Breaking News

Masalah Umum pada Mesin Cuci dan Cara Mengatasinya

caramesin.com – 7 Masalah Umum pada Mesin Cuci dan Cara Mengatasinya,Di zaman modern ini, mesin cuci mungkin merupakan barang elektronik rumah tangga yang paling dibutuhkan dan memiliki peran yang sangat besar dalam membantu seluruh pekerjaan rumah tangga, terutama untuk mencuci pakaian.

Masalah Umum pada Mesin Cuci dan Cara MengatasinyaNamun, mesin cuci, seperti perangkat keras elektronik lainnya, dapat mengalami gangguan kapan saja. Entah itu karena pemakaian yang berlebihan, karena sudah terlalu tua, atau bisa juga karena ulah manusia.

Ada berbagai masalah normal dengan mesin cuci yang dapat diselesaikan tanpa bantuan orang lain, tetapi ada juga beberapa yang memerlukan pertimbangan khusus dan harus diperbaiki oleh ahli profesional. Bagaimanapun, ada 7 masalah yang biasa ditemukan pada mesin cuci, antara lain:

1. Mesin cuci mati total

Ketika mesin cuci mati atau tidak mau hidup dengan cara apapun, jangan terburu-buru untuk memasok kesalahan modul atau daya. Karena bisa jadi mesin cuci mati akibat colokan listrik (link) yang tidak tersambung seperti yang diharapkan.

Jika tali daya telah diperiksa dan semuanya tampak baik-baik saja, maka Anda dapat mencurigai catu daya atau modul mesin cuci. Bagi Anda yang baru, cara termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti modul.

Anda dapat menemukan modul mesin cuci dengan mudah di toko berbasis web atau toko elektronik di kota Anda. Biayanya pun cukup bergeser tergantung jenis, kualitas, dan tempat pembeliannya. Modul mesin cuci dapat diganti tanpa orang lain dengan perangkat sederhana seperti obeng.

…Atau di sisi lain jika Anda tidak memiliki kesempatan dan tidak tahu bagaimana caranya, silakan hubungi ahli profesional di kota Anda.

2. Mesin cuci tumpah atau tumpah

See also  Inilah Beberapa Jenis Premi Asuransi

Jika Anda tiba-tiba menemukan genangan air di sekitar mesin cuci, segera periksa selang dan siphon mesin cuci Anda. Selain memeriksa selang dan pompa, apakah Anda pernah curiga juga menggunakan banyak pembersih saat mencuci?

Jika ternyata mesin cuci berlubang karena selang yang terlalu tua atau ada kerusakan pada siphon, segera perbaiki masalah tersebut dengan cara:

  • Ganti selang lama dengan yang lain
  • Pastikan selang saluran terpasang dengan benar dan terhubung dengan sempurna
  • Pastikan saluran tidak berhenti
  • Periksa juga selang pasokan air di bagian belakang, mungkin rusak atau kendor
  • Ganti siphon mesin cuci dengan yang lain. Kalau ternyata yang tumpah itu siphon air mesin cuci

3. Mesin cuci tersengat listrik

Mesin cuci yang menggunakan listrik dan bersentuhan langsung dengan air memiliki potensi yang cukup besar untuk menimbulkan masalah seperti tersengat listrik. Karena itu, Anda harus berhati-hati saat menggunakan mesin cuci. Selanjutnya jika mesin cuci tersengat listrik, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Periksa soket untuk memastikan soket tidak rusak
  • Mesin cuci tersengat listrik juga bisa disebabkan oleh lubang listrik di dinamo mesin. Jika penyebab mesin cuci tersetrum karena dinamo, cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan mengardekannya. Dinamo mesin cuci bisa cepat rusak jika mesin cuci diletakkan di tempat yang tidak rata
  • Mesin cuci berada di tempat yang lembab atau sering terkena air. Menempatkan mesin cuci di kamar mandi atau di dekat pintu masuk kamar mandi sangat berbahaya. Oleh karena itu, letakkan mesin cuci di tempat yang kering dan jauh dari percikan air
  • Mesin cuci yang tersengat listrik juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada pemanas motor. Untuk mengatasi masalah ini, segera hubungi spesialis profesional di kota Anda
See also  Fungsi meter temperatur Pada mesin mobil

4. Mesin cuci hidup tapi tidak mau berputar (spin)

Di antara beberapa alasan mengapa mesin cuci tidak mau berputar atau berputar, adalah:

  • Pertama, bisa disebabkan oleh V-belt atau sabuk yang kendor dan aus. Untuk memperbaikinya, Anda benar-benar ingin menggantikannya dengan yang lain
  • Mesin cuci mesin macet. Kemacetan pada mesin atau komponen hub mesin cuci dapat disebabkan oleh kerusakan pada dinamo atau bisa juga karena dinamo kotor dan berhenti. Untuk mengatasinya, Anda ingin membongkar mesin cuci dan membersihkan bagian dinamo dan komponen hub
  • Mesin cuci tidak berputar juga bisa disebabkan oleh jam yang rusak. Selain tidak berputar, beberapa mesin cuci hanya berputar atau berputar dalam satu arah saja. Penyebabnya, bisa jadi karena link jamnya rusak

5. Mesin cuci berisik atau berisik

Suara gaduh atau keras yang dibuat oleh mesin cuci dapat disebabkan oleh:

  • Saluran dihentikan. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu membersihkan saluran yang terhenti
  • Bisa juga karena posisi dudukan mesin cuci yang tidak rata. Untuk memperbaikinya, Anda benar-benar ingin meletakkannya di tempat yang rata
  • Mesin cuci yang berisik juga bisa disebabkan saat Anda memuat pakaian yang mengandung logam atau benda keras
  • Baut pada komponen yang longgar
  • Ada komponen mesin cuci yang sudah aus dan harus diganti dengan yang baru

6. Poros pengering lemah

Bagaimanapun, ada lima alasan mengapa mesin cuci sangat rapuh saat berputar, terutama saat proses pengeringan sedang berlangsung. Di antara penyebab tersebut adalah:

  • Gearbox rusak
  • V-belt sudah tua dan longgar
  • Kapasitor lemah
  • Mesin dinamo lemah

Ini juga dapat disebabkan oleh tegangan rendah atau penurunan tegangan

7. Mesin cuci bau

See also  Link Fiza Halim Viral Video On Twitter Terbaru 2022

Penyebab mesin cuci bau bisa karena mesin cuci jarang dibuka atau selalu ditutup, terutama setelah digunakan
Bisa juga karena proses pembilasan yang berantakan
Sering menggunakan banyak pembersih
Jangan pernah menyempurnakan mesin cuci
Untuk menghilangkan bau apek atau tidak sedap dari mesin cuci, Anda bisa menerapkan tips berikut ini:

  • Selalu buka mesin cuci setiap kali selesai digunakan
  • Bersihkan mesin cuci secara konsisten, seperti satu kali per bulan
  • Cobalah untuk tidak menggunakan pembersih dalam jumlah berlebihan

Nah, itulah beberapa masalah normal yang sering terjadi pada mesin cuci dan sering kita tangani. Anda juga bisa menambahkan melalui kolom komentar, menurut Anda masih ada yang perlu ditambahkan. Jika artikel ini bermanfaat, silakan bagikan ke teman-teman Anda di media sosial Anda.

Check Also

Quién Es Sofía Castillo, Es Realmente La Hermana De Paloma Mami

Quién Es Sofía Castillo, Es Realmente La Hermana De Paloma Mami

caramesin.com – Quién Es Sofía Castillo, Es Realmente La Hermana De Paloma Mami,  Está en …

Leave a Reply

Your email address will not be published.