Breaking News

Pengertian Reservoir: Fungsi, Bagian Serta Macam-Macam Reservoir Air

Air memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Karenanya persediaan air dalam jumlah yang besar diperlukan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan air manusia adalah dengan cara menampung cadangan air di dalam sebuah tempat penampungan, yang biasa disebut sebagai reservoir air. Selain sebagai tempat penampungan air, reservoir juga berperan dalam distribusi air untuk kebutuhan manusia sehari-hari.

Pengertian Reservoir Air

reservoir air adalah
Ilustrasi reservoir air

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reservoir adalah tempat menyimpan barang-barang cadangan seperti air, bahan bakar gas. Secara harfiah reservoir air merupakan bangunan untuk menampung air minum sebelum dilakukan pendistribusian ke masyarakat. Reservoir dapat ditempatkan dibawah atau diatas permukaan tanah dalam bentuk menara atau tower.

Pada umumnya bangunan reservoir ditempatkan dekat dengan jaringan distribusi air pada ketinggian yang cukup, agar dapat mengalirkan air dengan baik dan merata ke seluruh wilayah konsumen.

Fungsi Reservoir Air

fungsi reservoir air
Ilustrasi reservoir air

Reservoir memiliki fungsi utama yakni untuk menyeimbangkan debit produksi air dengan debit pemakaian air. Pada waktu yang bersamaan, seringkali debit produksi air bersih tidak sama besar dengan debit pemakaian air. Saat jumlah produksi air bersih lebih besar dari jumlah pemakaian air, maka debit air yang berlebih disimpan untuk sementara waktu dalam reservoir. Debit air yang berlebih nantinya akan digunakan kembali untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada saat jumlah produksi air lebih kecil dari jumlah pemakaian air.

Selain fungsi utama reservoir seperti yang di sebutkan sebelumnya, ada beberapa fungsi lain dari reservoir, yaitu :

  • Untuk memberikan tambahan tekanan air pada jaringan pipa distribusi (khususnya bagi reservoir yang berbentuk menara).
  • Untuk membuat tekanan air pada jaringan pipa distribusi lebih stabil.
  • Sebagai tempat untuk menampung persediaan air dalam keadaan darurat.
  • Sebagai tempat untuk mencampur air dengan larutan kimia, terutama pembubuhan disinfektan. Pencampuran bahan kimia ini dilakukan di dalam reservoir agar pencampuran tersebut lebih merata, di samping itu dengan durasi pencampuran yang lebih lama, diharapkan dapat mengurangi sisa zat klor yang berlebih.
  • Sebagai tempat untuk mengendapkan pasir atau kotoran-kotoran lain yang mungkin masih terbawa air yang berasal dari instalasi pengolahan atau dari sumur dalam.
  • Bila reservoir diisi dengan menggunakan pompa, maka proses pemompaan dapat dijalankan dengan lebih merata. Dengan pemompaan yang merata ini, maka diharapkan dapat menghemat pemakaian energi listrik.
See also  Mesin Adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat Serta Aplikasinya

Bagian-Bagian Reservoir

Bagian-bagian dari reservoir adalah sebagai berikut :

  • Bak penampungan. yang merupakan bagian utama dalam reservoir
  • Bagian Perpipaan. bagian perpipaan ini terdiri dari beberapa macam pipa seperti pipa air masuk (pipa inlet), pipa air keluar (pipa outlet), pipa peluap yang digunakan untuk membuang air yang berlebih, pipa penguras dan pipa udara
  • Lubang inspeksi atau manhole. sebagai tempat untuk melakukan inspeksi reservoir
  • Tangga naik dan tangga untuk masuk ke dalam reservoir
  • Alat penunjuk tinggi muka air yang diletakkan di dalam reservoir
  • Alat pengukur debit air atau meter air, biasanya alat ini dipasang pada pipa air masuk atau pada pipa air keluar reservoir

Macam-Macam Bentuk Reservoir

Bentuk-bentuk reservoir bervariasi tergantung dari pembuat reservoir tersebut, namun sebaiknya bangunan reservoir dibuat dengan bentuk yang simetris dan segi beraturan. Hal ini dilakukan karena selain mudah dalam proses pembangunan, reservoir dalam bentuk ini juga mudah untuk dihitung kapasitasnya. Beberapa bentuk alas dari suatu reservoir antara lain:

1. Segi empat/kubus

Contoh reservoir berbentuk kubus
Contoh reservoir berbentuk kubus

Selain mudah dalam pembangunan, reservoir dengan bentuk ini juga gampang untuk mengetahui kapasitas volumenya.

2. Lingkaran/silinder

Contoh reservoir berbentuk silinder
Contoh reservoir berbentuk silinder

Meskipun reservoir dalam bentuk ini sulit dalam pembangunannya, namun banyak dibangun karena mudah dihitung kapasitasnya.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu reservoir, secara garis besar reservoir adalah bangunan atau tempat untuk menampung persediaan air. selain itu reservoir juga  bermanfaat dalam pendistribusian air untuk masyarakat. Setelah mengetahui ini semoga kamu lebih memahami tentang apa itu reservoir.

Check Also

Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik

Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik

caramesin.com – Cara menggunakan mesin pemotong laser untuk hasil terbaik, Industri manufaktur pada era ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published.