Kenali berbagai indikator speedometer mobil!

caramesin.com-Ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan dari spidometer mobil Anda. Coba, apakah Anda bisa sebutkan macam- macam indikator pada spidometer mobil? Ya, ada banyak loh macam- macam indikator pada spidometer mobil.

Jadi, tidak hanya informasi kecepatan saja yang bis kita ketahui dari spidometer mobil. Masih ada banyak informasinya yang dpaat kita ketahui dari spidometer mobil yang berhubungan dengan kondisi mobil saat dikendarai. Untuk ini, speedometer juga perlu perawatan. Jangan biarkan sistem kelistrikan padam lampu speedometer. Karena informasi tentang speedometer sulit ditemukan.

Berbagai indikator speedometer mobil

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi berbagai indikator speedometer mobil. Bagi Anda yang baru belajar mengemudi mobil, ini adalah informasi yang wajib Anda ketahui. Oleh karena itu, Anda tidak akan bingung nantinya ketika speedometer Anda memberikan sinyal bahwa ada yang tidak beres saat mobil sedang melaju. Yuk, dengarkan endingnya, oke? Selamat membaca!

Periksa pengukur mesin

Berbagai indikator speedometer mobil adalah indikator check engine. Apa fungsinya? Jadi salah satu lampu mobil yang paling penting untuk diketahui adalah Malfunction Indicator Light (MIL) atau biasa disebut Lampu Check Engine. Biasanya, ketika Anda memasukkan kunci ke dalam lubang, putar kunci ke posisi ON, lampu ini akan menyala. Setelah menghidupkan mesin, lampu peringatan mobil ini padam. Jika mesin hidup tetapi lampu check engine masih menyala, berarti ada masalah pada mesin kendaraan Anda dan perlu segera diperiksa.

Penunjuk speedometer mobil

Memeriksa tanda mesin dapat menunjukkan berbagai hal yang menjadi sumber masalah mobil Anda. Bisa jadi karena tutup gas kurang kencang, atau bisa jadi beberapa bagian mesin perlu diganti. Jika tanda ini menyala, jangan panik. Anda dapat langsung pergi ke pusat layanan dan meminta bantuan mekanik Anda untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah.

See also  Lebih SPORTY! New AVETA SVR 180 Varian Baru Meluncur, Bakal Jagal Pasaran MX King & GTR,

Indikator sabuk pengaman

Indikator speedometer mobil berbeda, satu lagi adalah indikator sabuk. Nah, itulah salah satu fitur keselamatan yang banyak dilengkapi untuk mengingatkan Anda untuk memakai sabuk pengaman saat mobil sedang melaju.

Fitur ini banyak tersedia di mobil-mobil terbaru. Jadi saat sabuk belum dipasang oleh penumpang, khususnya pengendara, maka lampu akan menyala. Pada mobil-mobil keluaran terbaru, indikator ini bukan hanya berupa lampu, namun juga suara yang cukup nyaring.

Sepanjang pengemudi belum memasang safety belt, suara pun akan terus-menerus berbunyi. Maka segera pasang sabuk pengaman Anda bila tanda ini menyala. Jangan pernah lalai dengan keamanan berkendara hanya karena malas memasangnya. Juga, ingatkan setiap penumpang untuk menggunakan sabuk pengaman dengan benar. Dengan memperhatikan rambu-rambu lampu tersebut di atas, Anda mendukung keselamatan berkendara.

Keamanan lengkap berkat kenyamanan. Keselamatan berkendara adalah prioritas. Karena itulah setiap pabrikan mobil selalu menyertakan lampu peringatan ini. lampu minyak
Macam-macam pengukur speedometer mobil, satu lagi adalah lampu oli. Dimana lampu ini menunjukkan informasi tentang tekanan oli mobil. Untuk mengetahui level oli mobil Anda dengan lampu peringatan mobil.

Jadi, jika lampu menyala, berarti mesin mobil kekurangan oli. Wah ternyata rambu ini juga jadi pengingat untuk ingat mengganti dan menambahkannya. Perhatikan tanda-tanda ini.

Jika menyala merah, segera tambahkan atau ganti oli. Karena jika tekanan oli rendah, mesin mobil Anda akan mudah rusak dan performa mobil akan semakin buruk.

Bahkan, hanya menambahkan minyak untuk masalah ini. Namun, faktor lain mungkin menjadi sumber masalahnya. Jika ini terjadi bahkan setelah pengisian oli, Anda harus segera menghubungi mekanik yang andal.

Pengukur suhu kendaraan

Ada beberapa indikator pada speedometer mobil, salah satunya adalah indikator suhu mobil. Seringkali pengemudi tidak memperhatikan suhu atau indikator suhu mesin di dashboard mobil. Kemudian mesin tiba-tiba mulai berasap karena terlalu panas.

See also  Aplikasi Kasir Online Terbaik Untuk Bisnis kalian

Sangat penting untuk selalu memperhatikan indikator suhu mesin. Bila indikator suhu menunjukkan warna kuning/oranye, itu berarti temperatur mesin masih dalam keadaan sedang. Apabila indikatornya menunjukkan warna merah, Anda harus langsung waspada.

Lalu segara matikan mobil dan menepilah. Jadi, mesin yang terlalu panas akan membuat mesin mati. Bila tanda tersebut menyala, matikan AC, radio, serta sistem lainnya. Berhenti dan panggil mekanik untuk memperbaikinya.

Jika ingin menambah cairan pendingin, jangan langsung membuka radiator. Tunggu 30 menit hingga radiator menjadi dingin untuk menghindari percikan cairan dan uap panas.

Lampu baterai

Berbagai indikator speedometer mobil adalah lampu baterai. Karena baterai adalah bagian penting, lampu indikator ini pasti akan membantu, bukan? Jika tidak ada pengisian daya atau ada kondisi tidak normal, seluruh sistem tenaga listrik mobil tidak akan menyala. Lampu aki yang menyala saat mesin hidup atau mati berarti ada kesalahan pada bagian pengisian listrik.

Biasanya salah satu penyebab indikator baterai adalah arus dinamo atau baterai tidak mengisi. Cara memperbaiki lampu aki mobil yang tetap menyala berbeda-beda tergantung penyebabnya.

Jika ada masalah pada baterai, cari tahu penyebabnya dengan membawanya ke bengkel. Tanda tangan “SRS”
Pengukur yang berbeda pada speedometer mobil lain adalah tanda SRS. Apa itu tanda SRS? SRS atau Supplemental Restraint System adalah sistem pengaman tambahan untuk kendaraan. Fitur keselamatan termasuk airbag, sabuk pengaman dan sensor keselamatan.

Biasanya berbentuk lampu dengan tulisan “SRS” atau gambar orang duduk melingkar. Lampu ini akan menyala ketika ada gangguan. Maka segera cek kenapa lampu indikator ini menyala agar airbag mobil Anda bisa berfungsi normal apabila terjadi tabrakan.

Sama seperti safety belt, indikator ini pun sangat penting untuk diperhatikan untuk keamanan Anda.
Lampu “ABS”.

See also  Jasa Pemasangan CCTV Spesialis Rumahan [Rumah Pribadi, Kost, Dll]

Macam- macam indikator pada spidometer mobil yang lainnya adalah tanda ABS. Lampu peringatan mobil dengan tulisan “ABS” menunjukkan status sistem pengereman anti-lock.
ABS sendiri merupakan sistem yang mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman yang keras. Lampu ini hanya dapat ditemukan di mobil dengan ABS.

Jika lampu tetap menyala itu adalah sinyal bahwa ada masalah dengan fungsi ABS mobil dan Anda harus segera memeriksa sistemnya.

Ini adalah indikator yang berbeda dari speedometer mobil. Semakin halus mobil, semakin banyak indikator yang ada. Namun, yang paling umum adalah berbagai indikator yang tercantum di atas pada takometer mobil.

Related posts