Ketahui Alasan Kenapa Tertawa Bisa Menghapus Stres

caramesin.com-Tertawa adalah cara termudah untuk menghilangkan stres. Tak hanya itu, tertawa memiliki beberapa manfaat kesehatan. Jadi bagaimana bisa tertawa memiliki efek positif pada kesehatan mental? Anda akan menemukan jawabannya di artikel berikut.

Stres lebih sering terjadi dan bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari masalah keluarga, tekanan pekerjaan, hubungan cinta hingga masalah keuangan. Salah satu cara untuk menghilangkan stres yang Anda alami adalah dengan tertawa.

Tertawa membuat Anda merasa lebih bahagia sehingga dapat mengubah suasana hati Anda yang sedih menjadi lebih baik dan lebih bahagia.

Alasan Tertawa bisa mengurangi stres

Ada banyak alasan mengapa tertawa dapat mengurangi stres, di antaranya:

1. Menghasilkan endorfin

Tertawa merangsang tubuh untuk melepaskan endorfin, yang bertindak sebagai obat penenang dan meningkatkan suasana hati. Selain itu, tertawa juga dapat menurunkan hormon kortisol dan adrenalin yang menyebabkan stres.

2. Memberikan efek relaksasi

Stres dapat menyebabkan ketegangan otot pada tubuh, sehingga mengeluh kelelahan dan kurang motivasi. Tertawa diduga dapat mengendurkan otot-otot tubuh dan merangsang peredaran darah dalam tubuh, sehingga mengurangi stres.

3. Meningkatkan suplai oksigen tubuh

Tertawa dapat meningkatkan suplai udara beroksigen ke paru-paru. Ini akan membebaskan Anda dari stres yang Anda alami. Jadi jika Anda mengalami kesulitan bernapas karena stres, cobalah untuk tenang dan temukan sesuatu yang akan membuat Anda tertawa.

4. Tingkatkan detak jantung Anda

Tertawa dapat meningkatkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Ini akan meningkatkan mood Anda dan membuat Anda rileks, sehingga stres hilang.

5. Meningkatkan kelangsungan hidup

Pada penderita penyakit tertentu, pengobatan jangka panjang dapat menyebabkan stres kelelahan. Tertawa dianggap membuat seseorang lebih reseptif dalam situasi sulit dan terhubung dengan orang lain.

See also  Rekomendasi Setang Yang Nyaman Versi Touring Untuk Yamaha MT25

Karena itu, tertawa juga dapat digunakan sebagai terapi bagi pasien kanker agar lebih termotivasi menjalani berbagai perawatan.

Kiat untuk menemukan sumber tawa yang baik

Walaupun tertawa memiliki efek melegakan, tawa juga membutuhkan pengendalian diri untuk menjadi aktivitas yang positif dan tidak melukai perasaan di sekitar Anda. Berikut adalah tips tentang cara menemukan sumber lelucon yang akan membuat Anda tertawa:

Anda dapat menonton kartun, membaca komik, atau menonton komedi online yang membuat Anda tertawa ketika berada dalam situasi yang menyenangkan.
Menceritakan cerita menyenangkan kepada keluarga atau teman saat sedang bersama dapat menciptakan suasana yang lebih bahagia sehingga Anda dapat dengan mudah tertawa.
Cobalah bermain dengan hewan peliharaan, karena perilakunya terkadang bisa membuat Anda tertawa.
Bertukar pesan singkat dan foto lucu dengan teman.
Misalnya, tahu apa yang lucu atau tidak, jangan menertawakan cerita orang lain. Setelah tertawa, Anda mungkin menemukan perspektif yang berbeda tentang stres Anda. Ini dapat menggerakkan Anda melalui masa-masa sulit lainnya dan membangun pikiran positif.

Namun, jika Anda sering mengalami stres dan masalah dengan kondisi ini, sebaiknya konsultasikan dengan psikolog atau psikiater, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan. Psikiater atau psikolog akan mengevaluasi dan menentukan pengobatan sesuai dengan kondisi Anda.

Related posts