Kegunaan Lampu Sein (Tanda Belok) dan Hazard

caramesin.com – Fungsi Lampu Sein (Tanda Belok) dan Hazard,Lampu tanda belok atau biasa disebut dengan lampu riting merupakan lampu yang sangat vital. Lampu ini dalam bahasa inggris disebut dengan turn signal light.

Fungsi Lampu Tanda Belok / Sein / Riting

Fungsi Lampu Tanda Belok / Sein / Riting

Sesuai dengan namanya, lampu tanda belok / sein / riting berfungsi untuk memberikan tanda atau isyarat kepada pengendara di belakangnya atau di depannya bahwa mobil tersebut akan berbelok.

Kalau yang dihidupkan adalah lampu tanda belok bagian kiri, maka kendaraan tersebut akan berbelok kiri. Sebaliknya, apabila lampu tanda belok yang dihidupkan adalah bagian kanan maka mobil tersebut akan berbelok kanan. Biasanya ada beberapa lampu kedip di dalam mobil, ada 2 buah di bagian depan (kiri dan kanan), dan 2 buah di bagian belakang.

Kadang ada juga lampu sein di samping atau samping mobil, ada yang terletak di kaca spion, ada juga yang letaknya khusus untuk lampu kedip di bodi.

Lampu Indikator Sein

Senter ini dapat diekspor melalui sakelar. Lampu sein juga dilengkapi dengan lampu sein, lampu sein ini terletak di panel dashboard.

Lampu ini juga menyala saat lampu berkedip menyala. Lampu indikator terdapat dua buah, satu buah mengarah ke kiri, dan satu buah yang lainnya mengarah ke kanan.

Dalam rangkaian lampu tanda belok, dikenal yang namanya flasher, flasher inilah yang membut lampu tanda belok dapat berkedip-kedip.

Umumnya lampu tanda belok akan berkedip sebanyak 60 – 120 kali setiap menitnya.

Fungsi Lampu Hazard

Kalau lampu tanda belok hidup bersamaan, kanan dan kiri hidup bersamaan itu perkara lain. Ada yang disebut dengan lampu hazard. Lampu peringatan berfungsi sebagai sinyal bahwa mobil dalam bahaya dan harus diperingatkan.

See also  Tampilan Motor Terbaru GT Electric Resmi Dirilis

Anda dapat menyalakan lampu peringatan bahaya saat berada dalam keadaan darurat, termasuk beberapa situasi darurat:

  • Mobilnya jatuh
  • Steken
  • Ada salib di depan
  • Ada kecelakaan
  • Bawa yang sakit dan harus diutamakan
  • dan seterusnya

Lampu peringatan memiliki sakelarnya sendiri dan ketika ditekan, semua lampu menikung, kanan dan kiri, menyala dan berkedip secara bersamaan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan teman-teman. Terimakasih..

Related posts