Penyebab AC Tidak Dingin Setelah Di Service

caramesin.com – AC Tidak Dingin Setelah di Service, Apa Penyebabnya?,Tentu Anda akan merasa kesal jika masalah AC tidak dingin setelah diservis terjadi pada mesin pendingin Anda. Atau sebaliknya, bisa jadi hal inilah yang sedang Anda alami saat ini, hingga akhirnya Anda muncul di postingan ini. Meskipun tidak semua pengguna mengalami hal ini, masalah seperti ini valid. Banyak sekali individu yang berang ketika mendapatkan keadaan seperti ini, apalagi biaya yang harus dikeluarkan untuk service AC cukup besar.

Saya pribadi sering mendapatkan keluhan dari beberapa individu atau pembaca website ini. Sejujurnya, mereka menyampaikan bahwa AC mereka tidak dingin meskipun sudah diservis juga di unit indoor dan outdoor.

Hal ini mungkin saja terjadi karena disebabkan oleh ketidakhadiran kita yang paling ekstrim saat melakukan service AC. Atau sekali lagi, mungkin juga ada masalah lain. Soal AC yang tidak dingin dan cara mengatasinya, saya juga pernah menulis artikel.

Masalah Normal AC Tidak Dingin Setelah ServiceMasalah Normal AC Tidak Dingin Setelah Service

..selanjutnya, berikut adalah beberapa kemungkinan yang menyebabkan sistem pengatur suhu tidak dingin setelah diservis, sehingga rasa penasaran Anda terjawab disini.

Sistem udara paksa masih jorok, karena pelayanannya kurang ideal

Seperti yang mungkin sudah kita ketahui, salah satu faktor penyebab sistem udara paksa tidak dingin adalah karena sistem udara paksa kotor. Oleh karena itu, perlu untuk menyelesaikan layanan atau dukungan adat setiap 2-3 bulan.

Memang jika kita tidak menyempurnakannya secara ideal, tentu hal ini akan membuat eksekusi AC menjadi tidak ideal. Akibatnya, sistem kontrol iklim tidak cukup dingin atau bahkan tidak dingin dengan cara apa pun.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, harap bersihkan unit dalam dan luar ruangan, dan pastikan benar-benar bersih, terutama pada kisi-kisi atau sirip pada evaporator dan kondensor.

See also  Rekomendasi Charger Terbaik dan Terbaru dari Roker

Tentunya hal ini juga harus didukung dengan service hardware atau motor uap yang mumpuni, serta memiliki tekanan air yang kuat. Ini agar tanah di bagian dalam evaporator atau kondensor benar-benar bersih.

Ada kesalahan pada modul atau sensor PCB, karena terkena air

Masalah seperti ini sering dialami oleh teknisi pemula, atau individu yang masih baru dalam pekerjaan service AC. Biasanya hal ini terjadi karena ahlinya kurang hati-hati, sehingga air mengenai bagian modul yang seharusnya tidak terkena air.

Akibatnya, modul kontrol AC menjadi berbahaya, seperti sensor berkedip, AC sering berputar-putar, atau berbagai situasi sulit lainnya.

Jika sudah begini, cara mengatasinya adalah dengan mengeringkan bagian yang terkena air terlebih dahulu, lalu pasang kembali. Atau sebaliknya, jika masih tidak berhasil, Anda dapat me-restart modul.

Saran saya adalah lebih berhati-hati saat melakukan servis, terutama saat mencuci unit indoor. Jika Anda ragu-ragu, lebih baik untuk menutupi modul dengan koran atau sesuatu yang lain, agar tidak terciprat air dan lebih jauh dari berbagai masalah yang mungkin terjadi.

Tekanan freon berkurang, tetapi tidak ditambahkan

Refrigeran atau freon adalah refrigeran yang digunakan pada sebagian besar mesin pendingin dalam proses pendinginan. Dalam penggunaannya juga ada aturannya, berdasarkan jenis freonnya, dan terlebih lagi kapasitas ACnya.

Jika saja tekanan freon ini tidak mencukupi, tentu saja sistem pengatur suhu tidak dapat mendinginkan secara maksimal atau bahkan tidak menciptakan hawa dingin dengan imajinasi apa pun.

Tidak diketahui pasti berapa lama tekanan freon ini akan turun, hanya saja setiap kali dilakukan service support sebaiknya dilakukan pengecekan tekanan freon.

Hal ini untuk menentukan masih tipikal atau tidak, sehingga apabila terjadi kekurangan freon dapat diketahui lebih awal, sehingga dapat dilakukan penambahan tambahan sesuai dengan jenis freon yang digunakan.

See also  Begini Cara Daftar Bitcoin Dengan Mudah Dan Aman

Kemudian lagi jika tekanan kosong hingga 0 PSI, jika hal ini terjadi maka dapat dipastikan telah terjadi tumpahan freon. Kita juga tidak bisa hanya top it off, tanpa mencari break dimana akan diperbaiki terlebih dahulu.

Oleh karena itu, jika ada freon yang tumpah alangkah baiknya untuk mencari tahu dimana letak pelepasannya, lalu perbaiki, sungguh pada saat itu mungkin freon sewaktu-waktu bisa terisi lagi. Tentu hal ini dilakukan agar freon tidak terbuang percuma.

Eksekusi motor kompresor tidak dapat diperluas

Bisa dibilang kompressor adalah pusat dari sebuah mesin refrigerasi, jika penyajiannya mengalami penurunan, tentu virus yang diciptakan juga tidak ideal. Hal ini menyebabkan sistem udara paksa tidak dingin meskipun telah diservis.

Banyak faktor yang menyebabkan presentasi kompresor ini menurun, antara lain: ampere yang meningkat, kondensor yang kotor, kapasitor yang ringkih, atau musim penggunaan yang lama juga dapat menyebabkan performa kompresor menurun.

Oleh karena itu, semua itu harus dicek dan dipastikan semuanya dalam kondisi normal saat melakukan servis, agar sistem kontrol iklim bisa kembali beraktivitas seperti kita.

Ada beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan sistem udara paksa tidak dingin setelah servis lain, lebih spesifiknya:

  1. Masalah termistor
  2. Kipas angin tidak kencang
  3. Mengatur suhu terlalu tinggi
  4. Salah penggunaan mode jauh (silakan gunakan mode otomatis atau mode keren)
  5. Menggunakan mode low watt, yang dapat menurunkan eksekusi kompresor, dan sebagainya.

Kesimpulan

Seperti yang saya katakan di atas, ada banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab AC tidak dingin setelah diservis. Oleh karena itu, penilaian langsung diperlukan agar masalah dapat diidentifikasi dengan pasti.

Namun dari beberapa kemungkinan tersebut, empat di antaranya seperti yang telah saya sampaikan dalam tulisan ini. Masalah ini tidak hanya terjadi pada satu merek AC tertentu, tetapi mencakup semua merek AC.

See also  12 Jenis Jenis Dioda (Diode); Lambang, Fungsi Serta Penjelasannya

Baik itu sistem udara paksa merk Daikin, Sharp, Polytron, Panasonic, Gree, dan lain-lain, bisa saja mengalami masalah tidak dingin meski sudah diservis.

..selanjutnya, jika masalah AC tidak mendingin setelah dicuci ini terjadi pada unit AC Anda, tetapi juga melacak tempat yang bagus, silakan ajukan pertanyaan Anda di segmen komentar. Saya akan dengan senang hati membantu Anda, atau Anda juga dapat berkonsultasi dengan menghubungi saya melalui halaman kontak.

Related posts