Pemilik Mobil Diesel, Jangan Sepelekan Filter Solar Bawah

Tidak heran mobil diesel common rail modern sangat sensitif jika terus meminum solar murah.

Kandungan sulfur yang tinggi berisiko menyumbat saluran bahan bakar, seperti filter diesel dan injektor.

Selain itu, soal kualitas bahan bakar dari satu SPBU ke SPBU lain juga berbeda. Oleh karena itu, mobil diesel modern seringkali tidak kurang dari 5.000 kilometer (km) ketika indikator filter sudah menyala.

Perhatikan bahwa kebanyakan pabrikan sekarang mengeluarkan mobil diesel dengan dua filter diesel, yaitu bagian atas dan bawah. Filter atas berfungsi sebagai filter untuk jalur sirkulasi bahan bakar utama sebelum kalibrasi injektor, filter bawah berfungsi sebagai pemisah air, yaitu menyaring air yang terkandung terlarut dalam solar.

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, dalam banyak kasus pemilik mobil sering lupa mengganti filter bawah.

Biasanya, filter atas rata-rata diganti karena indikasi gejala masalah mesin diesel, seperti tersendat dan lamban, yang bisa langsung dirasakan oleh pemilik mobil.

“Karena langsung terhubung ke injektor, distribusi tenaga diesel dari tangki bahan bakar kalibrasi kecil, sehingga gejala masalah mesin terasa terutama pada performa kendaraan,” katanya kepada Kompas.com Kamis, Kamis (30/6). /2020) 2022). ).

Bambang melanjutkan, sesuai spesifikasi kompresi mesin diesel seperti Innova dan Fortuner dirancang untuk menampung bahan bakar berkualitas rendah. Meski begitu, untuk alasan perawatan tidak bisa dianggap remeh. Salah satunya adalah penggantian rutin filter diesel dan purge injector.

“Standar modifikasi pabrikan untuk setiap jarak tempuh minimal 10.000 kilometer, namun berdasarkan penggunaan dan kualitas solar pada jarak 5.000 kilometer, kondisi kertas saring ditinjau kembali,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Bambang juga mengatakan, jika bahan bakar Biosolar sering digunakan, pemilik mobil dapat melakukan perawatan tambahan setiap interval servis 20.000 km untuk menguras tangki dan membersihkan sisa lumpur.

See also  Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya

“Biasanya kalau masalah filter solar teratasi, mekanik akan mengecek saluran bahan bakar lain, seperti injektor, dan mudah-mudahan pilihannya adalah mengosongkan tangki karena belerang yang dibiarkan mengendap akan mengendap. berubah menjadi lumpur,” katanya. Dapatkan update harian dan berita terkini yang dikuratori oleh Kompas.com. Ayo gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Related posts