Breaking News

Ketahui Ciri-Ciri Menstruasi Tidak Normal di Sini

caramesin.com-Menstruasi yang tidak normal bisa menjadi tanda penyakit fisik, dari yang ringan hingga yang berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi ciri-ciri menstruasi yang tidak normal agar dapat didiagnosis dan diobati sedini mungkin.

Menstruasi yang tidak normal tidak terbatas pada pola atau siklus menstruasi yang lebih lama dari biasanya. Jika Anda melihat perubahan tertentu, seperti gejala sel darah, yang membuat Anda merasa berbeda dari biasanya, ini juga merupakan kondisi yang harus diwaspadai.

Ciri-ciri haid tidak normal

Berikut ciri-ciri haid tidak normal yang perlu Anda ketahui dan penyebabnya:

1. Menstruasi memanjang

Menstruasi dianggap tidak normal jika darah yang keluar terlalu banyak (menoragia). Ternyata saat melepaskan gumpalan darah yang lebih besar dari 2,5 cm, Anda perlu mengganti pembalut setiap 2 jam. Haid yang berlangsung lebih dari 7 hari juga dianggap berlebihan

Kehilangan darah dalam jumlah besar dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan kelelahan, pucat, dan sesak napas yang memerlukan pengobatan.

Kondisi yang dapat menyebabkan menoragia adalah:

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
Polip atau fibroid di rahim
Endometriosis
Adenomiosis
Peradangan panggul
Kanker serviks

2. Menstruasi tertunda atau berhenti

Menstruasi yang terlambat atau tidak teratur juga merupakan kondisi yang tidak normal. Seorang wanita yang tidak menstruasi selama 3 periode berturut-turut atau belum menstruasi sebelum usia 15 tahun disebut amenore.

Ada banyak faktor yang menyebabkan amenore, antara lain:

berat
Lakukan olahraga yang terlalu berat
Ada gangguan makan seperti anoreksia nervosa
Ada masalah dengan kelenjar otak (hipotalamus), penyakit tiroid dan ketidakseimbangan hormon lainnya.
Ada masalah dengan rahim
Menopause dini
Selain itu, penggunaan beberapa obat juga dapat memperlambat atau menghentikan menstruasi, antara lain antidepresan, obat alergi, pil KB, dan obat kemoterapi.

See also  Nokia Alpha 10 5G 2022 Yang Saat Akan Rilis Dengan Baterai 7900mAh

3. Sakit parah saat menstruasi

Nyeri haid (dismenore) adalah hal yang wajar. Namun, beberapa wanita mungkin mengalami kram menstruasi yang sangat parah sehingga mereka tidak dapat melakukan aktivitas apa pun. Dismenore juga dapat disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, sakit kepala, nyeri punggung dan diare. Nyeri hebat saat menstruasi bisa terjadi tanpa alasan yang jelas, namun bisa juga merupakan gejala dari beberapa masalah kesehatan, seperti:

Endometriosis
Adenomiosis
Peradangan panggul
miomi

4. Menstruasi tertunda

Menstruasi terkadang terjadi lebih awal atau bahkan dua kali dalam sebulan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

Stres dan gaya hidup yang buruk
Perubahan berat badan
Perimenopause
Infeksi seksual menular
penyakit tiroid
Gangguan lainnya adalah menstruasi pada wanita yang telah mengalami menopause atau berhenti menstruasi selama lebih dari 12 bulan berturut-turut. Penyebab paling umum adalah atrofi vagina, polip serviks dan penebalan lapisan rahim (hiperplasia endometrium). Menstruasi yang tidak normal tidak selalu berasal dari penyakit. Namun, jika Anda melihat perubahan pola menstruasi Anda seperti dijelaskan di atas, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mencegah gangguan atau penyakit.

Check Also

दोनों प्रतिवादियों ने गिरफ्तार किया उदयपुर हत्याकांड, ये है लीक वीडियो

दोनों प्रतिवादियों ने गिरफ्तार किया उदयपुर हत्याकांड, ये है लीक वीडियो

caramesin.com – दोनों प्रतिवादियों ने गिरफ्तार किया उदयपुर हत्याकांड, ये है लीक वीडियो, हाय दोस्तों, …

Leave a Reply

Your email address will not be published.