Mau Tau Kalian, Ini 5 Fungsi Penting Oli Mesin Kendaraan

caramesin.com-Pelumas atau oli motor umumnya tersedia dalam berbagai bahan, seperti aditif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas oli dasar atau memberikan sifat baru pada pelumas.

Pada Sabtu (25/6/2022) Antara melaporkan, berikut ini adalah lima fungsi utama oli mesin mobil.

1. Pelumas

Lumasi semua bagian mesin yang memerlukan pelumasan. Adanya oli bertanggung jawab untuk mencegah gesekan antara suku cadang seperti piston dan dinding silinder. Namun, pemilik harus berhati-hati dalam memilih produk yang berkualitas dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kendaraannya.

2. Mencegah kebocoran gas di ruang bakar

Oli mesin juga mencegah gas bocor ke ruang bakar. Pada dasarnya, oli memiliki kemampuan untuk melumasi semua komponen mesin.

Misalnya, saat melumasi antara dinding silinder dan piston, salah satu peran oli mesin di sini adalah untuk “menyegel” antara keduanya agar gas tidak merembes ke ruang di atas dan di bawah piston.

3. Mendinginkan mesin

Temperatur mesin yang tinggi merupakan ciri khas ketika komponen di dalam mesin sedang berjalan. Namun, jika oli mesin bertanggung jawab untuk pendinginan, suhu mesin yang ideal dipertahankan.

Namun jangan harap akan merasakan hal ini jika Anda terlambat atau lupa mengganti oli. Perhatikan bahwa dalam beberapa kasus, oli mesin juga dapat menguap saat digunakan.

4. Pengendali kontaminan

Terlepas dari tanggung jawab perlindungannya, gesekan antar komponen mesin sebenarnya tidak dapat dihindari. Tapi oli mesin inilah yang digunakan untuk mengontrol kontaminan, kami menyebutnya mineral gesekan antar bagian. Minyak kemudian membawa puing-puing atau kotoran ke filter.

5. Mencegah karat

Semua komponen perangkat terbuat dari logam. Jadi sangat wajar bagi karat untuk bersembunyi. Untuk itu, keberadaan oli dapat mencegah karat masuk ke bagian-bagian mesin.

See also  Perbedaan Antara Motor Kawasaki Ninja H2 R Dan Ninja H2

Tetapi konsumen, seperti orang lain, harus memperhatikan kondisi dan jumlah oli mesin mobil mereka.

Terlepas dari fungsinya, konsumen harus membaca buku petunjuk agar tidak salah dalam membeli oli mesin mobil.

Related posts