Breaking News

Inilah 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

caramesin.com-Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan sudah bukan rahasia lagi.

Lidah buaya, juga dikenal sebagai lidah buaya, adalah jenis tanaman sukulen asli Afrika Utara, Eropa Selatan dan Kepulauan Canary yang sering digunakan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Mind-Rakyat.com dilansir dari channel YouTube Seru Ga Sih, berikut 10 manfaat tanaman lidah buaya.

1. Pengobatan luka bakar

Lidah buaya banyak digunakan untuk mengobati luka bakar dengan cara dioleskan pada kulit yang terbakar, bahkan sejak tahun 1959 FBI di Amerika Serikat secara bebas menyetujui penjualan salep lidah buaya untuk meredakan luka bakar. Berdasarkan penelitian non-alkohol yang terbukti efektif dalam pengobatan luka bakar tingkat pertama dan kedua, penggunaan lidah buaya terbukti mempercepat penyembuhan luka bakar hingga sembilan hari dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

2. Meredakan GERD

GERD, atau sakit perut, adalah gangguan pencernaan yang sering menyebabkan mual, muntah, atau rasa terbakar di ulu hati.

Sebuah studi tahun 2010 menunjukkan bahwa mengonsumsi satu hingga tiga ons gel lidah buaya dengan makanan dapat mengurangi keparahan GERD. Ini juga mengurangi masalah lain yang berkaitan dengan pencernaan, karena dianggap aman dan lembut pada sistem pencernaan.

3. Menurunkan gula darah

Dikutip dari penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, minum 2 sendok makan jus lidah buaya setiap hari dapat menyebabkan kadar gula darah turun pada penderita diabetes tipe 2.

Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa lidah buaya dapat digunakan sebagai pilihan pengobatan diabetes di masa depan.

4. Mengurangi plak gigi

Plak gigi merupakan salah satu masalah yang mengganggu penampilan dan menyebabkan gigi berlubang. Jika dibiarkan menumpuk, maka perlu juga mencegah pengendapan plak gigi, salah satunya justru seringnya menggunakan obat kumur.

See also  Resep Dan Cara Membuat Ayam Ungkep

Satu studi membandingkan obat kumur klorheksidin standar dengan kumur jus lidah buaya. Akibatnya, menggunakan keduanya sama-sama efektif.

Berkumur dengan lidah buaya membunuh bakteri penyebab plak Streptococcus mutans dan Candida albicans.

5. Pengobatan lesi kulit

Sariawan sering muncul di bawah bibir dan di bawah mulut kita dan biasanya berlangsung 7-10 hari.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lidah buaya sangat efektif dalam mengurangi pembengkakan dan ukuran kanker.

Selain itu, lidah buaya dapat mengurangi rasa sakit akibat kanker.

6. Memperlambat penuaan kulit

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit adalah memperlambat proses penuaan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita di atas 45 tahun menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan kulit.

Menggunakan gel lidah buaya selama 90 hari berturut-turut telah terbukti meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit.

7. Mengatasi jerawat

Salah satu manfaat lain dari lidah buaya adalah dapat melawan jerawat, lidah buaya memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mencegah bakteri menginfeksi pori-pori kulit Anda.

Lidah buaya juga membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit, bagi anda yang berjerawat, lidah buaya membantu regenerasi kulit, mencegah jaringan parut.

8. Aloe Vera berpotensi melawan kanker payudara

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine melihat sifat terapeutik dari aloe emodin, senyawa dalam lidah buaya.

Penelitian mengklaim bahwa lidah buaya telah menunjukkan harapan dalam memperlambat pertumbuhan kanker payudara.

9. Mengatasi rambut rontok

Manfaat lidah buaya untuk rambut juga bagus, jangan lupa rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan atau alopecia dalam bahasa medisnya. Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa penggunaan lidah buaya pada rambut membantu mengatasi masalah ini, bahkan tanda-tanda pertama pertumbuhan rambut dapat terlihat dalam 5 hari penggunaan lidah buaya.

See also  Nueva reseña de la película Toy Story 2022

10. Pencernaan lancar

Meski sebagian besar manfaat lidah buaya bisa didapatkan dari gel atau cairan yang ada di tanaman ini, ada juga bagian lain yang berkhasiat.

Residu lateks atau kuning lengket di bagian bawah bagian luar daun lidah buaya diketahui dapat membantu mengatasi sembelit.

Ini karena mengandung alwin atau barbaloin, yang memiliki efek pencahar alami.

Check Also

Suzuki GSX-R150: Apa yang membuat motor sport ini menarik?

  caramesin.com-Seperti pabrikan sepeda motor lainnya, Suzuki juga merilis motor sport versinya. Ya, motor tersebut …