Olike Hero T9, TWS terjangkau dan praktis

caramesin.com-Hero T9 adalah TWS terbaru dari Olike. Headphone nirkabel ini sangat terjangkau dengan konektivitas Bluetooth 5.3.

Cara mudah untuk mendengarkan musik secara langsung adalah dengan menggunakan headphone True Wireless Stereo (TWS). Seperti namanya, headset ini tidak menggunakan kabel dan sepenuhnya mengandalkan konektivitas nirkabel. Oleh karena itu, tidak ada kabel yang kusut yang mengganggu transportasi.

Perusahaan yang baru-baru ini meluncurkan headphone berbasis TWS adalah Olike, yang produknya bernama Hero T9. Headphone nirkabel ini memiliki konektivitas Bluetooth 5.3, yang menjanjikan koneksi nirkabel yang stabil. Selain itu, kapasitas baterainya adalah 300 mAh. Apalagi, TWS memiliki harga yang relatif terjangkau yakni Rp 299.000.

Rencana

Meski harganya relatif murah, namun desain TWS secara keseluruhan sangat kuat. Kotak atau kontainer pengiriman berisi bahan-bahan yang tidak “murah”. Itu karena tas terlihat sangat mulus dengan bahan plastik glossy dan tidak ada sudut di oval. Port pengisian daya terletak di bagian bawah casing, dengan desain port USB-C. Misalnya, Anda dapat dengan mudah mengisi daya earbud nirkabel dengan kabel pengisi daya ponsel Android. Namun, Olike memang menyediakan kabel USB-C di dalam kotak. Pengisian baterai casing dari kosong hingga penuh membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Di bagian tengah casing terdapat LED kecil yang terang yang berguna untuk menginformasikan tentang status baterai earphone di dalamnya. Indikator ini menyala oranye saat headphone sedang diisi dan berubah menjadi hijau saat baterai headphone penuh. Saat Anda mengisi daya casing earphone Olike dengan pengisi daya eksternal, lampu LED berkedip oranye.

Seperti kebanyakan TWS, tutup casing earphone ini menggunakan mekanisme magnetik untuk memudahkan akses saat membuka dan menutup. Masing-masing headphone ini memiliki bentuk ujung semi-in-ear. Artinya, ujungnya menonjol, yang, ketika digunakan, hampir sepenuhnya masuk ke telinga. Juga tidak ada karet silikon di ujung earphone. Karena itu, ini mengingatkan saya pada desain TWS AirPods Apple.

See also  Who is Hideo Kojima? The video game designer is mistaken for Tetsuya Yamagami, Shinzo Abe's assassin.

Tindakan

Tidak sulit untuk menghubungkan Olike Hero T9 ke ponsel Anda atau perangkat lain yang didukung. Dengan membuka tutup kasing headphone ini, ia memasuki mode berpasangan. Pada langkah selanjutnya, buka pengaturan Bluetooth ponsel dan pilih opsi Olike Hero T9 untuk menghubungkan headphone. Setelah dipasangkan, earbud akan secara otomatis terhubung ke ponsel Anda saat Anda membuka penutup casing.

Terdapat sensor sentuh di bagian belakang atas earbud kiri dan kanan. Sensor ini berguna untuk mengontrol musik dan mengakses telepon. Misalnya, untuk menjawab atau mengakhiri panggilan, ketuk sensor di telinga kiri atau kanan Anda. Anda juga dapat menolak panggilan masuk dengan menekan dan menahan sensor earbud kiri dan kanan selama 3 detik. Untuk mengontrol musik, Olike Hero T9 dapat memutar/menjeda musik dengan menekan sensor earbud kiri atau kanan satu kali. Untuk memutar lagu sebelumnya di playlist, ketuk sensor dua kali dengan earbud kiri dan ketuk sensor di earbud kanan untuk memutar lagu berikutnya.

Anda juga dapat mengatur volume langsung dari Hero T9. Untuk menurunkan volume, ketuk sensor di earbud kiri tiga kali. Di sisi lain, jika Anda ingin memperbesar volume, ketuk sensor earbud kanan tiga kali. Di sisi lain, Anda juga dapat mengaktifkan Google Assistant atau Siri di ponsel yang terhubung dengan menekan dan menahan sensor earbud kanan atau kiri selama 3 detik.

Bahkan, akses ini dapat memudahkan Anda untuk mengontrol musik atau hal lainnya tanpa harus mengeluarkan ponsel dari saku atau tas. Namun, ada kalanya akses tidak merespon saat menggunakannya. Namun, secara umum, gerak tubuh saya diterima dengan baik. Untuk mengaktifkan perintah suara, mikrofon internal cukup akurat untuk menangkap perintah saya. pertunjukan

See also  Ini 5 Patokan Waktu Ganti Oli yang Tepat untuk Kendaraan: Pemotor dan Pemobil Wajib Tahu

Performa TWS Olike Hero T9 saya uji dengan memainkan beberapa lagu dari Spotify dengan kualitas terbaik atau lagu “Very High”. Lagu pertama yang dia mainkan adalah “I’m Alive” oleh Celine Dion. Saat lagu dimulai, suaranya benar-benar alami. Namun, frekuensi tinggi yang seharusnya mengiringi suara akustik tidak terdengar dengan baik.

Pemisahan stereo pada instrumen frekuensi menengah terdengar sempurna untuk headphone TWS di kelasnya. Secara umum, lagu yang dirilis pada tahun 2002 ini kurang menarik dalam nada tinggi, baik pada volume rendah maupun tinggi. Vokal latar dalam musik ini cukup jelas terdengar di saluran kiri dan kanan. Di tengah lagu, ketika instrumen lebih banyak, vokal tidak didominasi oleh suara frekuensi rendah. Tapi di sini juga, tertinggi kadang-kadang dibayangi oleh frekuensi menengah.

Lagu kedua yang saya dengarkan di TWS berjudul “Turn the Beat Around” oleh Gloria Estefan. Sebagai catatan, lagu ini memiliki instrumen yang lebih banyak dan tempo yang lebih cepat. Mulai dari frekuensi rendah dan tinggi, pemisahan stereo yang disediakan cukup mumpuni. Saat bass mulai berbunyi, frekuensi ini tidak mendominasi frekuensi lainnya. Namun, saya pikir treble bisa lebih baik.

Lagu terakhir yang saya dengarkan untuk menguji Olike Hero T9 adalah “Dia Tidak Cukup Manusia” oleh Toni Braxton. Bass terdengar bagus, meskipun tidak terlalu bulat. Kali ini, sekali lagi, treble terdengar kurang agresif dengan instrumen dan vokal. Terkadang suara bantu disembunyikan oleh instrumen frekuensi menengah dan rendah pada pemisahan stereo. Namun, pemisahan akustik kiri-kanan dari resonansi alat musik tampaknya baik-baik saja.

Untuk merekam, disarankan untuk menempatkan earphone dengan erat di lubang telinga, agar dapat mendengarkan musik dengan lebih baik. Alasannya adalah jika lubang driver sedikit berbeda dari lubang telinga, suara yang dihasilkan akan kurang dari yang diinginkan.

See also  Mengulik Keindahan dan Keunikan Wisata Desa Wae Rebo

Menurut pengalaman saya, headphone TWS ini cenderung sedikit bergeser dari posisi optimalnya di telinga, terutama ketika saya tiba-tiba bergerak terlalu banyak. Selain itu, headphone ini mudah dipakai saat mengakses sensor kontrol. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati saat mengakses sensor kontrol.

Hasil

Jika Anda mencari TWS pertama yang sangat terjangkau, Olike Hero T9 dengan kisaran harga Rp 299.000 bisa menjadi pilihan. Dengan harga semurah ini, konsumen sudah bisa mendapatkan headphone nirkabel dengan kontrol sentuh penuh seperti volume dan track switching.

Faktanya, treble adalah salah satu kelemahannya. Namun dengan harga ini, headphone ini menawarkan pemisahan saluran yang cukup stabil. Tidak terlalu bulat, tapi dentuman bass yang dihasilkan masih bisa dipercaya.

Di sisi lain, headphone ini sangat nyaman dengan koneksi yang cepat, andal, dan kontrol penuh. Ada beberapa gerakan kontrol yang perlu diingat bahwa Anda pasti akan terbiasa seiring waktu. Namun, Anda harus berhati-hati karena gerakan kontrol ini dapat diterapkan secara tidak sengaja saat memasang posisi earbud di telinga Anda.

Related posts