Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi dan Solusinya

caramesin.com – Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi dan Solusinya,Masalah AC ayun yang tidak berfungsi sering membuat pengguna khawatir. Pasalnya, kerusakan ini menyebabkan sistem udara paksa tidak bisa dibuka atau ditutup saat dihidupkan.

Sebenarnya, ada alasan kuat untuk bereaksi berlebihan, karena ini adalah masalah khas yang sering terjadi di sistem udara paksa rumah. Mungkin karena ketidaktahuan, sehingga ini membuat beberapa pengguna khawatir.

Sama-sama agar tidak hiruk pikuk dan pengguna tahu apa penyebab AC swing ini tidak berfungsi, maka silahkan disimak artikel ini sampai habis.

Untuk diketahui, swing merupakan salah satu bagian dari unit AC yang berfungsi untuk membuka dan menutup daun swing saat AC dihidupkan atau dimatikan.

Ayunan terbuka atau tertutup juga bisa menjadi tanda apakah sistem kontrol iklim menyala atau tidak. Dimana saat ayunan terbuka berarti AC menyala, begitu juga sebaliknya.

Jadi, kalau ayunan tidak bisa dibuka atau ditutup, tentu kita tidak bisa mengetahui apakah AC menyala atau tidak, selain dengan memperhatikannya dengan cermat.

Setiap AC menggunakan merek swing yang berbeda, kecuali Sharp dan Gree yang sama-sama menggunakan motor swing merek China.

Mengapa AC swing tidak berfungsi?Mengapa AC swing tidak berfungsi?

Agar pengguna tidak bereaksi berlebihan saat AC swing tidak berfungsi dan mengetahui aktivitas apa saja yang dibutuhkan, berikut beberapa faktor penyebabnya.

1. Rusak ke mesin Swing

Mesin ayun terdiri dari dinamo yang di dalamnya terdapat lilitan tembaga, dan juga roda barang. Bagian ini berfungsi untuk bergerak seperti menutup dan membuka daun ayun.

Jika perangkat ini rusak, tentu saja daun ayun tidak bisa membuka dan menutup saat AC dihidupkan atau dimatikan.

See also  Pengertian Alternator: Komponen, Fungsi, Jensi Serta Prinsip Kerjanya

Kerusakan mesin ayun biasanya disebabkan oleh roda gigi yang aus, dan lebih jauh lagi karena ada lilitan tembaga yang berantakan.

Biasanya, mesin ayun yang rusak juga tidak mungkin diperbaiki. Jadi, kita perlu menggantinya dengan yang baru dan unik agar AC swing bekerja kembali.

2. Snare daun ayun patah atau aus

Untuk menghubungkan daun ayun ke mesin ayun, ia menggunakan semacam snare. Jadi, jika snare putus, tentunya daun ayun tidak berhubungan dengan mesin ayun.

Akibatnya AC swing tidak berfungsi atau tidak bisa buka tutup saat AC dihidupkan atau dimatikan.

Untuk mengatasi masalah ini, pertama-tama kita harus melihat seberapa parah kerugiannya. Jika baru saja putus, Anda bisa menempelkannya kembali atau mengasosiasikannya menggunakan power stick.

Namun, jika kerusakannya parah, kami ingin mengganti daun ayun. Sayangnya, daun ayun ini tidak dijual untuk yang baru, sebagai pilihan kita dapat menemukan daun ayun bekas yang tentu saja harus merek dan jenis sistem kontrol iklim yang sama.

3. Daun ayun terhalang oleh benda asing

Benda asing yang dimaksud bisa berupa tanah atau sesuatu yang pada dasarnya menempel pada daun ayun dan menyebabkan ayunan tidak bisa membuka dan menutup.
Jika hal ini menyebabkan AC swing tidak berfungsi, tentunya solusinya cukup mudah. Artinya, kita membuang barang yang tidak rata, faktanya bagaimana agar daun ayun tidak terhalang lagi oleh artikel yang tidak dikenal.

4. Ada link yang rusak

Mesin swing dapat bergerak karena mendapat aliran listrik dari modul, dimana aliran tersebut dialirkan menggunakan link.

Jadi, jika salah satu kabel putus, mesin ayun tidak bisa berputar dan daun ayun tidak bisa membuka atau menutup.

See also  Simak, Adab Bermedia Sosial Yang Baik Dan Benar

Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh usia, yang bermaksud bahwa dalam jangka panjang sistem udara paksa digunakan. Namun, link yang rusak juga bisa disebabkan karena digigit makhluk seperti tikus.

Untuk memperbaiki mesin swing karena link yang rusak tentunya juga sangat mudah. Kami hanya perlu menyambungkan kembali tautan, atau menggantinya jika perlu.

5. Ada soket yang longgar

Selain kabel, untuk menghubungkan mesin ayun ke modul, soket juga digunakan. Jika soket ini longgar atau kotor, tentu saja hubungan aliran listriknya tidak akan bagus.

Sehingga membuat mesin swing tidak bisa bekerja yang pada akhirnya daun swing juga tidak bisa buka tutup.

Cara mengatasinya juga cukup mudah yaitu kita ingin sekali melepas stop kontak, lalu kita bersihkan bagian dalamnya, lalu silahkan pasang kembali.

Namun, jika soket masih kendor, kita perlu mengganti soket dengan bentuk yang bagus.

Selain masalah over, AC swing tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh penggantian modul AC dengan modul universal.

Biasanya ada perbedaan cara link antara mesin swing dan modul universal. Jadi, agar mesin ayun bisa bekerja, kami sangat ingin memodifikasinya.

Caranya, silahkan simak gambar di bawah ini, dan urutkan kabel-kabel sesuai dengan kebutuhan Anda.

https://caramesin.com/Sekarang. itulah beberapa hal yang menyebabkan mesin ayun AC tidak berfungsi. Dimana hal ini berlaku untuk semua merk AC, seperti : Daikin, Sharp, Panasonic, LG, Gree, dan lainnya.

Agar artikel ini tidak hanya bermanfaat bagi Anda, silakan bagikan kepada teman dan sahabat anda.

Related posts