Mesin Adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat Serta Aplikasinya

Di dunia yang serba modern ini, mesin menjadi salah satu inovasi terpenting yang menunjang kemajuan peradaban manusia. Dengan adanya mesin, kita bisa menghemat tenaga dan meningkatkan produktivitas dalam skala yang besar.

Mesin mengalami perkembangan pesat pada masa revolusi industri di abad 18-19. Pada saat itu, mekanisasi (penggantian tenaga kerja dari manusia ke mesin) terjadi secara besar-besaran di mana banyak penemuan alat seperti mesin pemintal spinning jenny dan mesin jahit. Penemuan-penemuan tersebut didorong oleh tingginya permintaan dari industri tekstil saat itu untuk menunjang produktivitas mereka

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai mesin mulai dari pengertian, jenis, dan manfaatnya. Oleh karena itu, simak pembahasan berikut.

Pengertian Mesin

Pengertian Mesin
Gambar mesin

Mesin adalah suatu alat yang dapat mengubah suatu gaya menjadi energi, yang mana energi tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi manusia. Kata “mesin” sendiri biasanya dilekatkan pada alat buatan manusia, namun ada juga mesin yang berupa makromolekul biologis alami, seperti mesin molekuler. Mesin bisa dijalankan/digerakkan oleh manusia atau hewan, oleh komponen alamiah seperti air dan angin, dan bisa juga oleh tenaga listrik atau kimia.

Semua mesin terdiri dari rangkaian komponen atau bagian. Setiap komponen terpisah dari mesin sehingga mesin harus dirancang atau dirakit sedemikian rupa. Komponen tersebut juga ada yang berupa bentuk utuh, maupun berupa gabungan dari bagian-bagian kecil yang melalui proses pengelasan. Berikut ini adalah macam-macam komponen yang sering ditemui pada mesin:

  • Gir
  • Skrup
  • Pegas
  • Tuas
  • Roda
  • Baji
  • Bantalan
  • Poros

Jenis-jenis Mesin

Jenis-jenis dapat diklasifikasikan menjadi 3, yaitu mesin yang menghasilkan, mengubah, dan memanfaatkan energi mekanik. Berikut adalah penjelasan lengkapnya

See also  5 Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar Dengan Mudah

1. Mesin yang Menghasilkan Energi Mekanik

Turbin air
Gambar turbin air

Mesin yang menghasilkan energi mekanik disebut juga sebagai penggerak utama (prime mover). Mesin jenis ini mengubah energi seperti energi panas, listrik, hidrolik, dll, menjadi energi mekanik. Contoh paling umum dari mesin ini adalah mesin pembakaran dalam yang pada prosesnya mengubah energi kimia pada bahan bakar menjadi energi panas, yang nantinya akan diubah menjadi energi mekanik melalui roda kendaraan yang berputar. Contoh lain dari prime mover ini adalah turbin gas, turbin air, dan mesin uap

2. Mesin yang Mengubah Energi Mekanik

Generator listrik
Gambar generator listrik

Mesin jenis ini mengubah energi mekanik menjadi energi lain seperti energi listrik, hidrolik, dll. Beberapa contoh mesin jenis ini adalah generator listrik yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik, dan pompa hidrolik yang mana energi mekanik pada putaran rotornya diubah menjadi energi hidrolik fluida.

3. Mesin yang Memanfaatkan Energi Mekanik

mesin cuci
Gambar mesin cuci

Mesin jenis ini menerima energi mekanik dan memanfaatkannya untuk berbagai aplikasi. Contoh paling populer dari mesin ini adalah mesin bubut yang menggunakan energi mekanik untuk memotong logam, dan mesin cuci yang memanfaatkan putaran rotornya untuk mencuci baju.

Manfaat dan Aplikasi Mesin

Dalam hal manfaatnya bagi kebutuhan manusia, setidaknya ada 4 manfaat utama dari mesin. Berikut adalah pembahasan lengkapnya.

1. Membuat Pekerjaan Lebih Mudah

chopper bumbu
Gambar chopper bumbu

Tujuan utama dalam penciptaan sebuah mesin adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu contohnya adalah mesin chopper bumbu yang digunakan untuk memotong, menggiling, dan mengolah bahan makanan. Dengan adanya chopper, kita tak perlu repot-repot untuk mengulek bahan makanan.

2. Dapat Mempercepat Pekerjaan

mesin pada motor
Ilustrasi komponen mesin pada motor

Manfaat kedua dari mesin adalah untuk mempercepat pekerjaan manusia. Contoh yang paling sering kita gunakan adalah mesin pada kendaraan. Dengan adanya kendaraan, kita dapat sampai di tempat tujuan jauh lebih cepat dibandingkan berjalan kaki atau mengayuh sepeda.

See also  Motor Suzuki Bandit 400 Sekarang Sedang Naik Daun Dan Banyak Di Cari Juga

3. Mampu Memaksimalkan Efektivitas Pekerjaan

mesin giling
Gambar mesin giling

Efektivitas dan produktivitas adalah 2 hal yang sangat penting di dunia industri terutama di pabrik-pabrik. Oleh karena itu, mesin sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan adanya mesin, kita tak hanya menghemat tenaga dan waktu, tapi juga bisa meningkatkan jumlah produksi. Contoh mesin ini adalah mesin giling, mesin pencacah batu, dan masih banyak lagi.

4. Berperan Sebagai Sistem Keamanan

cctv
Gambar CCTV

Selain ketiga manfaat di atas, mesin juga bermanfaat sebagai sistem keamanan pada hidup manusia. Sebut saja alat seperti kamera CCTV yang bisa menjaga, mengawasi, dan memonitor lingkungan sekitar. Lalu ada GPS yang bisa menjadi penunjuk jalan agar tidak tersesat, atau bahkan untuk melacak kendaraan kita.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin

Untuk melihat secara objektif, kita akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan mesin. Berikut penjelasan lengkapnya.

Kelebihan:

  • Mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan berat dengan mudah
  • Pekerjaan jadi lebih cepat
  • Dapat menduplikasi produk dengan hasil yang akurat
  • Operator mesin bisa menghemat tenaga
  • Harga barang produksi lebih murah karena mesin dapat memproduksi secara massal
  • Dapat mengerjakan pekerjaan yang kurang diminati manusia, seperti sanitasi

Kekurangan:

  • Pekerjaannya cenderung monoton
  • Hilangnya bakat pengrajin tangan, karena mesin bisa melakukan semuanya
  • Menciptakan ketergantungan
  • Bisa menjadi destruktif, atau bahkan melukai manusia
  • Mengurangi lapangan pekerjaan karena tenaga manusia tergantikan oleh mesin

Related posts