Kenali Beragam Makanan untuk Meredakan Flu

caramesin.com-Jika Anda sedang pilek, Anda bisa mencoba makan makanan yang berbeda untuk menghilangkan flu. Tidak hanya bisa menunjukkan gejala, diet jenis ini juga bisa mempercepat proses pemulihan dari flu.

Nafsu makan berkurang, jika Anda sedang pilek, tubuh Anda mungkin kekurangan vitamin dan mineral. Kondisi ini harus segera diatasi, karena gejala flu dapat dikurangi dengan merangsang sistem kekebalan tubuh dengan makan dan minum.

Beberapa pilihan makanan untuk meredakan flu

Ada beberapa jenis minuman dan minuman flu yang bisa Anda coba untuk diminum, antara lain:

1. kaldu ayam

Sup ayam adalah salah satu makanan termudah untuk disiapkan dan sangat enak saat Anda sedang pilek. Kaldu ayam terdiri dari kaldu ayam, sayuran dan daging ayam, yang dapat menutupi asupan cairan dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Cairan dan nutrisi tubuh yang cukup dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian mempercepat proses pemulihan dari flu.

2. Susu, telur, dan daging rendah lemak

Sumber protein seperti susu, telur dan daging baik untuk kesehatan tubuh karena memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena itu, sistem kekebalan tubuh mungkin lebih efektif dalam menghilangkan virus dan kuman dari tubuh.

Protein dibutuhkan untuk membuat antibodi, menyembuhkan jaringan yang rusak di dalam tubuh dan mendukung proses penyembuhan tubuh jika terjadi penyakit atau cedera. Karena itu, Anda harus memiliki cukup protein selama flu agar cepat pulih.

3. Wortel

Wortel mengandung vitamin A dan antioksidan yang baik untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin B6 pada akarnya juga berperan dalam proses pembuatan antibodi atau zat kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mengolah akarnya menjadi jus atau sebagai salad dan dicampur dengan sup.

See also  Kenapa Ritel Ini Perlu Disingkirkan di Saham

4. Jeruk dan lemon

Jeruk dan lemon merupakan sumber antioksidan yang baik, seperti flavonoid dan vitamin C, yang penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, virus flu lebih cepat hancur di dalam tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi vitamin C juga dapat mempercepat proses pemulihan dari flu.

Oleh karena itu, buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti jeruk dan lemon, bisa dikonsumsi sebagai makanan untuk meredakan pilek. Selain kedua buah tersebut, Anda juga bisa menambah asupan vitamin C pada buah lain, seperti jambu biji, mangga, apel dan kiwi.

5. Yoghurt

Yogurt merupakan sumber probiotik dan protein yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan virus penyebab pilek. Selain itu, probiotik yang ada dalam yogurt juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

6. Jahe

Kutu merupakan salah satu obat tradisional yang biasa digunakan untuk mengurangi batuk, pilek dan sakit tenggorokan akibat flu. Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jahe memiliki efek antivirus.

Untuk mendapatkan manfaat obat pencahar dalam mengobati gejala flu, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman teh jahe panas dengan madu dan lemon.

7. Darah

Selain jahe, madu juga merupakan salah satu obat tradisional yang dapat meredakan masuk angin. Madu juga dikenal memiliki efek antioksidan dan anti inflamasi, sehingga dapat meringankan gejala pilek.

Namun, madu tidak boleh diberikan kepada anak di bawah usia 1 tahun karena risiko keracunan atau botulisme.

8. cabai

Manfaat lada sebagai makanan pereda pilek juga ditemukan tinggi vitamin C dan antioksidan. Kandungan ini dapat mengencerkan lendir dan lendir di hidung dan tenggorokan, yang sangat efektif meredakan gejala batuk dan pilek akibat flu.

See also  Cara Mengusir Nyamuk Yang Cukup Ampuh Dengan Menyemprotkan 1 Bumbu Dapur Ini

Lada juga baik dikonsumsi sebagai makanan untuk meredakan flu karena mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

Selain beberapa makanan di atas, ada baiknya mengonsumsi jenis makanan lain, seperti ikan, buah-buahan, kacang-kacangan dan rempah-rempah, termasuk tepung jagung dan bawang putih, saat makan makanan dingin.

Pentingnya kecukupan cairan tubuh yang dibutuhkan selama flu

Selain mengonsumsi makanan untuk meredakan flu, juga dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih untuk mencegah dehidrasi tubuh saat pilek.

Selain air putih, Anda juga bisa mencoba pilihan minuman lain yang baik untuk meredakan flu, seperti teh hangat yang dicampur madu, air kelapa, atau teh herbal, misalnya chamomile atau sambiloto.

Saat sedang flu, Anda pun disarankan untuk memperbanyak istirahat dengan tidur selama 7–9 jam setiap malam. Jangan merokok dan jauhi asap rokok, agar saluran pernapasan Anda tidak semakin meradang atau iritasi.

Beberapa pilihan makanan untuk meredakan flu di atas bisa Anda coba saat sedang flu. Namun, jika flu yang Anda alami tidak kunjung reda atau muncul gejala lain, seperti sesak napas, demam, dan berkurangnya kemampuan indra penciuman, segera periksakan diri ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

Related posts