-anak dan bayi seringkali lebih sensitif terhadap rasa asam. Jika diberikan terlalu banyak, dapat menyebabkan iritasi asam pada mulut, kerongkongan, lambung dan usus. Kotoran juga bisa lebih asam dan akhirnya bisa mengiritasi kulit di bokong. Untuk anak-anak, ini dapat meningkatkan risiko ruam menjadi kurang nyaman.

Selain itu, buah jeruk dapat menyebabkan alergi pada beberapa anak. Jika anak Anda mengalami gejala alergi seperti gatal-gatal, ruam, diare dan muntah setelah konsumsi pertama buah jeruk, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Related posts