7 Manfaat Mesin Cuci yang Harus Kalian Tahu, No.7 Bisa Cuan!

Di zaman dahulu, hampir semua pekerjaan dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia. Namun di zaman modern ini, hampir semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dengan menggunakan mesin. Salah satu kegiatan yang paling terbantu dengan adanya mesin adalah mencuci, dengan bantuan mesin cuci.

Manfaat dan kelebihan utama dari mesin cuci terletak pada efisiensinya. Jika kita mencuci menggunakan tangan, kita harus mengucek baju satu per satu agar baju bisa bersih secara maksimal. Namun dengan mesin cuci, kita bisa membilas banyak baju dalam satu waktu. Dengan kata lain, kita bisa mencuci lebih banyak baju dalam waktu yang lebih cepat dengan mesin cuci.

Apa Saja Manfaat Mesin Cuci?

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang ditawarkan mesin cuci yang mungkin kita tidak sadari. Berikut ini adalah beberapa manfaat mesin cuci yang kalian harus ketahui.

1. Lebih Hemat Waktu

Efisiensi waktu merupakan kelebihan utama dari mesin cuci. Jika kita mencuci dengan tangan, maka kita harus merendam, membilas/mengucek, serta memeras baju secara satu per satu. Namun dengan mesin cuci, kita bisa melakukan ketiganya dalam satu waktu. Dengan begitu, tentunya akan banyak waktu yang kita hemat dengan mesin cuci.

Belum lagi kita juga bisa meninggalkan mesin cuci saat proses pembilasan sedang berlangsung. Dengan begitu, kita juga bisa melakukan pekerjaan produktif lainnya sembari menunggu cucian selesai. Maka mesin cuci tak hanya menghemat waktu, namun juga akan menunjang aktivitas kita yang lain.

2. Lebih Hemat Tenaga

Kemudahan mesin cuci
Ilustrasi kemudahan mesin cuci yang hemat tenaga

Selain efisiensi waktu, efisiensi tenaga juga merupakan manfaat utama dari mesin cuci. Dengan mesin cuci, kita hanya perlu memasukkan pakaian, deterjen, dan air ke mesin cuci. Dan mesin cuci akan mulai mencuci secara otomatis setelah kita menekan tombol ON. Tentunya hal ini akan lebih efisien daripada kita harus merendam, membilas, dan memeras baju secara manual.

See also  Tutorial Cara Bekerja Mesin Potong Rumput Gendong

Berkaitan dengan poin sebelumnya, cucian pada mesin cuci bisa kita tinggalkan sehingga kita bisa menunggu sambil beristirahat atau dengan melakukan kegiatan produktif lainnya. Dengan kata lain, tenaga kita untuk mencuci baju bisa disimpan atau dialihkan untuk kegiatan yang lain.

3. Bisa Digunakan Untuk Mencuci Dalam Jumlah Yang Banyak

Mesin cuci bisa mencuci baju dalam jumlah yang banyak
Ilustrasi banyaknya baju yang bisa dicuci dengan mesin cuci

Salah satu masalah yang ditemui saat mencuci dengan manual adalah rasa malas yang muncul saat melihat cucian menumpuk. Selain itu, tangan dan punggung kita juga akan pegal-pegal. Tentu saja sangat berbeda dengan mesin cuci dimana semua proses pencucian bisa dilakukan dengan otomatis.

Mesin cuci sendiri memang memiliki kapasitas yang berbeda-beda tergantung pada merknya. Namun tetap saja kapasitas mesin cuci tersebut tetap dapat menampung lebih banyak baju dari pada mencuci secara manual.

4. Cucian Lebih Cepat Kering

spin mesin cuci
Ilustrasi fitur spin pada mesin cuci

Tak hanya proses pencuciannya yang cepat, ternyata mesin cuci juga bisa melakukan pengeringan dengan cepat. Hal ini disebabkan karena fitur spin yang dimiliki oleh kebanyakan mesin cuci. Tingkat pengeringan setiap mesin cuci memang berbeda-beda, namun tetap lebih cepat daripada harus mengeringkan secara manual.

5. Hemat Listrik

Ya, kalian tidak salah lihat. Mesin cuci ternyata lebih hemat listrik. Hal ini disebabkan karena mesin cuci modern sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yang membuat mesin cuci hemat listrik. Sehingga konsumsi listrik mesin cuci bisa ditekan jadi lebih rendah.

Dengan begitu, maka kita tak perlu khawatir lagi soal konsumsi listrik saat menggunakan mesin cuci. Karena hampir semua mesin cuci keluaran terbaru sudah memiliki fitur low energy. Dimana daya yang dikeluarkan sedikit, namun tenaga yang dihasilkan besar. Dengan begitu, meskipun konsumsi dayanya sedikit, mesin cuci tetap dapat bekerja secara optimal.

See also  Pengertian Kapasitor: Fungsi, Karakteristik Serta Aplikasinya

6. Mudah Diservis

Manfaat ini sebenarnya jarang diketahui, padahal kegunaannya begitu besar. Mesin cuci merupakan salah satu alat elektronik yang mudah diperbaiki. Jika ada kerusakan pada bagian mesin cuci, maka kalian bisa langsung memanggil jasa servis mesin cuci. Sekarang ini sudah banyak jasa servis mesin cuci profesional yang bisa didapat dengan mudah.

7. Bisa Dibuat Untuk Usaha Laundry

Usaha Laundry
Ilustrasi usaha laundry dengan mesin cuci

Usaha laundry merupakan usaha yang cukup menjamur saat ini. Jika kalian bisa melihat peluang itu dengan baik, maka kalian bisa menggunakan mesin cuci kalian untuk membuka usaha laundry. Terlebih lagi jika kalian punya mesin cuci keluaran terbaru dengan teknologi canggih.

Demikian adalah pembahasan seputar manfaat mesin cuci. Beberapa orang ada yang mengeluhkan harga mesin cuci yang mahal, terlebih lagi yang keluaran terbaru. Namun, harga tersebut tentunya sesuai dengan kualitasnya. Selain itu, masih banyak mesin cuci dengan kualitas mumpuni, namun harganya cukup terjangkau.

Related posts