Mengenal Mesin Frais: Bagian, Jenis Serta Prinsip Kerjanya

Dalam dunia industri, terdapat banyak mesin yang digunakan untuk membantu kinerja dan produksi baik untuk meningkatkan waktu proses atau pun untuk menyelesaikan suatu produk pada tahap finishing. Salah satu yang banyak digunakan adalah mesin frais atau milling machines yang sangat fleksibel.

Mesin ini akan ditemukan hampir di semua jenis industri, karena memang memiliki fungsi yang sangat penting. Tidak heran jika kehadiran mesin ini di industri menjadi sebuah keharusan.

Apa Itu Mesin Frais?

Mesin frais ini adalah mesin potong dalam perkakas yang digunakan pada proses pengerjaan pembuatan suatu benda, ataupun untuk pemotongannya. Alat ini menggunakan pisau frais (cutter) yang berputar di sumbu mesin. Fungsi utama dari alat ini adalah untuk memotong saat sedang dilakukan pembuatan suatu benda sebagai bentuk finishing atau pun saat pengerjaan. 

Bagian-Bagian Mesin

bagian mesin frais
Bagian mesin frais

Pembahasan selanjutnya terkait dengan bagian mesin frais yang utamanya terdiri dari 8 bagian. Semua bagian memiliki fungsi yang sama-sama penting. Berikut ini adalah pembahasan semua bagian dari mesin ini, yang diantaranya.

  1. Spindel utama yang memiliki fungsi untuk mencengkram alat potong, dan dibagi menjadi tiga jenis. Ada horizontal, vertical, dan juga universal spindle.
  2. Meja yang berfungsi untuk clamping device atau meletakkan benda kerja, dan memiliki tiga jenis. Pertama adalah fixed table, compound table, dan swivel table.
  3. Motor drive yang sesuai dengan namanya berfungsi sebagai motor, atau penggerak bagian-bagian mesin lainnya. Ada 3 buah motor dalam satu mesin milling ini motor spindle utama, motor gerakan pemakanan, dan motor pendingin.
  4. Transmisi memiliki fungsi sebagai penghubung antara motor penggerak dengan benda yang ingin digerakkan. Komponen ini dibedakan menjadi dua macam berdasarkan fungsinya yakni transmisi spindle utama, dan transmisi feeding.
  5. Knee yang fungsinya adalah menopang ataupun menahan meja mesin.
  6. Column/tiang yang merupakan lokasi menempel nya bagian mesin yang lainnya.
  7. Dasar/base terletak di bagian bawah mesin, dan bagian yang menopang tiang ataupun badan. Selain itu juga merupakan tempat dari cairan pendingin.
  8. Control yang bertugas untuk mengatur bagian mesin yang bergerak

Jenis Mesin Frais

jenis jenis mesin frais
Variasi mesin frais

Ada banyak macam-macam mesin frais yang tersedia di pasaran, hanya saja kali ini akan dikelompokan berdasarkan posisi spindel utama, dan juga berdasarkan fungsi penggunaan. Seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

#Berdasarkan Posisi Spindel Utama 

Jenis mesin frais yang pertama adalah mesin yang berdasarkan posisi spindle utama, dan kembali dibedakan menjadi empat jenis yang diantaranya:

  • Mesin Frais Horizontal yang memiliki poros utamanya dalam posisi mendatar, dan poros ini berfungsi sebagai pemutar dan juga pemegang alat potong. Mesin ini dapat digunakan untuk memotong alur, rata, roda gigi lurus, membelah atau memotong, dan juga memotong bentuk.
  • Vertikal yang berkebalikan dengan jenis mesin sebelumnya, poros utama mesin ini terletak dalam posisi tegak lurus. Biasanya digunakan memotong rata, ulur, bentuk, membelah dan memotong, serta mengebor.
  • Mesin universal dan sebenarnya merupakan gabungan dari kedua mesin di atas yakni bisa digunakan vertical ataupun horizontal. Hanya saja penggunaan keduanya tidak bisa dilakukan secara berbarengan.
  • Mesin CNC merupakan mesin yang sudah lebih canggih karena sudah dikendalian dengan sistem komputer, dan numeric. Alat ini tergolong ke dalam mesin vertical. 

#Berdasarkan Fungsi Penggunaan

Selanjutnya adalah mesin yang dilihat berdasarkan fungsi penggunaannya. Hal ini penting untuk diketahui supaya tidak salah dalam memilih mesin potong ini.

  • Plano milling adalah mesin yang digunakan untuk memotong bagian atas atau permukaan (face cutting), dan mesin yang satu ini memiliki ukuran sangat besar.
  • Surface milling sesuai dengan namanya bisa memotong bagian permukaan benda. Kegunaannya untuk melakukan produksi secara masal, dan alat yang satu ini memiliki alat pemotong yang naik turun dengan kepala spindle.
  • Tread milling kegunaan utama dari mesin yang satu ini adalah untuk pembuatan ulir.
  • Gear milling yang digunakan untuk membuat gear/roda gigi dan hal lainnya yang sejenis. Alat potong ini mampu untuk membuat evolventer atau profil roda gigi dengan ukuran yang tepat dan presisi.
  • Copy milling merupakan mesin yang bisa digunakan untuk membuat pengerjaan dengan bentuk yang rumit. Cara kerjanya adalah dengan mengikuti master ataupun desain utama yang sebelumnya sudah dibuat dan kemudian mencontohnya. 

Prinsip Kerja Mesin Frais

Prinsip kerja mesin frais ini sebenarnya sangat sederhana, dimana pisau yang digunakan akan berputar untuk memotong benda kerja. Hanya saja benda yang ingin dipotong ataupun diproses hanya bergerak secara mendatar ataupun melintang secara bersamaan.

Tujuan alat potong nya memutar supaya potongan yang dihasilkan bisa menyeluruh, dan juga lebih dalam dan lebih cepat. Sekilas prinsip kerja alat ini sama seperti mesin bor yang biasa digunakan untuk melubangi tembok.

Baca juga: 11 Proses Cara Kerja Mesin Fotocopy Digital Di Pasaran

Gerakan yang Tercipta

Meskipun memilih prinsip kerja yang serupa, namun ternyata ada beberapa mesin frais yang memiliki gerakan potong yang berbeda. Dan ternyata gerakan tersebut juga bisa mempengaruhi hasil benda nantinya, berikut adalah gerakan yang tercipta.

Gerakan Utama 

Gerakan ini diukur dengan menggunakan RPM atau rotasi satuan permenit yang gerakannya terbentuk melalui putaran alat potong pada spindle utama. Sehingga menghasilkan gerakan yang cepat, stabil, dan juga rapih.

Gerakan Pemakanan

Kalau tadi adalah gerakan yang dihasilkan oleh mesin, maka gerakan yang satu ini dihasilkan oleh benda yang diproses. Satuan gerakan yang digunakan untuk proses gerakan pemotongan yang satu ini adalah MM/menit.

Gerakan Setting

Sama seperti yang sebelumnya gerakan ini juga merupakan gerakan benda kerja yang terjadi di alat potong. Hanya saja satuan gerakan yang digunakan oleh gerakan ini berbeda dengan gerakan pemakanan.

Itulah tadi penjelasan seputar mesin frais yang fungsi utamanya adalah memotong, dan ternyata memiliki banyak jenis di pasaran. Sehingga jangan sampai salah lagi dalam memilih mesin ini. 

Tinggalkan komentar