Dampak Buruk Bila Gunakan Oli Mesin Tidak Sesuai Rekomendasi Pabrikan

caramesin.com-Pelumas atau oli memegang peranan yang sangat penting pada mobil. Artinya, untuk melumasi bagian-bagian dalam mesin. Bisa diibaratkan darah yang mengalir melalui tubuh manusia, ketika habis atau habis, mesin tidak bisa berjalan.

Fungsi dasar dari pelumas mesin adalah:

Oleh karena itu, pemilik mobil tidak bisa memilih oli untuk mesin mobil. Jika oli yang digunakan bukan untuk mobil, akibatnya bisa fatal bagi keselamatan mesin mobil. Untuk menamai situs Mitsubishi, setiap mesin memerlukan spesifikasi oli yang berbeda tergantung pada jenis mesin dan kekentalan oli.

Oleh karena itu, produsen mobil harus membuat rekomendasi oli mesin sesuai dengan jenis mesin yang digunakan.

Mitsubishi Motors juga memberikan rekomendasi oli mesin untuk setiap model mobil Mitsubishi di Indonesia.

Perhatikan bahwa mesin dari merek yang berbeda dijual pada tingkat kekentalan oli yang berbeda untuk menyesuaikan dengan suhu sekitar sebagai area kontrol mobil yang ditentukan oleh kode SAE (Society of Automotive Engineers).

Seperti tingkat kualitas oli yang ditentukan dalam kode API/JASO. Jadi jangan sampai salah memilih detail oli mesin untuk mobil.

Efek salah pilih oli

Jika Anda salah memilih oli yang tidak memenuhi spesifikasi mesin, hal itu dapat mempengaruhi performa mesin. Efeknya terlihat ketika viskositas berbeda dari yang seharusnya. Artinya mobil lebih berat saat dikendarai dan mesin mengeluarkan suara bising atau yang biasa disebut knocking the engine.

Efek lainnya adalah mesin menjadi terlalu panas atau overheat dengan cepat, performa mulai menurun, dan mesin tidak hidup (shut down) akibat panas yang berlebihan. Terakhir, ikuti petunjuk sebagai manual untuk memastikan ketebalan oli yang dibutuhkan mesin, atau gunakan oli asli yang dijual di bengkel resmi untuk keamanan tambahan.

See also  Mobil Sedan MG 5 GT Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasinya,

Related posts