Breaking News

Pengertian Piramida Ekologi Hingga Ruang Lingkupnya

Pengertian Piramida Ekologi

caramesin.com – Lengkap! Ini Pengertian Piramida Ekologi Hingga Ruang Lingkupnya,Pada dasarnya, dalam bahasa Yunani, ekologi sendiri terdiri dari dua kata, yaitu oikos dan logos. Dimana oikos sendiri memiliki arti sebagai tempat tinggal, sedangkan logos sendiri adalah ilmu.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pengertian ekologi adalah cabang ilmu biologi yang membahas tentang interaksi antara makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya. Patut dicatat bahwa definisi ekologi telah ada sejak tahun 1869 dan ditemukan oleh Ernst Haeckel.

Sedangkan piramida ekologi sendiri sering diartikan dalam susunan tingkatan tertentu. Dimana tingkatan-tingkatan tersebut menunjukkan hal yang berbeda, yaitu bentuk massa organisme, kepadatan populasi, dan juga kemampuan menyimpan energi dalam tata letak taman bermain apapun. Semuanya tersusun secara bertahap dalam suatu ekosistem dimana, berdasarkan jenisnya masing-masing, piramida dibagi menjadi 3 bagian.

Yang pertama adalah piramida angka yang menunjukkan jumlah organisme yang ada di setiap tingkat. Selain itu, terdapat pula piramida biomassa dengan fungsi tersendiri untuk menampilkan berat organisme. Dimana organisme hidup yang bersangkutan dihitung berdasarkan beratnya berdasarkan setiap tingkatan kursus.

Di sisi lain, ada juga piramida energi di mana setiap tingkat dengan sendirinya menunjukkan jumlah energi yang tersedia. Dimana peran utama disini dimainkan oleh sinar matahari sebagai sumber energi utama bagi tumbuhan.

Nantinya, melalui rantai makanan, energi matahari secara alami menjadi energi kimia. Di mana sejumlah kecil energi biasanya digunakan dalam piramida ekologi, setidaknya 10%. Piramida ekologi ini tentunya memiliki ruang lingkup tersendiri, salah satunya yang terpenting adalah ekosistemnya. Dimana skala piramida ekologi ini memiliki arti sebagai wadah atau asosiasi organisme. Sehingga nantinya mereka dapat berhubungan langsung dengan lingkungan alamnya. Tidak hanya itu, seringkali suatu ekosistem sering dihuni oleh lebih dari satu bioma. Tidak lain adalah perbedaan yang ada pada komponen abiotik dan biotik dari ekosistem itu sendiri.

See also  Berikut Review Realme GT Neo 3 Naruto Edisi Khusus

Check Also

Suzuki GSX-R150: Apa yang membuat motor sport ini menarik?

  caramesin.com-Seperti pabrikan sepeda motor lainnya, Suzuki juga merilis motor sport versinya. Ya, motor tersebut …